Tabel Tumbuh Kembang Anak Usia Dini yang Ideal Menurut WHO

Ditulis oleh: Morigro
mengukur tinggi badan

GroMoms pasti menginginkan semua yang terbaik untuk Si Kecil, termasuk dalam hal pertumbuhan dan perkembangan mereka. Setiap anak memiliki waktu pertumbuhan yang berbeda-beda, yang bisa dievaluasi dalam tabel tumbuh kembang anak. Sebagai acuan, Indonesia menggunakan tabel WHO yang mencakup berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala sesuai usia anak. 

Pada artikel ini, GroMoms akan mengetahui apakah tumbuh kembang Si Kecil sudah ideal atau belum. Pastikan GroMoms membaca sampai habis, ya. Namun Sebelum itu, kita simak dulu apa saja indikator pertumbuhan dan perkembangan anak di bawah ini.

Indikator Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Indikator pertumbuhan dan perkembangan anak memberikan gambaran tentang bagaimana kesehatan dan perkembangan anak secara keseluruhan. Memantau indikator-indikator ini bisa membantu GroMoms untuk mengidentifikasi masalah kesehatan atau perkembangan secara dini, sehingga GroMoms dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mendukung perkembangan Si Kecil.

GroMoms dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan anak dengan cara yang sederhana, seperti mencatat berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala mereka secara teratur. 

Berat Badan

Berat badan anak adalah salah satu indikator pertumbuhan yang penting untuk diperhatikan oleh orang tua. Memantau berat badan Si Kecil secara rutin dapat membantu GroMoms memastikan bahwa anak tumbuh dengan sehat dan optimal. 

Berat badan Si Kecil memiliki hubungan yang erat dengan kesehatan mereka. Anak-anak yang memiliki berat badan yang sehat cenderung memiliki risiko penyakit yang lebih rendah dan lebih mampu menghadapi tantangan fisik dan mental.

Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi berat badan anak, termasuk pola makan, tingkat aktivitas fisik, genetik, dan faktor lingkungan. GroMoms dapat membantu mengontrol faktor-faktor ini untuk menjaga berat badan anak dalam batas yang sehat.

Makanan dengan nutrisi lengkap dan seimbang tentu akan membantu Moms dalam membentuk berat badan yang ideal dari Si Kecil. Namun, ada kalanya anak juga mengalami fase susah makan karena berbagai alasan. Maka, susu pertumbuhan bisa menjadi pelengkap nutrisi Si Kecil di masa-masa seperti demikian. Untuk mempelajari jauh mengenai kriteria susu pertumbuhan yang tepat, yuk Moms, baca artikelnya berikut ini: Susu yang Bagus untuk Anak 2 Tahun yang Susah Makan.

Tinggi Badan

Tinggi badan anak adalah salah satu indikator penting dalam menilai pertumbuhan dan perkembangan mereka. Memantau tinggi badan anak secara teratur sangat penting untuk memastikan bahwa mereka tumbuh dengan sehat dan sesuai dengan perkembangan usia mereka. Untuk GroMoms yang ingin tahu tinggi badan ideal anak, terutama yang berusia 6-12 tahun, yuk baca artikel berikut: Tabel Tinggi dan Berat Badan Anak Usia 6-12 Tahun

Memantau tinggi badan Si Kecil secara teratur memberikan informasi yang berharga tentang pertumbuhan mereka. Hal ini membantu GroMoms dan dokter mengidentifikasi masalah pertumbuhan sedini mungkin dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Beberapa faktor dapat memengaruhi tinggi badan anak, termasuk faktor genetik, nutrisi, lingkungan, dan kesehatan secara umum. Nutrisi yang cukup, tidur yang baik, dan lingkungan yang sehat dapat membantu Si Kecil mencapai potensi tinggi badan mereka.

Lingkar Kepala

Lingkar kepala anak adalah salah satu indikator penting dalam mengukur pertumbuhan dan perkembangan mereka. Memantau lingkar kepala Si Kecil secara teratur dapat memberikan informasi berharga tentang kesehatan dan perkembangan otak mereka.

Lingkar kepala anak dapat diukur dengan menggunakan pita pengukur khusus yang diletakkan di sekitar kepala mereka. Pengukuran ini harus dilakukan secara teratur oleh dokter atau petugas kesehatan yang terlatih.

Beberapa faktor seperti faktor genetik, nutrisi, dan lingkungan dapat memengaruhi lingkar kepala anak. Nutrisi yang cukup, stimulasi yang tepat, dan lingkungan yang aman dan mendukung dapat membantu memastikan pertumbuhan otak yang optimal.

Berat Badan Anak Usia 1-5 Tahun

Berat badan merupakan salah satu indikator penting dalam pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain dari usia, berat badan ideal anak juga dibedakan berdasarkan jenis kelamin anak. Berat badan ideal anak laki-laki usia 1 tahun berbeda dengan berat badan ideal anak perempuan usia 1 tahun. Berikut adalah daftar berat badan ideal anak perempuan & laki-laki pada usia 1-5 tahun:

UsiaBerat Badan PerempuanBerat Badan Laki-laki
1 Tahun 0-11 Bulan8,9-11,3 kg9,6-12,0 kg
2 Tahun 0-11 Bulan11,5-13,7 kg12,2-14,2 kg
3 Tahun 0-11 Bulan13,9-15,9 kg14,3-16,2 kg
4 Tahun 0-11 Bulan16,1-18,016,3-18,2 kg
5 Tahun18,2 kg18,3 kg

Tinggi Badan Anak Usia 1-5 Tahun

Salah satu indikator kesehatan yang penting adalah tinggi badan anak. Memantau pertumbuhan tinggi badan anak usia 1-5 tahun sangat penting karena masa ini merupakan periode pertumbuhan yang sangat cepat. Berikut adalah tabel tinggi badan ideal anak perempuan & laki-laki pada usia 1-5 tahun:

UsiaTinggi Badan PerempuanTinggi Badan Laki-laki
1 Tahun 0-11 Bulan74,0-85,5 cm75,7-86,9 cm
2 Tahun 0-11 Bulan85,794,4 cm87,1-95,4 cm
3 Tahun 0-11 Bulan95,1-102,1 cm96,1-102,8 cm
4 Tahun 0-11 Bulan102,7-108,9 cm 103,3-109,4 cm
5 Tahun109,4 cm110 cm

Lingkar Kepala Anak Usia 1-5 Tahun

Lingkar kepala anak mengacu pada ukuran keliling kepala mereka. Ini merupakan indikator penting karena pertumbuhan dan perkembangan otak anak dapat tercermin dari ukuran lingkar kepala mereka. Berikut adalah tabel lingkar kepala ideal anak perempuan & laki-laki pada usia 1-5 tahun:

UsiaLingkar Kepala PerempuanLingkar Kepala Laki-laki
1 Tahun 0-11 Bulan44,9-47,0 cm46,1-48,1 cm
2 Tahun 0-11 Bulan47,2-48,4 cm48,3-49,4 cm
3 Tahun 0-11 Bulan48,5-49,3 cm49,5-50,2 cm
4 Tahun 0-11 Bulan49,3-49,9 cm50,2-50,7 cm
5 Tahun49,9 cm50,7 cm

Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Genetik/ keturunan

Genetika memainkan peran penting dalam menentukan tinggi badan, berat badan, bentuk tubuh, dan karakteristik fisik lainnya pada anak. Misalnya, jika orang tua memiliki tinggi badan yang tinggi, kemungkinan besar anak-anak mereka juga akan memiliki tinggi badan yang lebih tinggi daripada rata-rata.

Jenis Kelamin

Jenis kelamin merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Secara umum, anak laki-laki cenderung memiliki pertumbuhan fisik yang lebih besar dibandingkan dengan anak perempuan. Namun, perbedaan ini dapat bervariasi tergantung pada faktor genetik, hormonal, dan lingkungan.

Lebih lengkap mengenai faktor-faktor yang memengaruhi tumbuh kembang anak secara internal dan eksternal, bisa Moms pelajari melalui artikel berikut ini, ya: Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tumbuh Kembang Anak.

Hormon

Ketika mendengar istilah “hormon”, sebagian besar individu mungkin terpikirkan hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita. Namun, baik anak-anak maupun orang dewasa memproduksi sejumlah besar jenis hormon lain yang memengaruhi berbagai aspek pertumbuhan dan kesehatan.

Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Selain menjaga kesehatan tubuh, aktivitas fisik juga membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan emosional mereka. Tak hanya itu saja, aktivitas ini juga dapat menunjang agar berat badan dan tinggi badan bertambah dengan proporsional. Untuk penjelasan lengkapnya, yuk baca artikel berikut: Cara agar Berat Badan dan Tinggi Badan Anak Optimal

Nutrisi 

Nutrisi yang cukup dan seimbang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan fisik anak. Protein, misalnya, dibutuhkan untuk membangun jaringan tubuh, sedangkan kalsium diperlukan untuk memperkuat tulang.

Faktor-faktor yang memengaruhi tumbuh kembang Si Kecil sangatlah kompleks, yang meliputi nutrisi, stimulasi, lingkungan, kesehatan, serta interaksi dengan orang dewasa dan lingkungan sekitarnya.

Memastikan anak mendapatkan gizi yang seimbang sangatlah penting. Sebab, ini adalah kunci utama agar pertumbuhan dan perkembangannya optimal. GroMoms bisa mencari tahu lebih banyak informasi terkait nutrisi yang seimbang untuk Si Kecil di sini: Panduan Gizi Seimbang untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak – Morigro

Referensi:

  • WHO. Child growth standards. Diakses tanggal 20 Februari 2024. https://www.who.int/tools/child-growth-standards/standards.
  • IDAI. Kurva Pertumbuhan WHO. Diakses tanggal 20 Februari 2024. https://www.idai.or.id/professional-resources/kurva-pertumbuhan/kurva-pertumbuhan-who.
  • IDAI. Pemantauan Pertumbuhan Anak. Diakses tanggal 20 Februari 2024. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/pemantauan-pertumbuhan-anak.
Morigro mendukung program ASI Eksklusif