Adakah Cara agar Si Kecil Naik Berat Badan dan Tinggi?

Morigro November 24, 2023
berat badan dan tinggi anak

GroMoms pasti penasaran perlu menyiapkan menu apa biar BB anak cepat naik. Sebagai orang tua yang peduli dengan pertumbuhan anak, tentu Moms ingin Si Kecil tumbuh tinggi dan gemuk dengan sehat. Nah, menambah berat dan tinggi badan dapat dilakukan dengan lebih cepat jika Moms meningkatkan aktivitas fisik, pola tidur, dan kualitas nutrisinya. Yuk simak tulisan ini untuk mengetahui cara agar tinggi dan berat badannya optimal.

Lakukan Aktivitas Fisik untuk Dukung Pertumbuhan

Aktivitas fisik merupakan bagian penting dari pertumbuhan Si Kecil, terutama aktivitas yang melibatkan banyak gerakan dan peregangan. Olahraga dan aktivitas fisik membantu merangsang pertumbuhan tulang dan otot, sehingga ia dapat mencapai tinggi yang optimal. 

Inilah beberapa jenis aktivitas fisik yang dapat membantu pertumbuhan fisiknya:

  • Bermain di luar: Biarkan Si Kecil bermain di luar rumah. Berlari, bersepeda, dan bermain di taman adalah cara yang baik untuk merangsang pertumbuhannya.
  • Olahraga: Daftarkan ia ke kelas olahraga seperti renang, basket, atau sepak bola. Ini tidak hanya meningkatkan pertumbuhan fisik, tetapi juga membantu perkembangan keterampilan sosial.
  • Senam dan yoga: Aktivitas ini membantu dalam postur tubuh, fleksibilitas, dan keseimbangan.

Pastikan Si Kecil melakukan setidaknya 60 menit aktivitas fisik yang dinikmatinya setiap hari. Aktivitasnya tidak harus 60 menit berturut-turut, ya. Bisa dipecah jadi aktivitas yang durasinya 10 menit sebanyak 6 kali atau disesuaikan dengan keadaan GroMoms dan Si Kecil. Selain itu, untuk menghindari cedera dari aktivitas fisik, ajaklah melakukan peregangan sederhana ya, Moms. 

Pastikan Si Kecil Tidur Cukup dan Berkualitas

Selama tidur, tubuh Si Kecil melakukan pemulihan pada berbagai jaringan dan organ. Ini termasuk perbaikan jaringan otot yang mungkin rusak selama aktivitas sehari-hari, pembaruan sel-sel kulit, perbaikan sel-sel organ internal, dan penyembuhan luka. 

Selain itu, tidur juga memungkinkan pelepasan hormon pertumbuhan oleh kelenjar pituitari yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh lainnya.

Sebagai gambaran, inilah jumlah jam tidur yang disarankan untuk anak berdasarkan usianya:

  • Bayi (4-12 bulan) memerlukan tidur selama 12-16 jam, termasuk tidur siang. 
  • Anak usia 1-2 tahun memerlukan tidur sebanyak 11-14 jam, termasuk tidur siang.
  • Anak usia 3-5 tahun memerlukan 10-13 jam tidur, termasuk tidur siang. 

Nah, GroMoms dapat membantunya mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas dengan:

  • Jadwal tidur teratur: Tetapkan jadwal tidur yang konsisten, termasuk pada akhir pekan.
  • Lingkungan tidur yang nyaman: Pastikan kamar tidur Si Kecil nyaman, memiliki pencahayaan yang cukup, dan tenang.
  • Hindari gawai sebelum tidur. Sebab, cahaya biru dapat mengganggu kualitas tidur.
  • Baca buku atau cerita sebelum tidur, agar ia merasa nyaman.

Memahami jumlah kebutuhan jam tidur Si Kecil sangatlah penting karena hal ini berkaitan dengan tumbuh kembangnya. Itulah kenapa akan banyak masalah ketika GroMoms mengabaikan hal ini. Penjelasan lengkap terkait pola tidur dan pengaruhnya pada tumbuh kembang, yuk baca artikel: Waktu Tidur yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak.

Penuhi Asupan Nutrisi Penting bagi Si Kecil

Nutrisi yang baik merupakan kunci untuk pertumbuhan yang optimal. Pastikan anak mendapatkan makanan yang kaya akan:

  • Protein: Daging, ikan, telur, dan produk susu merupakan sumber protein yang penting untuk pertumbuhan otot dan tulang.
  • Karbohidrat: Berikan sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum, beras merah, dan oatmeal untuk energi. Adapun sumber karbohidrat sederhana juga dapat diberikan, misalnya nasi, namun perlu diimbangi dengan karbohidrat kompleks ya, Mom. Jika Si Kecil tidak mau makan nasi, lihat solusinya di sini yuk: Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya
  • Sayuran dan Buah-buahan: Makanan kaya serat, vitamin, dan mineral yang mendukung pertumbuhan.
  • Kalsium dan Vitamin D: Susu, yoghurt, dan keju penting untuk pertumbuhan tulang.
  • Asam Lemak Sehat: Ikan berlemak seperti salmon mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak.

Protein mendukung pertumbuhan otot, sedangkan karbohidrat memberikan energi. Vitamin dan mineral memainkan peran penting dalam perkembangan tulang dan jaringan tubuh. Keseimbangan nutrisi membantu anak tumbuh tinggi dengan berat badan yang sesuai dengan tinggi badannya.

Terkait dengan tinggi badan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan selain nutrisi agar pertumbuhan Si Kecil optimal. Ingin tahu selengkapnya? Yuk baca: Cara Menambah Tinggi Badan Anak Secara Efektif.

Moms dapat memperoleh tambahan semua nutrisi ini dalam susu Morinaga Morigro, yang lengkap mengandung protein, karbohidrat, kalsium, dan asam lemak sehat, sehingga mampu mendukung tumbuh kembang optimal.

GroMoms, tetaplah terlibat dalam membantu Si Kecil tumbuh tinggi dan berisi dengan memberikan makanan yang kaya nutrisi. Cari tahu lebih lanjut tentang lebih banyak lagi makanan yang kaya nutrisi di sini yuk: Ada Nggak Sih Makanan Penambah Berat Badan Anak? 

Referensi:

  • Harvard School of Public Health. How Much Physical Activity and Sleep do Children and Teens Need? Diakses 25 Oktober 2023. https://www.hsph.harvard.edu/obesity-prevention-source/physical-activity-and-sleep/
  • Times of India. Best Sports to Increase Your Child’s Height. Diakses 25 Oktober 2023. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/parenting/web-stories/best-sports-to-increase-your-childs-height/photostory/88340621.cms
  • Sleep Foundation. How Much Sleep Do Babies and Kids Need? Diakses 25 Oktober 2023. https://www.sleepfoundation.org/children-and-sleep/how-much-sleep-do-kids-need 
Morigro mendukung program ASI Eksklusif