Penyebab Anak 1 Tahun Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Morigro
Anak 1 Tahun Susah Makan

Memiliki anak usia 1 tahun yang susah makan dapat menjadi tantangan bagi GroMoms. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa setelah usia 1 tahun, anak mengalami pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan dengan tahun pertamanya. Pertumbuhan yang lebih lambat ini dapat mempengaruhi nafsu makan dan rasa lapar anak. Oleh karena itu, GroMoms tidak perlu heran jika anak cenderung makan dalam porsi yang lebih kecil setelah berusia 1 tahun. 

Namun, GroMoms tetap perlu waspada jika anak susah makan dalam jangka waktu yang lama. Untuk membantu memperbaiki pola makan sehat Si Kecil, berikut pembahasan tentang penyebab hingga cara mengatasi anak 1 tahun susah makan. Simak yuk.

Penyebab Anak 1 Tahun Susah Makan

Memasuki usia 1 tahun, anak-anak seringkali ditemui mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Pertumbuhan anak pada usia 1 tahun cenderung melambat dan kebutuhan energi berkurang, sehingga nafsu makan menurun.
  • Proses tumbuh gigi pada usia ini juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada gusi, sehingga membuat Si Kecil enggan makan. Untuk solusi masalah ini, yuk baca artikel ini: Ciri-ciri Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasi Gejalanya.
  • Menyajikan makanan yang sama terlalu sering membuat Si Kecil bosan dan kurang tertarik untuk makan.
  • Anak yang teralihkan perhatiannya oleh TV, gadget, mainan, atau aktivitas lain saat makan bisa kurang fokus pada makanannya, sehingga dapat mengganggu jumlah makanan yang dikonsumsi dan pola makan yang sehat.
  • Anak yang sedang sakit, seperti demam, flu, atau gangguan pencernaan, biasanya akan kehilangan nafsu makan.
  • Anak memang sedang pilih-pilih makanan. Contohnya saja, ia sedang tidak mau memakan nasi. Dalam situasi seperti ini, Moms tentu perlu mengatasinya dengan menawarkan alternatif lain yang dapat menggantikan nasi. Ayo simak alternatif makanannya di sini: 7 Makanan Pengganti Nasi dan Ide Mengolahnya

Dengan memahami penyebab anak susah makan, Moms dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dan efektif dalam menangani masalah ini. 

Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan

Setelah GroMoms memahami faktor-faktor yang mempengaruhi nafsu makan Si Kecil, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan makan Si Kecil.

Menyajikan Makanan yang Menarik dan Variatif

Salah satu cara efektif untuk menarik Si Kecil supaya mau makan adalah menyajikan makanan dengan menarik. Ada baiknya juga GroMoms selalu menyediakan makanan yang berbeda-beda setiap harinya. Cobalah untuk memperkenalkan berbagai jenis menu yang memiliki variasi pada warna, tekstur, maupun rasa.

Gunakanlah imajinasi dan kreativitas dalam menyajikan hidangan agar menarik. Contohnya, sajikan hidangan berbentuk hewan atau karakter kartun kesukaan Si Kecil. 

Jika ia menunjukkan ketertarikan terhadap makanan tertentu, manfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan menu sehat lainnya yang penuh nutrisi.

Menerapkan Jadwal Makan yang Teratur

GroMoms juga dapat menerapkan jadwal makan teratur untuk Si Kecil. Caranya, tentukanlah waktu konsisten setiap harinya untuk makan pagi, siang, dan malam.

Konsistensi dalam menjaga jadwal ini sangat penting agar ia memiliki rutinitas jelas. Dengan rutinitas ini, ia dapat menyiapkan mental maupun fisiknya untuk makan.  Selain itu, jadwal konsisten juga membantu mengatur nafsu makannya. Dengan begini, ia akan lebih antusias saat tiba waktunya bersantap.

Kreasikan Makanan Agar lebih Menarik

Penyajian makanan memainkan peran penting dalam menarik minat Si Kecil. Dengan menciptakan tampilan kreatif dan mengundang selera, GroMoms dapat membuat makanan menjadi lebih menarik dan menyenangkan baginya. 

Cobalah untuk berkreasi dengan memadukan warna, tekstur, maupun bentuk hidangan. Misalnya, GroMoms bisa menyajikan menu yang tampilannya lucu seperti menggunakan bentuk binatang atau mengatur makanan dalam pola-pola menarik. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan penyajian menu secara rapi dan menarik di atas piring.

Solusi ini juga dapat diterapkan di rumah untuk mengembalikan nafsu makan Si Kecil yang sedang menurun, lho Moms. Untuk tips lainnya, yuk temukan di artikel ini: Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Biar Jadi Lahap

Menciptakan Lingkungan Menyenangkan Selama Makan

GroMoms dapat mencoba beberapa tips praktis untuk menciptakan suasana menyenangkan bagi Si Kecil. 

  • Pastikan lingkungan makan bebas dari distraksi seperti televisi atau gadget, sebab alat-alat ini tentu dapat mengalihkan perhatian Si Kecil. Fokuslah pada momen makan, serta berikanlah perhatian penuh padanya. 
  • Ciptakan suasana nyaman dengan menggunakan meja makan sesuai ukuran tubuhnya, dan juga kursi nyaman untuknya. GroMoms juga bisa menambahkan sentuhan menyenangkan seperti memutarkan musik lembut selama makan. 
  • Selama makan, jangan lupa memberikan pujian padanya untuk membangun asosiasi positif terhadap menu yang dimakannya.

Penting juga untuk diketahui bahwa fase susah makan ini tidak hanya terjadi pada anak usia 1 tahun saja. Kondisi yang sama juga sering dialami oleh anak berusia 2 tahun. Lantas, apakah penangan yang diberikan sama untuk anak di usia tersebut? Yuk simak penjelasannya di artikel ini: Anak Usia 2 Tahun Susah Makan, Wajar Nggak Sih?

Menjaga Kualitas Nutrisi dan Pemberian Susu yang Memadai

GroMoms dapat mengikuti beberapa tips untuk menjaga kualitas nutrisi makanan Si Kecil. Pertama, pastikan memberikan menu dengan gizi seimbang dan bervariasi, termasuk karbohidrat, protein, lemak sehat, serta vitamin maupun mineral. GroMoms juga dapat mencoba menyajikan makanan segar dan alami, seperti buah-buahan, sayuran, ataupun biji-bijian utuh.

Selain itu, penting untuk memastikan Si Kecil mendapatkan susu yang sesuai usia dan kebutuhannya. Sebisa mungkin, pilih susu dengan kandungan 14 vitamin dan 7 mineral ya Moms agar kebutuhan gizinya terpenuhi. 

Pastikan Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi agar tumbuh optimal. Apa saja nutrisi yang penting untuk tumbuh kembangnya? Yuk, baca di sini: Asupan Nutrisi Penting untuk Optimalkan Pertumbuhan Anak.

Referensi:

  • Healthline. 12 Healthy and Practical Foods for 1-Year-Olds. Diakses pada tanggal 23 Desember 2023. https://www.healthline.com/nutrition/food-for-1-year-old
  • MomJunction. Loss Of Appetite In Children: 9 Causes And 7 Prevention Tips. Diakses pada tanggal 23 Desember 2023. https://www.momjunction.com/articles/reasons-for-loss-of-appetite-in-children_00349759/
Morigro mendukung program ASI Eksklusif