Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Biar Jadi Lahap

Ditulis oleh: Morigro
Cara meningkatkan nafsu makan anak

Saat nafsu makan Si Kecil bermasalah, tentu akan ada risiko terhadap pertumbuhan dan perkembangannya. Akan tetapi, mengembalikan nafsu makannya juga cukup menantang karena perlu menyiapkan pendekatan yang tepat. 

Nah, ada beberapa cara efektif yang dapat Moms coba untuk mengatasi hal ini, misalnya menyajikan makanan yang lebih menarik dan kaya rasa, mengurangi kebiasaan ngemil, serta buat jadwal makan yang teratur untuk Si Kecil.

Untuk GroMoms yang ingin tahu solusi lengkapnya dan mudah diterapkan di rumah, yuk baca artikel ini hingga selesai.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Meskipun nafsu makan anak dapat berubah-ubah setiap harinya, ada beberapa cara yang bisa GroMoms lakukan untuk menstimulasi nafsu makannya. Seperti dengan tidak memasak anak untuk makan, memberikan makanan yang bervariasi, hingga mendorongnya untuk beraktivitas fisik.

1. Jangan Memaksa si Kecil untuk Makan

Ketika Si Kecil memang sedang tidak tertarik untuk melahap sesuatu, GroMoms perlu menahan diri untuk tidak memaksanya makan. GroMoms dapat memberinya kebebasan untuk mengatur pola makannya sendiri.

Tunjukkanlah pengertian bahwa GroMoms menghargai keinginannya, maka ia akan belajar perlahan untuk menghargai keinginan GroMoms untuk makan bersamanya. Sebaliknya, ketika sudah tiba waktunya dirinya ingin memakan sesuatu, ciptakan lingkungan menyenangkan. Misalnya, bicarakan topik menarik selama makan bersama. Berilah dirinya waktu cukup untuk menikmati hidangan secara santai.

2. Kreasikan Makanan Agar Lebih Menarik

Dengan kreasi makanan yang menarik perhatian, maka selera Si Kecil akan tergugah. GroMoms dapat mencoba memainkan bentuk, warna, dan tekstur makanan. Contohnya, buatkan sandwich dengan potongan wajah yang lucu menggunakan irisan sayuran dan keju.

Cara lainnya yang bisa dicoba adalah hidangkan buah-buahan dalam bentuk sate-satean yang atraktif. Penyajian yang kreatif akan membuat hidangan terlihat lebih mengundang dan meningkatkan minatnya untuk mencobanya.

3. Pancing Si Kecil dengan Aroma Makanan

Aroma makanan yang kaya akan rempah ternyata dapat membangkitkan nafsu makan Si Kecil. Cobalah menggunakan rempah-rempah, seperti kayu manis, vanila, atau daun pandan, dalam masakan GroMoms.

Untuk mulai menyajikan makanan yang beraroma, coba buatlah bubur dengan tambahan bubuk kayu manis yang memberikan aroma harum. Atau, buatlah minuman bersuhu hangat dengan aroma vanila yang menggugah selera. Aroma sedap akan membantu memikat perhatiannya dan mendorongnya untuk mau  menyantap yang disajikan.

4. Kurangi Kebiasaan Ngemil

Si Kecil yang memiliki kebiasaan mengonsumsi cemilan sepanjang hari dapat membuat sinyal laparnya tidak bekerja. Sehingga membuatnya tidak pernah benar-benar merasa lapar dan tidak memiliki nafsu makan yang cukup untuk melahap makanannya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, GroMoms bisa menjadwalkan kapan anak boleh ngemil dan kapan harus makan di waktu utama. Berikan jeda waktu yang cukup antara makan dan ngemil untuk membantu anak mengembangkan sinyal rasa laparnya. 

Dengan menerapkan hal ini, GroMoms dapat membentuk kebiasaan sehat sehingga rasa laparnya tidak terganggu dan pola makannya lebih teratur..

Kalaupun memang hendak memberikan camilan, pilih camilan yang memang menyehatkan ya, Moms. Inilah contoh camilan yang menyehatkan sekaligus lezat bagi anak-anak yang baru berumur 1 tahun: Cemilan Anak 1 Tahun yang Sehat dan Lezat

5. Beri Makan dalam Beberapa Porsi Kecil

GroMoms dapat membagi makanan menjadi beberapa porsi kecil dan tawarkan secara bertahap. Misalnya, jika ia sulit mengonsumsi banyak makanan dalam satu waktu, berikan hidangan dalam jumlah kecil namun sering.

Selain itu, GroMoms dapat memberikan camilan penuh vitamin, seperti potongan buah-buahan segar atau sayuran kukus di antara waktu makan utama. Cara ini membuatnya lebih mudah menerima makanan dan tetap mendapatkan asupan nutrisi dalam jumlah cukup.

Metode ini juga efektif dalam mengatasi kasus anak yang lapar tapi tidak selera makan. Selain itu, terdapat beberapa tips lain yang mudah diterapkan saat memberikan makanan kepada anak yang mengalami kondisi serupa, baca selengkapnya yuk: Penyebab dan Cara Atasi Anak Lapar tapi Tidak Selera Makan

6. Tentukan Jadwal Makan Si Kecil

GroMoms perlu menciptakan jadwal untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan camilan di antara waktu tersebut. Misalnya, sarapan di jam 7 pagi, makan siang di jam 12 siang, makan malam di jam 6 sore, dan camilan di jam 10 pagi dan 3 sore. Sebaiknya, jadwal ini dikerjakan dengan konsisten ya, Moms.

Jadwal teratur akan membuatnya terbiasa dengan pola makan teratur. Selain itu, nafsu makannya dapat terjaga dengan baik. GroMoms, yuk ikuti panduan pola makan sehat agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik di sini: GroMoms, Ini Aturan Pola Makan Sehat untuk Si Kecil.

7. Ajak Anak untuk Aktif Bergerak

Dibandingkan menghabiskan lebih banyak waktu dengan bermain gadget seharian, aktif bergerak dengan melakukan aktivitas fisik dalam bermain dapat mengembangkan nafsu makan anak dengan baik. GroMoms bisa mengajak mereka misalnya untuk bersepada, berolahraga, atau bermain di luar rumah.

Mendorong Si Kecil untuk lebih aktif bermain dengan fisiknya, ternyata memiliki banyak manfaat terkait nafsu makannya. Dengan banyaknya energi yang dikeluarkan anak untuk beraktivitas fisik, dapat membantu anak merasa lapar dan meningkatkan nafsu makannya.

8. Tambahkan Asupan Zinc 

Selain menerapkan beberapa tips yang sudah disebutkan di atas, ternyata ada jenis nutrisi yang jika dikonsumsi oleh Si Kecil dapat membantu memperbaiki nafsu makannya. Nutrisi tersebut adalah zinc. Agar manfaat zinc ini optimal, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan sesuai dengan usia Si Kecil.

Selain bagus untuk nafsu makan, nutrisi ini juga berperan dalam menjaga sistem kekebalannya dan mengoptimalkan tinggi dan berat badan SI Kecil. Untuk mendapatkan asupan zinc, GroMoms dapat menyajikan beberapa jenis makanan, seperti kacang-kacangan, brokoli, kangkung, kentang, jamur, susu, dan keju.

9. Biasakan Minum Air Putih di Pagi Hari

Cara praktis lainnya yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil adalah menjaga asupan cairannya, terutama air putih. Minum air putih di pagi hari tidak hanya menghidrasi tubuh dan melancarkan pencernaan saja, tetapi juga membantu mengaktifkan enzim yang dapat menambah nafsu makan Si Kecil.

Bahkan sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih terlebih dulu dibanding minum susu saat di pagi hari. Selain itu, lakukan juga hal ini secara teratur pada Si Kecil, terutama tepat 30 menit setiap kali sebelum makan.

Nutrisi untuk Menambah Nafsu makan Anak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menjaga asupan zinc dapat menjadi solusi untuk menambah nafsu makan Si Kecil. Namun, tahukan Moms, selain zinc masih ada jenis vitamin dan nutrisi lain yang punya peran serupa, seperti vitamin B Kompleks dan omega-3.

Vitamin B kompleks adalah kelompok vitamin yang esensial untuk mendukung metabolisme energi dalam tubuh. Vitamin ini terdiri dari vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6 (pyridoxine), B12, dan asam folat. Seluruh vitamin ini berperan penting dalam mengubah makanan menjadi energi dan siap digunakan oleh tubuh dan menjaga fungsi sistem saraf. Tidak hanya itu saja, vitamin B kompleks juga memiliki pengaruh dalam meningkatkan nafsu makan Si Kecil.

Untuk menjaga asupan vitamin ini, GroMoms dapat menyajikan beberapa pilihan makanan seperti daging, ikan, telur, produk olahan susu, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Olah makanan tersebut menjadi hidangan lezat yang menjadi kesukaan Si Kecil.

Sedangkan omega-3 adalah asam lemak esensial yang dikenal dengan manfaatnya untuk mengoptimalkan perkembangan otak Si Kecil. Namun, tahukah GroMoms, jika nutrisi ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan juga lho.

Asam lemak omega-3 umumnya mudah ditemukan pada makanan laut seperti salmon, mackerel, dan sarden. Selain dari ikan, sumber makanan alternatif lainnya yang kandungan omega-3 cukup tinggi terdapat pada biji chia, flaxseed, dan kenari.

Beberapa jenis buah seperti alpukat dan jambu biji juga dapat dikonsumsi oleh Si Kecil untuk menambah asupan omega-3.

Menambahkan asupan omega-3 ke dalam menu makanan Si Kecil merupakan cara mudah agar nafsu makannya bisa meningkat. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan yaitu memastikan angka kecukupan akan omega-3 ini terpenuhi. Karena jika kebutuhan hariannya kurang, tentu manfaatnya kurang optimal.

Akan tetapi, tenang aja ya Moms karena ada solusi praktis yang bisa mengatasi tantangan ini, yaitu mengonsumsi susu Morinaga Morigro.

Susu Morinaga Morigo sudah diperkaya dengan kandungan omega-3 sehingga dapat menjadi pilihan terbaik untuk menambah nafsu makannya. Selain itu, susu Morigro juga mengandung tinggi protein sehingga dapat membantu menjaga berat badannya ideal. Ingin tahu penjelasan lengkap mengenai apa saja manfaat dan nutrisi yang ada di susu ini? Baca artikel berikut yuk: Kandungan dan Manfaat Susu Morigro Bagi Keseimbangan Gizi Anak

Referensi:

  • Nurture Infant. 7 Ways To Improve Your Child’s Appetite. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023. https://www.nurtureinfant.com/post/7-ways-to-improve-your-child-s-appetite
  • Your Kids Table. How to Increase Your Child’s Appetite So They Want to Eat. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023. https://yourkidstable.com/how-to-increase-appetite-in-child/
Morigro mendukung program ASI Eksklusif