Makanan Penambah Nafsu Makan untuk Anak 1 Tahun

Ditulis oleh: Morigro
Makanan penambah nafsu makan anak

Saat nafsu makan Si Kecil menurun, GroMoms tentu khawatir dengan asupan nutrisinya. Namun, tidak perlu cemas ya Moms, karena ada beberapa jenis makanan bergizi yang dapat membantu mengatasi masalah ini, contohnya yogurt, kentang, dan buah-buahan.

Ingin tahu apa saja pilihan makanan terbaiknya dan tips lainnya agar nafsu makan Si Kecil cepat meningkat? Baca artikel ini hingga selesai yuk.

Makanan Penambah Nafsu Makan untuk Anak

Beberapa jenis makanan memiliki manfaat yang efektif untuk meningkatkan nafsu makan pada Si Kecil, mulai dari sayur, buah, dan makanan berprotein. Berikut pilihan terbaik yang perlu GroMoms sajikan untuk Si Kecil, antara lain:

Yogurt

Yogurt merupakan makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan Si Kecil secara tidak langsung loh, Moms, karena kandungan probiotiknya yang menyehatkan alat pencernaan. Sebaiknya GroMoms memberinya yogurt berjenis plain tanpa pemanis tambahan.

Kemudian, variasikan dengan menambahkan potongan buah-buahan segar atau granola untuk menambah rasa dan tekstur. Misalnya, menambahkan potongan buah seperti pisang, stroberi, jeruk, atau kacang, oatmeal, dan lain-lain.

Minyak Ikan

Minyak ikan merupakan sumber pangan tinggi asam lemak omega-3, seperti DHA serta EPA. Omega-3 ini berperan penting dalam perkembangan otak dan saraf Si Kecil. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

Salah satu cara yang direkomendasikan untuk mengonsumsi minyak ikan adalah dengan memasak ikan seperti salmon, sarden, atau makarel. Ikan-ikan ini mengandung tinggi asam lemak omega-3 dalam kadar yang cukup tinggi. Ikan-ikan ini juga dapat diolah dengan cara dipanggang atau direbus agar tetap lezat dan bergizi.

Untuk informasi selengkapnya tentang manfaat minyak ikan bagi tumbuh kembang anak, baca di sini yuk: Kandungan Minyak Ikan dan Manfaatnya untuk Si Kecil

Buah-buahan

Buah-buahan, seperti strawberry, apel, serta alpukat, juga memiliki peran penting dalam meningkatkan nafsu makan anak. Buah-buahan ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Serat dalam buah-buahan membantu menjaga alat pencernaan tetap sehat. Selain itu, serat juga memberikan rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, buah-buahan mengandung berbagai nutrisi penting yang meningkatkan kesehatan Si Kecil. Jeruk, misalnya, termasuk buah yang selain mampu meningkatkan nafsu makan, juga mengandung banyak kalsium yang mampu memperkuat tubuh Si Kecil. Lihat buah lainnya yang juga tinggi kalsium di sini yuk: Buah yang Tinggi Kalsium, Cocok Dijadikan Jus

Untuk membuat buah-buahan lebih menarik bagi Si Kecil, GroMoms dapat mencoba variasi cara penyajian, misalnya dengan membuat smoothie, salad buah, atau mengolahnya menjadi jus segar.

Kentang

Kentang memang mengandung banyak karbohidrat, sehingga dapat memberikan energi ekstra bagi Si Kecil. Bentuk kentang pun cukup menarik, sehingga akan dapat merangsang nafsu makannya. Karbohidrat kompleks dalam kentang juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

GroMoms dapat mencoba mengolah kentang menjadi hidangan yang menarik bagi Si Kecil, seperti kentang panggang dengan tambahan rempah-rempah. GroMoms juga dapat menumbuknya menjadi kentang tumbuk, dengan sedikit mentega atau susu untuk memberikan rasa lezat. Kentang pun lebih sehat jika dipanggang dengan sedikit minyak, daripada digoreng.

Sayur-sayuran 

Sayur-sayuran seperti wortel serta bayam merupakan bahan pangan tinggi nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan serat, yang sangat penting untuk tumbuh kembang Si Kecil. Selain itu, sayuran juga dapat memberikan rasa segar dan tekstur yang menarik baginya.

GroMoms dapat mencoba menyajikan sayuran dalam bentuk menarik, misalnya potong wortel menjadi stik atau bentuk-bentuk menarik lainnya yang dapat memancing minatnya untuk memakannya. Selain itu, dapat pula mencoba menyajikan sayuran dalam hidangan kreatif seperti muffin sayuran, di mana sayuran diolah menjadi adonan kue yang kemudian dipanggang.

Bagaimana bila Si Kecil masih tidak mau makan sayur? Jangan khawatir, GroMoms. Berikut ini cara mengatasi anak susah makan sayur dan buah: Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur dan Buah.  

Sereal

Sereal tinggi serat, seperti sereal gandum, oatmeal, atau granola, merupakan pilihan baik untuk meningkatkan nafsu makan Si Kecil. Serat dalam sereal di waktu sarapan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama hingga waktunya makan siang, sehingga pada saat makan siang nanti, ia akan merasa lapar dan lebih tertarik untuk makan. Penting untuk memilih sereal rendah gula dan bebas tambahan bahan kimia agar lebih sehat.

Untuk menambahkan rasa dan nutrisi, GroMoms dapat menambahkan potongan buah-buahan segar atau yogurt pada serealnya. Hal ini akan memberikan variasi rasa dan tekstur yang menarik, serta menambahkan vitamin dan mineral penting ke dalam makanannya.

Daging dan Ikan

Daging dan ikan dapat membantu pembentukan jaringan tubuh, sementara zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

GroMoms dapat memberikan variasi daging seperti daging ayam, sapi, atau kalkun yang dipanggang atau direbus. Hal ini tidak hanya memberikan nutrisi penting, tetapi juga menjaga keberagaman dalam pola makan Si Kecil.

Selain itu, ikan seperti salmon, sarden, atau tuna juga merupakan pilihan bijaksana, karena kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan sistem saraf Si Kecil. GroMoms, ikuti juga beberapa cara menambah nafsu makan anak secara alami berikut ini: Cara Menambah Nafsu Makan Anak secara Alami.

Hal yang Perlu Dilakukan Jika Si Kecil Tidak Nafsu Makan

Jika Si Kecil tidak nafsu makan, ada beberapa cara yang bisa diterapkan oleh GroMoms untuk membantu meningkatkan selera makannya. Pertama, jangan pernah melewatkan sarapan. Tahukah Moms, sarapan membantu proses metabolisme dan mempersiapkan Si Kecil untuk lebih aktif sepanjang hari. Aktivitas fisik yang meningkat sering kali membuat ia merasa lebih lapar dan berselera untuk makan.

Selanjutnya, pastikan untuk memenuhi asupan zinc harian Si Kecil. Zinc adalah mineral penting yang terbukti dapat meningkatkan nafsu makan. Nutrisi ini bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan seperti kacang-kacangan dan susu.

Selain itu, menyajikan makanan penutup yang sehat bisa menjadi cara efektif untuk merangsang agar Si Kecil makan lebih banyak. Makanan penutup seperti buah, tidak hanya menyehatkan tetapi rasanya juga disukai anak-anak. Pilihlah buah-buahan favorit Si Kecil sebagai penutup, sehingga ia terpicu untuk menghabiskan makanannya.

Satu hal yang tak kalah penting agar nafsu makannya bertambah adalah memastikan asupan cairannya. Cairan tidak hanya penting untuk menjaga hidrasi, tetapi juga mendukung kesehatan sistem pencernaan. Sehatnya pencernaan Si Kecil juga dapat mempengaruhi peningkatan nafsu makannya.

Selain menyajikan makanan-makanan yang telah disebutkan di atas, GroMoms juga dapat meningkatkan nafsu makan anak dengan memberikan susu Morigro. Susu ini mengandung minyak ikan yang terbukti dapat membantu meningkatkan nafsu makannya. Tidak hanya itu saja, Morigro juga mengandung mineral seperti zinc dan beberapa vitamin penting lainnya. Dapatkan lebih banyak informasi di sini ya: Susu Morigro, Seimbangkan Gizi Si Kecil

Referensi:

  • Nurture Infant. 7 Ways To Improve Your Child’s Appetite. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023. https://www.nurtureinfant.com/post/7-ways-to-improve-your-child-s-appetite
  • Healthline. 13 Ways to Increase Your Appetite. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023. https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-to-increase-appetite
Morigro mendukung program ASI Eksklusif