Kandungan Minyak Ikan dan Manfaatnya untuk Si Kecil

Morigro November 24, 2023
manfaat minyak ikan

Moms pasti sudah pernah mendengar tentang khasiat minyak ikan untuk tumbuh kembang Si Kecil. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang mengandung berbagai khasiat. Mulai dari nutrisi otak, mata, hingga menjaga kesehatan jantung. Yuk, temukan manfaat minyak ikan untuk anak di sini.

Kandungan Minyak Ikan

Omega-3 merupakan jenis asam lemak yang baik untuk kesehatan, dari mulai otak, mata, hingga jantung. Asam lemak jenis ini terdiri dari EPA dan DHA yang banyak ditemukan dalam makanan laut. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi omega-3 dalam jumlah yang cukup, sehingga perlu mendapatkannya melalui makanan yang dikonsumsi.

Jenis utama omega-3 yaitu EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang ditemukan terutama dalam ikan. Nutrisi ini sering disebut sebagai “omega-3 laut”. Anak bisa mendapatkannya dari ikan seperti salmon dan ikan tenggiri.

EPA terdiri dari 20 atom karbon yang berperan membentuk suatu molekul bernama eikosanoid. Bagi Si Kecil, eikosanoid ini bermanfaat dalam mengurangi peradangan yang seringkali terjadi pada anak-anak.

Sementara DHA merupakan komponen utama dalam membran sel, terutama dalam sel-sel saraf di otak dan mata. DHA menyusun sekitar 40% dari lemak dalam otak serta perkembangan sistem saraf.

Manfaat Minyak Ikan untuk Si Kecil

Asam lemak omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang paling banyak diteliti di dunia. Minyak ikan sendiri telah dikenal sebagai bahan yang mampu meningkatkan nafsu makan banyak anak. Selain itu, nutrisi ini telah terbukti memiliki banyak manfaat khususnya dalam tumbuh kembang, di antaranya:

Peningkatan Kecerdasan Otak

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. Mendapatkan cukup asam lemak omega-3 selama kehamilan dikaitkan dengan banyak manfaat untuk Si Kecil, seperti peningkatan perkembangan kognitif, kemampuan berkomunikasi, keterampilan sosial, serta menurunkan risiko masalah perilaku dan keterlambatan perkembangan.

Perkembangan Mata

Omega-3 berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Retina, bagian mata yang berperan dalam penglihatan, memerlukan DHA untuk berfungsi dengan optimal. Anak yang memperoleh lebih banyak DHA akan melihat dengan lebih jelas, sehingga ia akan dapat memperoleh lebih banyak informasi untuk meningkatkan kecerdasannya.  

Kesehatan Jantung

Mekanisme kerja omega-3 dalam mendukung kesehatan jantung melibatkan beberapa aspek penting:

  • Mencegah pembentukan gumpalan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah.
  • Memiliki sifat anti inflamasi yang membantu meredakan peradangan yang bisa merusak dinding pembuluh darah.
  • Meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Cara Mengonsumsi Minyak Ikan untuk Balita

Mengonsumsi minyak ikan untuk balita dapat dilakukan dengan memberikan susu pertumbuhan yang telah diformulasikan dengan kandungan minyak ikan. Susu pertumbuhan merupakan pilihan praktis karena sudah terbukti mengandung berbagai nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, seperti minyak ikan, protein, kalsium, vitamin D, zat besi, dan zat gizi esensial lainnya.

Keunggulan tambahannya, dosis minyak ikan dalam susu pertumbuhan telah diatur sesuai dengan usia Si Kecil, sehingga Moms tidak perlu khawatir tentang penyesuaian dosis yang tepat. Selain itu, rasa susu yang lezat dan pasti disukai anak menambah keunggulan susu pertumbuhan dibandingkan suplemen minyak ikan yang terkadang memiliki rasa yang amis. Rasa yang lezat ini membuat konsumsi minyak ikan menjadi aman dan menyenangkan.

Rekomendasi susu pertumbuhan yang diformulasikan dengan minyak ikan adalah Morinaga Morigro, yang dapat bantu optimalkan nutrisi anak. Morinaga Morigro juga mengandung protein dan kalsium dalam jumlah tinggi, disertai probiotik dan serat sebagai prebiotik, serta banyak lagi nutrisi lainnya. 

Apa lagi nutrisi yang tersedia di dalamnya, dan apa kegunaannya bagi Si Kecil?  Cek selengkapnya di sini yuk: Susu Morigro, Seimbangkan Gizi Si Kecil.

REFERENSI

  • Detik Health. Minyak Ikan. Diakses tanggal 25 Oktober 2023. https://health.detik.com/obat/minyak-ikan-d-6775232
  • Healthline. Omega-3 Fatty Acids — The Ultimate Beginner’s Guide. Diakses tanggal 25 Oktober 2023. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-guide
  • Healthline. 17 Science-Based Benefits of Omega-3 Fatty Acids. Diakses tanggal 25 Oktober 2023. https://www.healthline.com/nutrition/17-health-benefits-of-omega-3
Morigro mendukung program ASI Eksklusif