Manfaat Asam Lemak Omega-3 untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Ditulis oleh: Morigro
Manfaat Asam Lemak Omega-3 pada Si Kecil

Omega-3 merupakan nutrisi yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang dan kesehatan Si Kecil, contohnya mengoptimalkan kecerdasan, menjaga kesehatan mata, dan meningkatkan kualitas tidur. Salah satu cara menjaga agar nutrisi ini terpenuhi, GroMoms perlu menyajikan makanan seperti ikan salmon dan tiram.

Dalam memenuhi asupan omega-3, GroMoms juga perlu mengetahui berapa anjuran dosis hariannya agar konsumsi nutrisi ini tidak kurang dan tidak berlebihan. Ingin tahu penjelasan lengkap dan sumber makanan terbaiknya? Yuk baca artikel ini sampai selesai.

Manfaat Omega-3 untuk Si Kecil

Dikutip dari Healthline, Moms dapat merasakan begitu banyak manfaat dari omega-3 untuk Si Kecil. Simak ya, Moms, manfaatnya berikut ini.

  • Mengoptimalkan pertumbuhan otak Si Kecil. Sebab, omega-3 memiliki andil penting untuk pengembangan sistem saraf Si Kecil, dengan cara membantu proses belajar dan proses mengingat.
  • Mengurangi risiko terjadinya gangguan mood pada Si Kecil.
  • Membantu mata Si Kecil lebih sehat. Sebab, omega-3 ini merupakan elemen kunci dalam retina mata, agar ia dapat melihat dengan jelas. Omega-3 juga melindungi mata Si Kecil dari sindrom mata kering yang umum terjadi pada anak-anak.
  • Meningkatkan kualitas tidur Si Kecil, agar ia dapat tidur lebih lelap, sehingga tidak mudah terbangun di malam hari.
  • Mengurangi risiko sesak nafas. Pada anak-anak yang memiliki gen asma dalam tubuhnya, omega-3 cukup mampu mengurangi risiko timbulnya gejala sesak nafas dan batuk yang sering mereka alami.
  • Meringankan gejala ADHD. Masalah genetik lainnya yang dapat dibantu oleh omega-3 ialah attention deficit hyperactivity disorder, di mana omega-3 terbukti bermanfaat dalam membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus penderitanya.

Omega-3 juga memudahkan organ pencernaan Si Kecil lebih mudah mencerna zat besi loh, Moms. Zat besi ini merupakan mineral yang sangat penting juga bagi tumbuh kembangnya. Agar lebih paham, yuk simak fungsi zat besi di sini: Pentingnya Fungsi Zat Besi bagi Kesehatan Si Kecil

Apakah Omega-3 Bisa Meningkatkan Nafsu Makan?

Omega-3 dapat meningkatkan nafsu makan Si Kecil dan membantu ia makan lebih banyak. Dalam penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, ditemukan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan nafsu makan. Hasil penelitian ini penting sebagai solusi untuk anak yang seringkali menolak makan dan tidak berselera.

Apakah Omega-3 Baik untuk Asam Lambung?

Omega-3 juga memiliki manfaat penting untuk kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Asam lemak omega-3 mampu mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan, yang bermanfaat terutama bagi Si Kecil dengan gangguan pencernaan.

Selain itu juga membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan dan iritasi, mengatur produksi asam lambung, serta mendukung kesehatan usus dengan memelihara keseimbangan bakteri baik di dalamnya. Dengan konsumsi yang cukup, omega-3 juga dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti gastroesophageal reflux disease dan ulkus lambung.

Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Omega-3?

Kekurangan asam lemak omega-3 dalam tubuh dapat memiliki berbagai dampak negatif pada kesehatan. Inilah beberapa akibat yang mungkin terjadi:

  • Menghambat perkembangan otak dan fungsi kognitif yang optimal, sehingga kemampuan belajarnya menjadi terhambat.
  • Meningkatkan risiko 
  • Mengganggu kesehatan mata dan penglihatan.
  • Mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan gangguan neurologis. Ini dapat mempengaruhi fungsi kognitif, mood, dan respons terhadap stres.
  • Membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Untuk menghindari risiko seperti yang disebutkan di atas, langkah mudah yang bisa GroMoms lakukan untuk menjaga asupan nutrisi ini adalah dengan memberinya minyak ikan. Dengan mengonsumsi sumber makanan tersebut, banyak manfaat yang akan dirasakan oleh Si Kecil, seperti terjaga kesehatan tulang, gigi, dan mata. Untuk penjelasan lengkap tentang fungsi minyak ikan, yuk baca artikel berikut: 10 Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan Anak

Apa Efek Samping Kelebihan Omega 3?

Minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3, memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Tetapi, mengonsumsinya melebihi dosis yang dianjurkan, bisa menimbulkan efek samping, di antaranya:

  • Beberapa suplemen minyak ikan memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, dan mengonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan keracunan vitamin A yang dapat berdampak pada organ tubuh, seperti hati.
  • Minyak ikan dalam dosis tinggi dapat mengganggu tidur dan menyebabkan insomnia.
  • Efek samping umum dari konsumsi berlebihan minyak ikan adalah diare, yang sering disertai kembung.
  • Kandungan lemak dalam minyak ikan dapat meningkatkan risiko asam lambung dan gejala asam lambung, seperti sensasi terbakar di dada.

Dosis Omega-3 bagi Si Kecil

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia mengenai Angka Kecukupan Gizi, dosis omega-3 yang dianjurkan untuk anak-anak berusia 1-3 tahun ialah 0,7 gram/hari. Sedangkan untuk anak-anak berusia 4-9 tahun, dosis yang dianjurkan sebesar 0,9 gram/hari.

Makanan yang Mengandung Omega-3

Berikut adalah daftar sumber pangan yang kaya akan asam lemak omega-3:

No.Sumber PanganJumlah Omega-3 (per 100g)Keterangan
1.Ikan Salmon2.018 mgMengandung vitamin B.
2.Ikan Makarel4.580 mgKaya akan vitamin B12 dan selenium
3.Tiram435 mgJuga mengandung vitamin B12, tembaga, dan zink.
4.Ikan Teri2.113 mgMengandung vitamin B3, selenium, dan kalsium
5.Kacang-kacangan dan Produk KacangBervariasiKacang kedelai, edamame, tahu, tempe, kacang almond, dan walnut
6.Biji-bijianBervariasiBiji chia dan biji labu
7.Sayuran HijauBervariasiKale, brussel sprout, bayam dan rumput laut
8.Produk Susu dan TelurBervariasiTelur, susu sapi, susu kedelai, yoghurt dan margarin
9.MinyakBervariasiMinyak zaitun, minyak kanola, minyak flaxseed, dan minyak kedelai
10.Ikan Sarden1.480 mgMengandung vitamin D, vitamin B 12 dan selenium.

Buah yang Mengandung Omega 3

Selain beberapa jenis makanan yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan omega-3 juga ditemukan di beberapa jenis buah-buahan, antara lain:

  • Alpukat
  • Jambu biji
  • Pepaya
  • Kiwi
  • Jeruk

Untuk mencukupi kebutuhan harian omega-3 Si Kecil, mengandalkan buah-buahan ini saja akan cukup sulit sehingga GroMoms perlu mengombinasikan asupan buah ini dengan beberapa jenis makanan lain, seperti ikan salmon dan makarel yang kandungan omega-3 cukup tinggi.

Nah, sekarang Moms tidak perlu bingung lagi jika ingin menambahkan omega 3 dalam menu harian Si Kecil. Banyak makanan yang mengandung asam lemak ini, dan Moms tinggal mengolahnya menjadi menu yang disukai Si Kecil.

Selain makanan di atas, ada cara praktis loh untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ini, yaitu dengan memberikan susu yang diperkaya omega 3. Memberikan susu dapat menurunkan risiko Si Kecil kekurangan dan kelebihan omega 3. Sebab, biasanya kandungan nutrisi dalam susu sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak. Salah satu rekomendasinya adalah susu Morinaga Morigro, solusi sempurna untuk membantu menjaga keseimbangan gizi Si Kecil. Yuk, cari tahu tentang Morinaga Morigro selengkapnya: Susu Morigro, Seimbangkan Gizi Si Kecil.

REFERENSI

  • Healthline. Should Kids Take Omega-3 Supplements? Diakses tanggal 19 Oktober 2023. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-for-kids.
  • National Library of Medicine. Fish oil-supplementation increases appetite in healthy adults. A randomized controlled cross-over trial. Diakses tanggal 19 Oktober 2023. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23474089/
  • Flore. How Omega-3 Fatty Acids Help Your Gut. Diakses tanggal 19 Oktober 2023. https://flore.com/blogs/learn/omega-3-for-gut-health.
  • Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia. Diakses tanggal 19 Oktober 2023. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
Morigro mendukung program ASI Eksklusif