Pentingnya Fungsi Zat Besi bagi Kesehatan Si Kecil

Morigro November 24, 2023
makanan tinggi zat besi

Tak hanya vitamin, mineral seperti zat besi juga memiliki peran yang vital bagi kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil, Moms. Salah satu fungsi zat besi yaitu pembentukan hemoglobin yang berperan untuk mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. 

Kekurangan mineral ini dapat membuat daya tahan tubuh Si Kecil menurun, mengalami anemia atau kekurangan darah, dan menghambat pertumbuhannya, Moms. Agar hal ini tidak terjadi, baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui ragam manfaat mineral ini dan pencegahan agar Si Kecil tidak mengalami defisiensi, yuk. 

Fungsi Zat Besi pada Anak-anak

Mengantarkan Oksigen ke Seluruh Tubuh

Zat besi memiliki peran krusial dalam tubuh anak-anak, yaitu mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Maka, dengan adanya zat besi, otak menerima pasokan oksigen yang cukup untuk menjalankan fungsinya.

Otak merupakan pusat pengembangan kecerdasan pada anak-anak, sehingga keberadaan zat besi mendukung fungsi otak yang optimal. Namun, peran zat besi tidak hanya sejauh itu, melainkan juga mengantarkan oksigen ke organ-organ tubuh lainnya, terutama jantung, paru-paru, dan ginjal.

Menyimpan Oksigen dalam Otot

Menyimpan oksigen dalam otot memiliki manfaat yang signifikan bagi tubuh, terutama saat Si Kecil membutuhkan suplai tambahan oksigen, seperti saat mereka berolahraga atau beraktivitas fisik. Dengan kadar zat besi yang mencukupi, ia memiliki cadangan oksigen yang dapat digunakan untuk mendukung aktivitas fisiknya dengan lebih baik.

Membentuk Energi

Zat besi juga berperan penting dalam produksi energi dalam tubuh. Anak-anak yang mendapatkan cukup zat besi dalam diet mereka cenderung memiliki lebih banyak energi, sehingga mereka merasa lebih bugar dan aktif dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari mereka.

Melawan Infeksi Bakteri

Dengan menjaga kadar zat besi yang sehat, ia lebih mampu melawan penyakit infeksi akibat bakteri. Zat besi menjadi bahan pertahanan tubuh mereka terhadap serangan patogen, dan nutrisi ini membantu menjaga tubuh mereka tetap kuat.

Selain itu, dilansir dari Healthline, zat besi memiliki peran penting dalam produksi kolagen, sistem kekebalan tubuh, dan respons peradangan, maka sangat penting untuk penyembuhan yang efektif. Si Kecil menyimpan sekitar 5% kandungan seng tubuh, dan zat besi yang cukup dalam tubuh dapat mempercepat penyembuhan luka.

Kekurangan Zat Besi

Risiko Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat berdampak langsung pada keadaan kesehatan Si Kecil. Beberapa dampak utama yang perlu diperhatikan adalah:

  • Anemia, yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa cukup oksigen, ia merasa lelah, pucat, dan kekurangan energi. 
  • Penurunan daya tahan tubuh, terutama terhadap infeksi. Jika ia lebih rentan terhadap infeksi, maka kualitas hidupnya ikut terganggu.
  • Perkembangan kognitif yang lamban. Sebab, kekurangan zat besi mengurangi potensi perkembangan volume otaknya, sehingga fungsi kognitif otaknya pun tidak menjadi berkembang seperti anak-anak sebayanya.
  • Pertumbuhan yang terhambat. Akibatnya, tinggi dan berat badannya pun tidak bertambah sepesat anak-anak lain. Mari Moms, simak berat badan yang ideal pada anak di sini: Berat Badan Ideal Anak 3 Tahun Menurut WHO

Gejala Kekurangan Zat Besi 

Zat besi digunakan oleh tubuh untuk membantu proses produksi sel-sel yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Contohnya seperti sel neutrofil dan natural killer cells

Maka, ketika Si Kecil kekurangan zat besi, tubuhnya tidak dapat memproduksi sel imun baru yang sehat. Dampaknya, akan timbul gejala seperti:

  • Penurunan berat badan yang ekstrem dalam waktu dekat.
  • Luka yang sulit sembuh
  • Kehilangan kewaspadaan
  • Penurunan kemampuan mencium dan merasakan rasa
  • Diare
  • Kehilangan nafsu makan
  • Luka terbuka pada kulit

Pencegahan Kekurangan Zat Besi 

Ada banyak sekali menu yang dapat Moms siapkan bagi Si Kecil agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Sebab, zat besi dapat ditemukan secara alami pada bahan makanan yang terbuat dari produk hewani maupun nabati.

Makanan yang paling tinggi kandungan sengnya meliputi :

  • Daging: daging sapi, daging domba
  • Unggas: kalkun dan ayam
  • Ikan: cakalang, sarden, salmon, dan ikan tunggal
  • Kacang-kacangan: kacang arab, kacang lentil, kacang hitam, kacang merah
  • Kacang dan biji-bijian: biji labu, kacang mete, biji rami.
  • Produk susu dan olahannya: susu, yoghurt, dan keju
  • Telur
  • Biji-bijian utuh: oat, quinoa, beras cokelat
  • Beberapa sayuran: jamur, kale, kacang polong, asparagus, dan daun bit

Daging dan kerang mengandung jumlah zat besi yang tinggi dalam bentuk yang mudah diserap oleh tubuh. Namun, perlu diingat bahwa zat besi yang terdapat dalam sumber-sumber nabati, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian utuh, akan kurang efisien ketika diserap tubuh, karena proses penyerapannya akan terhambat oleh senyawa lainnya.

Nah, GroMoms, kami punya solusi yang sempurna untuk masalah ini. Salah satu cara praktis untuk memastikan nutrisi Si Kecil terpenuhi adalah dengan memberikan susu yang telah difortifikasi dengan zat besi, seperti susu Morinaga Morigro.

Selain mengandung zat besi, susu ini juga memiliki beragam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh Si Kecil. Selain zat besi, Morinaga Morigro juga kaya akan kandungan minyak ikan, protein, kalsium, vitamin D, probiotik, serta 14 vitamin dan 9 mineral esensial.

Ditambah lagi, Morinaga Morigro telah dirancang untuk membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, sehingga Ia dapat mencapai berat badan ideal. Dengan susu ini, Moms dapat memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang padanya dengan sangat mudah.

Yuk, kenali susu ini lebih lanjut di sini Moms: Susu Morigro Seimbangkan Gizi Si Kecil

Referensi: National Library of Medicine. The Importance of Iron Status for Young Children in Low- and Middle-Income Countries: A Narrative Review. Diakses 19 Oktober 2023. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6631790

Morigro mendukung program ASI Eksklusif