5 Buah Lezat yang Mengandung Kalsium untuk Si Kecil

Morigro September 14, 2023
buah yang mengandung kalsium

Sumber kalsium yang paling populer diketahui oleh kebanyakan orang adalah susu, sayuran, dan makanan dari laut, seperti ikan dan kerang. Namun, tahukah GroMoms jika beberapa jenis buah juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, contohnya jeruk dan kiwi.

Menyajikan buah-buahan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian Si Kecil. Selain itu, jenis makanan ini juga dapat dijadikan camilan sehat dan rasanya juga enak. Ingin tahu apa saja buah yang kaya kalsium? Yuk baca artikel ini.

Buah yang Mengandung Tinggi Kalsium

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada Si Kecil, Bunda dapat menyajikannya buah-buahan. Berikut beberapa jenis buah yang memiliki kandungan tinggi kalsium, antara lain:

  1. Jeruk

Sebagai salah satu buah citrus yang banyak digemari Si Kecil, setiap 100 gram jeruk ternyata mengandung sekitar 50 mg kalsium. Maka, dalam satu buah jeruk seberat sekitar 140 gr, Si Kecil sudah dapat memperoleh 70 mg kalsium.

Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C memiliki peran untuk membantu usus agar selalu sehat sehingga mampu menyerap nutrisi dari makanan, termasuk kalsium. Kekurangan vitamin C akan menyulitkan usus menjalankan peranannya dalam mencerna mineral dan vitamin lainnya yang dibutuhkan Si Kecil sehari-hari.

Pilihan jenis jeruk di pasaran juga beragam, seperti jeruk mandarin, jeruk pontianak, jeruk bali ataupun jeruk manis. Selain dimakan langsung atau dijadikan jus, GroMoms bisa mengolah jeruk menjadi berbagai seperti cookies, pie bahkan saus jeruk yang segar untuk menjadi dipping makanan.

  1. Pepaya

Setiap 100 gram pepaya mengandung sekitar 20 mg kalsium. Segelas pepaya potong kira-kira berisi 150 gram pepaya, jadi jumlah kalsiumnya sekitar 30 mg.

Pepaya juga mengandung vitamin K yang berperan dalam penyerapan mineral ini dalam tulang. Dengan demikian, vitamin ini memastikan tulang dapat menggunakan kalsium secara efisien.

Pepaya biasanya mudah ditemukan di supermarket, dan juga di toko buah. Jika Si Kecil mulai bosan memakan pepaya dengan cara dipotong, coba ajak ia membuat jus atau smoothie pepaya.

GroMoms juga bisa mengolah pepaya yang masih muda menjadi makanan gurih, seperti tumis pepaya muda atau dimasak dengan bumbu santan berkuah.

  1. Stroberi

Stroberi sebagai salah satu buah dengan rasa segar sering menjadi buah favorit anak-anak. 100 gram stroberi mengandung 16 mg kalsium. Maka, jika Si Kecil memakan segelas stroberi kira-kira 150 gram, ia memperoleh mineral ini sebanyak 24 mg.

Selain menguatkan tulang, mineral ini juga bertugas untuk mengaktifkan sel-sel imun di dalam tubuh.

Meskipun stroberi hanya tumbuh di dataran tinggi, tetapi banyak stroberi yang bisa ditemukan di pasaran ketika sudah musimnya, baik stroberi lokal maupun stroberi impor. Kalau Si Kecil tidak suka rasa asam, coba padukan stroberi dengan coklat lumer lalu bekukan. Perpaduan manis yang diberikan bisa membantu ia mengkonsumsi stroberi dengan lebih mudah.

  1. Kiwi

Buah yang dikenal berasal dari Selandia Baru ini, memiliki rasa manis keasaman dengan tekstur lembut berbiji kecil. Setiap 100 gram kiwi mengandung sekitar 30 mg kalsium. Maka, setiap buah kiwi di supermarket seberat sekitar 70 gram, mengandung mineral ini sebanyak 21 mg. Kiwi juga mengandung vitamin K yang membantu pengikatan kalsium dalam tulang. 

Kiwi sering ditemukan di supermarket yang menjual buah-buah impor, karena budidaya di Indonesia masih jarang. Tak hanya dimakan langsung, GroMoms dapat menyajikan kiwi kepada Si Kecil dengan mencampurnya bersama stroberi dan yogurt untuk dibuat sebagai smoothie. Alternatif lainnya, Moms dapat mencampur kiwi dengan susu, lalu membekukannya untuk membuat es krim. GroMoms juga bisa campurkan kiwi dalam campuran salad buah sebagai varian olahan lainnya. 

  1. Jambu Biji

Salah satu jenis buah jambu ini biasanya berwarna hijau tua bahkan kuning ketika matang. Meskipun tekstur kulit luarnya kasar, tetapi di dalamnya renyah serta berair. Sekitar 100 gram jambu biji mengandung 18 mg kalsium. Selain itu, sama halnya dengan jeruk, jambu biji pun juga dikenal sebagai buah yang banyak mengandung vitamin C.

Selain dimakan langsung, jambu biji juga bisa dibikin menjadi jus atau smoothies dengan campuran susu atau yogurt. GroMoms juga dapat mengajak Si Kecil mengolah jambu biji menjadi puding untuk cemilannya.

Kenapa Memilih Buah-buahan sebagai Sumber Kalsium?

Kalsium memiliki manfaat penting bagi tubuh Si Kecil, seperti menjaga kesehatan tulang dan gigi. Akan tetapi, karena nutrisi ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, maka untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini Si Kecil harus mengandal asupan dari makanan.

Sumber kalsium yang paling dikenal adalah produk olahan susu. Namun, mungkin beberapa anak memiliki kondisi seperti intoleransi laktosa sehingga tidak bisa bergantung pada susu sebagai sumber asupan nutrisi ini. Sehingga mengonsumsi buah-buahan yang kaya kalsium dapat menjadi alternatif terbaiknya.

Kebutuhan Kalsium Harian Anak

Tahukah Bunda bahwa masing-masing usia anak memiliki jumlah kebutuhan kalsium yang berbeda. Dengan mengetahui angka kebutuhan ini, akan membantu Bunda untuk terus memantau dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Berikut kebutuhan kalsium anak sesuai usianya:

  • 0-6 bulan: 200 mg/hari
  • 7-12 bulan: 260 mg/hari
  • 1-3 tahun: 700 mg/hari
  • 4-8 tahun: 1.000 mg/hari
  • 9-18 tahun: 1.300 mg/hari

Untuk memenuhi kebutuhan angka asupan ini, pastikan Si Kecil mengonsumsi susu dan juga makanan yang mengandung tinggi kalsium, seperti buah-buahan yang sudah disebutkan di atas. Satu hal yang tak kalah penting, pastikan kebutuhan vitamin D Si Kecil juga tercukupi dengan baik karena vitamin ini memiliki peran penting dalam mengoptimalkan penyerapan kalsium.

Itulah lima jenis buah yang bisa GroMoms sajikan setiap harinya. Selain dalam bentuk buah-buahan, GroMoms juga dapat memberikan mineral ini melalui susu, asalkan kandungan kalsiumnya cukup tinggi. Mau tahu, susu apa apa saja rekomendasi susunya? Yuk, cek di sini: Susu Tinggi Kalsium yang Optimalkan Pertumbuhan Si Kecil. 

Referensi:

  • WebMD. Healthy Foods High in Calcium. Diakses pada tanggal 4 September 2023. https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-calcium
  • Medicinenet. Which Fruits Are High in Calcium?. Diakses pada tanggal 4 September 2023. https://www.medicinenet.com/which_fruits_are_high_in_calcium/article.htm
Morigro mendukung program ASI Eksklusif