Cara Menaikkan Berat Badan Anak secara Sehat

Morigro Juni 19, 2023
Anak makan sayur dan buah

GroMoms bisa memantau pertumbuhan anak dengan menghitung indeks massa tubuh untuk memastikan berat badan anak sudah ideal untuk usianya. Jika Si Kecil kekurangan berat badan, GroMoms tidak perlu khawatir, artikel berikut ini menjelaskan bagaimana cara menaikkan berat badan pada anak. Cari tahu, yuk.

Cara Menaikkan Berat Badan Anak

Dilansir dari NHS, berikut ini beberapa cara untuk menambah berat badan anak melalui perubahan pola makan. Antara lain:

1. Tingkatkan Asupan Kalori secara Sehat

Pastikan Si Kecil mendapatkan cukup kalori dari makanan sehari-hari. Berikan makanan dengan kandungan kalori tinggi, seperti kacang-kacangan, alpukat, keju, dan minyak zaitun. Pilih makanan dengan tinggi nutrisi untuk memastikan ia tetap mendapatkan zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh.

Agar asupan kalori ini cukup sehingga berdampak pada penambahan berat badan Si Kecil, GroMoms perlu memahami berapa kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh Si Kecil karena beda usia beda juga angka kebutuhannya. Untuk mengetahui penjelasan selengkapnya, yuk baca artikel berikut ini: Kebutuhan Kalori Harian Si Kecil Berdasarkan Usianya.

2. Siapkan Menu Makanan yang Bergizi Seimbang

Berikan makanan dengan kandungan nutrisi penting seperti protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, vitamin, serta mineral. Tambahkan makanan tinggi protein seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan dalam menu Si Kecil.

Pilih sumber karbohidrat kompleks seperti nasi, roti gandum, dan biji-bijian. Selain itu, berikan juga makanan penambah lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, serta ikan berlemak seperti salmon.

Menu makanan yang bervariasi dan seimbang membantu memastikan ada mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya untuk tumbuh dengan sehat.

3. Jadwal Makan yang Teratur

Buat jadwal makan yang teratur serta konsisten. Anjurkan ia untuk makan pada waktu yang sama setiap hari. Dengan rutin makan pada waktu yang sama, Si Kecil akan terbiasa makan pada jam yang teratur, sehingga terstimulasi untuk makan dengan lebih baik.

Membuat jadwal makan yang konsisten juga termasuk merupakan anjuran dari IDAI dalam mengatasi anak yang suka menolak makan. Selain itu, jadwal makan juga menjadi salah satu tahapan dalam penerapan feeding rules, sebagai solusi anak yang susah makan. Untuk GroMoms yang ingin tahu informasi selengkapnya dan tips agar penerapannya agar lebih mudah, yuk baca artikel ini: Cara Menerapkan Feeding Rules Sesuai Anjuran IDAI.

4. Beri Cemilan di Sela-sela Jam Makan

Selain waktu makan yang teratur 3 hari sekali. Tawarkan Si Kecil 2 sampai 3 cemilan setiap harinya untuk meningkatkan asupan kalori Si Kecil. Pastikan GroMoms memberikannya camilan sehat ya, seperti yoghurt, buah-buahan, oatmeal, atau wafel.

Beri jeda sekitar 1-2 jam antara cemilan dengan jadwal makan anak.

5. Berikan Anak Susu

Rutin memberikan Si Kecil susu dapat memberikan asupan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuha tulang yang kuat. Susu juga berperan untuk melengkapi asupan nutrisi seimbang untuk anak.

Jika anak tidak menyukai susu, GroMoms bisa memberikannya alternatif lain yang disukainya seperti keju ataupun yoghurt. Perhatikan juga jam pemberian susu agar tidak membuat anak kenyang di jam makan. Solusinya, GroMoms bisa memberikan Si Kecil susu menjelang tidur. Yuk ketahui apa saja kandungan susu yang dapat meningkatkan nafsu makan anak di sini: Susu Anak untuk Menambah Nafsu Makannya

6. Tambah Asupan Lemak

Makanan berlemak adalah sumber energi yang baik untuk Si Kecil. Jika memungkinkan, tambahkan lemak pada asupan makanan Si Kecil sehari-hari dengan tetap memastikan ia mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi.

GroMoms bisa menambahkan minyak zaitun, susu full cream, margarine atau butter, dan keju ke dalam berbagai olahan makanan yang disiapkan untuk Si Kecil. Dengan begitu, asupan kalori dari setiap sajian dapat bertambah secara menyehatkan.

7. Berikan Menu Makanan Penambah Berat Badan

Menu makanan yang dapat menambah berat badan pada dasarnya haruslah mengandung banyak kalori. Sumber kalori ini berupa karbohidrat, protein, dan lemak.

Salah satu menu yang dapat meningkatkan berat badan ini ialah panekuk kentang. Untuk membuatnya, GroMoms dapat menyiapkan cincangan kentang dengan bawang yang diiris tipis-tipis, lalu dicampur dengan kuning telur dan dimasak menggunakan mentega yang tentunya banyak mengandung lemak. Kentang merupakan makanan yang tinggi karbohidrat, sedangkan kuning telur ini tinggi protein dan sekaligus mengandung vitamin D.

Vitamin D dalam kuning telur merupakan vitamin yang memiliki peran penting dalam menambah berat badan Si Kecil. Selain dari telur, vitamin ini juga bisa diperoleh dari beberapa jenis sayuran dan buah-buahan. Ingin tahu apa saja rekomendasi makanan terbaiknya? Yuk baca artikel ini: Ketahui Manfaat Vitamin D untuk Si Kecil.

Contoh menu lainnya ialah ubi panggang. Ubi ini mengandung banyak karbohidrat dan vitamin D, dan cocok dijadikan camilan. Cara membuatnya, ubi ini perlu dipotong-potong dulu, lalu ditaburi tepung beras, bumbu, dan minyak zaitun sebagai sumber lemaknya. Kemudian dipanggang sampai renyah, baru dihidangkan untuk Si Kecil ya, Moms.

Ide lainnya berupa nasi lemak. Nasi lemak merupakan menu yang mudah dibuat, seperti membuat nasi biasa, tetapi ketika menanak harus ditambahkan santan. Santan ini merupakan sumber lemak dari kelapa, sehingga mampu membantu meningkatkan berat badan Si Kecil.

Aktivitas Fisik dan Berat Badan

Aktivitas fisik juga merupakan cara sehat untuk meningkatkan berat badan Si Kecil. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipahami tentang aktivitas fisik Si Kecil.

Manfaat Aktivitas Fisik untuk Pertumbuhan Anak

Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan. Selain membantu meningkatkan nafsu makan, aktivitas fisik juga dapat memperkuat otot, meningkatkan kepadatan tulang, serta memperbaiki kualitas tidur anak. Aktivitas fisik juga dapat membantu mengembangkan koordinasi motorik, keterampilan sosial, serta membangun kepercayaan dirinya.

Menyeimbangkan Asupan Kalori dan Pengeluaran Energi

Penting bagi GroMoms untuk menjaga keseimbangan antara asupan kalori dan pengeluaran energi Si Kecil. Aktivitas fisik akan meningkatkan pengeluaran energi, sehingga penting untuk memastikan ia mendapatkan kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Dalam menambah berat badan, GroMoms dapat meningkatkan asupan kalori anak sesuai dengan tingkat aktivitasnya, sehingga kebutuhan energi tubuh tercukupi.

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Ada beberapa situasi di mana mencari bantuan profesional sangat dianjurkan ketika berat badan Si Kecil belum juga ideal. Berikut adalah beberapa indikator yang dapat menjadi pertimbangan untuk mencari bantuan dari tenaga medis atau ahli gizi:

  • Berat Si Kecil terus-menerus berkurang dengan signifikan, serta tidak ada tanda-tanda perbaikan, meskipun sudah melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan asupan nutrisi dan aktivitas fisik Si Kecil.
  • Memiliki masalah makan tertentu, seperti penolakan makan secara ekstrem, muntah yang berlebihan, atau adanya gangguan makan lainnya.
  • Memiliki riwayat medis, seperti kelainan genetik, gangguan pencernaan, atau penyakit kronis lainnya yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang Si Kecil.
  • Jika GroMoms merasa cemas atau khawatir mengenai pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Ahli kesehatan dapat memberikan penjelasan dengan jelas, serta memberikan dukungan serta arahan yang diperlukan.

GroMoms perlu memahami bahwa menambah berat badan anak bukanlah proses instan. Agar beratnya bertambah, tentu butuh waktu dan kesabaran. Bantu Si Kecil dengan memberikan dukungan, menciptakan lingkungan sehat, serta memberikan contoh baik dalam pola makan yang seimbang. Ingatlah bahwa GroMoms dapat membantu meningkatkan berat Si Kecil dengan tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi yang optimal bagi anak.

Nah, agar berat badannya bertambah, ia juga membutuhkan asupan susu yang tepat. Berikan susu dengan kandungan nutrisi-nutrisi penting untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Memperkenalkan, susu Morigro yang terbukti dapat membantu Si Kecil memperoleh berat badan yang ideal, dengan kandungan minyak ikan dan sumber protein unggul.

Susu Morigro juga dilengkapi dengan vitamin D & Kalsium yang tinggi, diformulasikan dengan 14 vitamin dan 9 mineral, Probiotik, sumber serat FOS, serta tinggi vitamin A, C, E & Zinc. Jadi, tunggu apalagi? Ayo berikan susu Morigro setiap hari secara rutin untuk optimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Yuk, cari tahu berbagai khasiatnya di sini: Susu Morigro.

Morigro mendukung program ASI Eksklusif