Manfaat Vitamin D untuk Si Kecil dan Sumber Makanannya

Ditulis oleh: Morigro
Manfaat Vitamin D untuk Si Kecil

Vitamin D termasuk salah satu nutrisi penting untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Tercukupinya kebutuhan vitamin ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan menguatkan imun tubuh.

Ada cara mudah yang bisa GroMoms terapkan dalam memenuhi asupan vitamin D, contohnya memilih makanan yang tepat seperti ikan dan telur. Ingin tahu penjelasan selengkapnya? Yuk baca artikel ini.

Apa Itu Vitamin D?

Vitamin D atau kalsiferol adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang, Moms. Sebab tubuh hanya dapat menyerap kalsium yang komponen utama dari tulang, ketika kebutuhan vitamin D Si Kecil terpenuhi. Sifat antiinflamasi, antioksidan, dan neuroprotektifnya mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh, fungsi otot, dan aktivitas sel-sel otak.

Manfaat Vitamin D

Mencukupi kebutuhan vitamin D untuk Si Kecil sangatlah penting karena nutrisi ini memiliki manfaat yang bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaatnya, antara lain:

Manfaat untuk Kesehatan Tulang

Kalsiferol membantu dalam penyerapan kalsium di usus dan menjaga kadar darah yang cukup dari kalsium dan fosfor, yang diperlukan untuk pembentukan tulang yang sehat, GroMoms.

Kekurangan kalsiferol pada anak-anak dapat menyebabkan rakitis, yang mengakibatkan tampilan kaki yang cekung akibat pelembutan tulang. Selain itu, kekurangan kalsiferol dalam jangka panjang juga dapat muncul sebagai osteoporosis atau pengeroposan tulang. Untuk mengetahui penjelasan lengkap terkait hal ini dan solusinya, yuk baca artikel: Akibat Kekurangan Vitamin D Untuk Pertumbuhan Anak.

Kegunaan untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Asupan vitamin D yang cukup mungkin mendukung fungsi kekebalan tubuh yang baik dan mengurangi risiko penyakit autoimun.

Kalsiferol memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D jangka panjang berhubungan dengan perkembangan kondisi autoimun, seperti diabetes, asma, dan artritis rematoid. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi kaitan ini.

Fungsi bagi Kesehatan Jantung

Dilansir dari Translational Pediatrics, anak-anak yang menderita penyakit jantung kongenital umumnya mengalami kekurangan vitamin D. Sebab, penyakit tersebut membuat mereka jarang beraktivitas, termasuk menyebabkan mereka jarang terpapar sinar matahari sebagai sumber vitamin D.

Pada saat penyakit mereka ditangani dengan operasi, kesehatan mereka cenderung lamban untuk pulih karena memang telah kekurangan vitamin D sebagai antioksidan alami mereka sejak sebelum operasi. Asupan vitamin D pada anak-anak seperti ini bermanfaat untuk memulihkan kesehatan mereka dengan lebih cepat.

Kebutuhan Vitamin D per Hari pada Si Kecil

Dilansir dari National Institutes of Health terdapat rekomendasi asupan vitamin D harian yang perlu terpenuhi pada Si Kecil. Berdasarkan usianya, untuk Si Kecil 1 tahun ke atas memiliki angka anjuran yang sama, sedangkan untuk Si Kecil dibawah 1 tahun memiliki angka kebutuhan lebih sedikit. Berikut rekomendasi hariannya:

  • 0-12 bulan: 10 mcg (400 IU)
  • 1–12 tahun: 15 mcg (600 IU)

Untuk anak laki-laki dan perempuan tidak memiliki perbedaan angka kebutuhan terkait asupan vitamin D.

Sumber Vitamin D

Untuk memenuhi kebutuhan harian Si Kecil, berikut beberapa cara yang bisa Moms lakukan. 

Sinar Matahari

Salah satu cara alami untuk mendapatkan kalsiferol adalah melalui sinar matahari. Sebenarnya, kulit memproduksi provitamin D dapat berubah menjadi vitamin D aktif jika terkena sinar matahari.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan, paparan sinar matahari pagi, mulai dari saat matahari terbit hingga pukul 09.00, dan pada sore hari, dari pukul 15.00 hingga matahari terbenam adalah waktu ideal untuk terpapar sinar matahari. Anak-anak yang tinggal di Indonesia cukup terpapar sinar matahari selama sekitar 10 hingga 15 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Jadi, pastikan Si Kecil cukup bermain di luar rumah di bawah matahari. Namun, perhatikan juga untuk melindungi mereka dari terik matahari yang berlebihan.

Makanan yang Kaya Vitamin D

Selain matahari, nutrisi yang satu ini dapat diperoleh melalui makanan. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin D meliputi ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden. Selain itu, kunyit, telur, dan hati juga merupakan sumber kalsiferol yang baik.

Tahukah Moms, sumber makanan terutama ikan berlemak ternyata juga kaya akan kandungan kalsium. Mengonsumsi jenis makanan ini sangat tepat untuk menjaga asupan vitamin D dan kalsium hariannya tercukupi. Selain ikan, ada juga lho jenis sayur dan kacang yang perlu disajikan. Cari tahu informasi lengkapnya di artikel ini yuk: Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Kesehatan Si Kecil

Buah dan Sayuran

Beberapa jenis buah dan sayuran juga memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Kedua jenis makanan ini dapat GroMoms manfaatkan sebagai menu pendamping, selain olahan ikan dan telur. Berikut pilihan buah dan sayuran yang kaya vitamin D, yaitu:

  • Alpukat
  • Kiwi
  • Jeruk
  • Pisang
  • Buah tin
  • Jambu Biji
  • Pepaya
  • Semangka
  • Bayam
  • Pare
  • Brokoli
  • Okra

Susu

Moms dapat memastikan Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dengan memilih susu yang tepat. 

Pilihlah susu yang difortifikasi dengan vitamin D, jika Si Kecil memiliki keterbatasan paparan sinar matahari atau asupan makanan. Selain itu, pilihlah susu dengan tambahan serat FOS (fructooligosaccharides) untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi yang lebih baik. 

Tidak hanya itu, susu yang mengandung omega-3 dan minyak ikan seperti Morinaga Morigro dapat memberikan manfaat tambahan untuk perkembangan otak, fungsi kognitif, kesehatan jantung, dan nafsu makannya. Dengan nutrisi yang terpenuhi dengan baik, Si Kecil dapat mencapai berat badan ideal sesuai usianya.

Tapi bagaimana jika Si Kecil susah makan atau memilih makanan dengan baik? GroMoms pasti akan merasa khawatir. Untuk mengatasi masalah ini, yuk baca lebih lanjut di artikel berikut ini: Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan 

Referensi: 

  • Medical News Today. Vitamin D foods: Fruits, vegetables, and other sources. Diakses 19 Oktober 2023. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324590
  • Mayo Clinic. Vitamin D. Diakses 19 Oktober 2023. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-d/art-20363792
  • American Heart Association News. Vitamin D is good for the bones but what about the heart. Diakses 19 Oktober 2023. https://www.heart.org/en/news/2019/09/17/vitamin-d-is-good-for-the-bones-but-what-about-the-heart
  • Kementerian Kesehatan. Sinar Matahari dan Vitamin D. Diakses 22 Oktober 2023. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1212/sinar-matahari-dan-vitamin-d
  • Translational Pediatrics. Vitamin D deficiency in surgical congenital heart disease: prevalence and relevance. Diakses 27 Oktober 2023. https://tp.amegroups.org/article/view/2371/html.
Morigro mendukung program ASI Eksklusif