Catat Yuk! Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Dalam Makanan

Ditulis oleh: Morigro
anak makan sayur

Memberikan suplemen vitamin yang dapat merangsang nafsu makan anak menjadi kunci penting dalam menjaga kesehatan Si Kecil. Dengan asupan yang tepat, tidak hanya meningkatkan selera makannya, tetapi GroMoms juga memastikan bahwa tubuhnya tetap sehat dan siap menjalani aktivitas sehari-hari. Yuk, cek vitamin apa saja yang dapat menambah nafsu makan Si Kecil.

Vitamin untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Berikut adalah berbagai nutrisi untuk membuat Si Kecil bersantap lebih lahap:

B1 (Tiamin)

Tiamin merupakan salah satu asupan gizi penting dalam proses metabolisme energi dan fungsi sistem saraf. Salah satu gejala akibat kekurangan nutrisi ini adalah penurunan nafsu makan. Selain itu, kekurangan tiamin juga bisa mengakibatkan Si Kecil terlihat kurang bersemangat, sulit berkonsentrasi, dan mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

Sumber makanan yang kaya akan tiamin antara lain kacang almond, kacang tanah, ikan salmon, tahu, asparagus, kacang hijau, serta labu kuning.

B7 (Biotin)

Salah satu peran penting biotin adalah menjaga kadar gula darah yang sehat. Jika tubuh Si Kecil tidak dapat mengubah gula menjadi energi dengan efisien, maka nafsu makannya akan berkurang. Sumber terbaik biotin di antaranya kedelai, kacang merah, daging, dan jamur

Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki peran penting dalam metabolisme protein dan lemak dalam tubuh Si Kecil. Vitamin ini berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan Si Kecil. Moms dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12 untuk meningkatkan nafsu makan Si Kecil dengan menyajikan menu makanan yang mengandung daging merah dan telur dalam porsi yang sesuai dan pola makan yang seimbang. Dengan cara ini, Si Kecil akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya, sekaligus meningkatkan nafsu makan.

Vitamin C

Vitamin C dapat membuat Si Kecil makan lebih lahap, karena membantu penyerapan zat besi yang nantinya berperan dalam meningkatkan hormon penambah nafsu makan. Selain itu, nutrisi ini juga meningkatkan sensitivitas lidah terhadap rasa. Sumber terbaiknya meliputi jeruk, tomat, stroberi, paprika, brokoli, dan kiwi.

Tahukah GroMoms, bahwa jeruk dan kiwi tidak hanya baik sebagai sumber vitamin C. Kedua buah ini juga kaya akan nutrisi lainnya, seperti kalsium. Tertarik untuk tahu apa saja pilihan buah lainnya yang bagus untuk Si Kecil? Yuk temukan rekomendasinya di artikel ini: 5 Buah Lezat yang Mengandung Kalsium untuk Si Kecil.

Vitamin D

Vitamin D berfungsi membantu tubuh dalam menyerap mineral-mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor. Semua mineral ini mendukung pertumbuhan gigi. Gigi yang kuat dan sehat akan dapat meningkatkan nafsu makan Si Kecil.

Sumber nutrisi ini yaitu susu, jus jeruk, telur, salmon, sarden, makerel, serta paparan sinar matahari. Penting bagi GroMoms untuk menjaga kecukupan nutrisi ini, karena jika tubuh Si Kecil kekurangan nutrisi ini, tidak hanya akan berdampak pada pertumbuhannya saja. Informasi selengkapnya yuk baca: Akibat kekurangan vitamin D untuk pertumbuhan anak.

Vitamin D3

D3 adalah bentuk yang lebih kompleks dari vitamin D. Peran utamanya adalah membangun tulang. Selain itu juga merupakan stimulan nafsu makan yang penting karena membantu pencernaan.

Sumber penting dari nutrisi ini meliputi makanan (seperti susu, sereal, jus jeruk), serta paparan sinar matahari.

Jadi, Moms, untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil, penting untuk memberikan makanan yang kaya nutrisi yang mengandung vitamin-vitamin tadi ya. Dengan vitamin-vitamin tersebut, Si Kecil akan memiliki nafsu makan yang baik, sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi dan ia dapat tumbuh dengan sehat.

Selain itu, ada berbagai nutrisi penting lainnya yang dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Cari tahu selengkapnya yuk, di sini: Asupan Nutrisi Penting untuk Optimalkan Pertumbuhan Anak.

Referensi:

  • Nuzest. Vitamins For Children to Take to Gain Weight. Diakses pada tanggal 21 Desember 2023. https://nuzest.sg/blogs/kids/vitamins-for-children-to-take-to-gain-weight
  • KlikDokter. Vitamin dan Mineral Penambah Nafsu Makan Anak. Diakses pada tanggal 21 Desember 2023. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/vitamin-dan-mineral-penambah-nafsu-makan-anak
Morigro mendukung program ASI Eksklusif