Serat FOS, Apa Sih Manfaatnya untuk Si Kecil?

Morigro November 24, 2023
manfaat serat fos

Moms tentu pernah mendengar kandungan FOS dalam produk makanan, seperti pada susu. Apa sih zat ini? Tahukah Moms, fruktooligosakarida alias FOS berperan penting untuk membantu Si Kecil menyerap nutrisi dengan lebih efektif. Kandungan FOS dalam susu merupakan komponen penting dan merupakan nilai tambah yang patut diperhitungkan. 

Apakah FOS Itu?

FOS merupakan serat pangan yang tidak tercerna yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Senyawa FOS dapat digunakan sebagai pemanis atau pengganti sukrosa rendah kalori. FOS dikatakan sebagai pangan fungsional karena tidak akan hancur oleh enzim pencernaan dan dapat dimanfaatkan oleh bakteri baik dalam usus besar, khususnya Bifidobacterium sp untuk menghambat pertumbuhan bakteri patogen penyebab penyakit.

Sekalipun digunakan sebagai pemanis, FOS tidak memengaruhi jumlah gula darah sehingga aman dikonsumsi Si Kecil.

FOS sangat penting bagi Si Kecil karena sifatnya yang berbeda dari serat lain, yang tidak bisa diserap oleh organ pencernaan. Karena cenderung larut dalam air, maka FOS ini dapat meningkatkan bakteri baik dalam saluran pencernaan, menghambat bakteri patogen, meningkatkan daya tahan saluran cerna, mencegah sembelit, membantu penyerapan makanan, mengendalikan gula darah, serta menurunkan kolesterol. Moms, lanjutkan membaca sampai selesai, yuk.

Manfaat Serat FOS bagi Si Kecil

Menurut Medical News Today, manfaat serat FOS untuk Si Kecil sangatlah beragam, di antaranya:

Sumber Serat Larut

FOS merupakan jenis serat pangan yang dapat larut dalam air. Ketika bercampur dengan kandungan air dalam usus, kombinasi ini membentuk gel yang membuat feses lebih konsisten. Ini membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit atau diare.

Seperti yang disebutkan bahwa FOS dapat membantu mencegah masalah pencernaan seperti diare. Akan tetapi, tahukan GroMoms kalau penyakit ini terkadang bisa muncul karena banyak sebab, contohnya karena infeksi, keracunan makanan, atau reaksi alergi. Jadi, selain mencegah, penting juga untuk mengetahui cara penanganan yang tepat di rumah. Pandangan terkait hal ini, yuk baca: Penyebab Diare pada Anak dan Cara Mengatasinya.

Mengatur Gula Darah

Nutrisi ini dapat membantu mengatur gula darah, terutama bagi anak yang berisiko diabetes. Serat membantu mengurangi penyerapan gula dari makanan ke dalam aliran darah, sehingga mengurangi lonjakan gula darah setelah makan. Ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan merangsang sekresi insulin, yang diperlukan untuk mengatur gula darah.

Berperan sebagai Prebiotik

Prebiotik merupakan serat yang berfungsi untuk memberi makan bakteri baik di dalam usus. Tujuannya untuk membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus yang sehat. Mikrobiota usus yang seimbang berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta penyerapan nutrisi yang lebih efisien.

Serat pangan juga aman untuk dikonsumsi anak. Pasalnya, nutrisi ini sehat dan tidak menyebabkan risiko kanker. Bahkan mengonsumsi serat dalam jumlah yang sesuai dapat menjadi bagian penting dari diet yang sehat dan seimbang.

Meningkatkan Tinggi Badan

Secara tidak langsung, FOS dapat membantu meningkatkan tinggi badan, melalui manfaatnya dalam penyerapan kalsium di usus. FOS membantu usus lebih mudah mencerna kalsium, sehingga kalsium ini dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan tulang dan menambah ukuran tulang. Sehingga, efek positif dari peningkatan ukuran tulang ini ialah bertambahnya tinggi badan.

Moms, ketahui yuk berapa tinggi badan yang ideal, terutama bagi anak 2 tahun di sini: Tinggi Badan Ideal Anak Usia 2 Tahun Menurut WHO

Sumber Serat FOS

FOS dapat ditemukan secara alami dalam berbagai jenis tumbuhan, seperti pisang, bawang merah, bawang putih, dan asparagus. Berikut beberapa sumbernya:

  • Pisang adalah sumber alami FOS yang lezat dan mudah diberikan kepada anak. Pisang dapat dimakan sebagai camilan atau dicampur ke dalam sereal atau yogurt.
  • Pada bawang dan asparagus, Moms dapat memasak atau mengolah sayuran ini dengan cara yang disukai Si Kecil, seperti menambahkannya dalam sup atau salad.

Moms juga dapat menemukan FOS dalam susu Morinaga Morigro. Susu ini mengandung FOS sebanyak 1,2 gram dalam tiap takaran sajinya, sehingga mampu memberikan sumber prebiotik bagi floral usus Si Kecil agar selalu sehat. Bahkan, Morinaga Morigro juga dilengkapi probiotik Bifidobacterium untuk menjaga kesehatan pencernaannya loh.

Nah, sekarang Moms sudah mengetahui peran FOS sebagai sumber serat yang baik untuk kesehatan pencernaan Si Kecil. Dengan manfaat besar FOS sebagai prebiotik, pencernaan Si Kecil akan lebih sehat dan lancar, sehingga Si Kecil akan merasa lebih nyaman dan menjadi lahap ketika makan.

Selain memberikan serat, ada beberapa cara lain yang dapat Moms coba di rumah agar meningkat nafsu makan  Si Kecil. Cari tahu di sini yuk: Cara Efektif Mengatasi Anak Susah Makan.

REFERENSI

  • Kusharto, C.M. (2006). Serat Makanan Dan Peranannya Bagi Kesehatan. Jurnal Gizi dan Pangan, 1(2), 45-54.
  • Medical News Today. (2018). Are fructooligosaccharides safe? Diakses tanggal 18 Oktober 2023. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319299
  • Sabila, F. (2012). Karakterisasi Frukto-Oligosakarida (FOS) dari Fermentasi Sukrosa oleh Penicillium notatum. Skripsi. FMIPA, Departemen Kimia, Universitas Indonesia.
Morigro mendukung program ASI Eksklusif