5 Makanan Tinggi Protein yang Cocok untuk Si Kecil

Ditulis oleh: Morigro
Makanan tinggi protein

Makanan tinggi protein umumnya berasal dari hewani, seperti daging, telur, dan susu. Namun, selain dari sumber tersebut, ada beberapa pilihan lain, contohnya kacang-kacangan, buah, dan sayuran. GroMoms dapat mengkombinasi beragam jenis makanan ini sehingga lebih mudah dalam mencukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan protein Si Kecil bisa berbeda-beda dan hal ini ditentukan berdasarkan usianya. Tugas GroMoms adalah memastikan kebutuhan tersebut tidak kurang dan tidak berlebihan. Untuk mengetahui berapa rekomendasi asupan harian dan sumber makanan yang tinggi protein, yuk baca artikel ini.

Kebutuhan Protein Harian untuk Anak Sesuai Usia

Inilah kebutuhan protein harian pada masing-masing kelompok usianya, menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia:

  • 1-3 tahun: 20 gram
  • 4-6 tahun: 25 gram
  • 7-9 tahun: 40 gram

Nampak ya, GroMoms, bahwa seiring bertambahnya usia, kebutuhan protein Si Kecil juga akan meningkat. Hal ini dipengaruhi karena aktivitas Si Kecil semakin meningkat sehingga anak-anak menggunakan lebih banyak nutrisi ini untuk menghasilkan kalori bagi pertumbuhan dan aktivitasnya sehari-hari.

Dengan mencukupi kebutuhan protein ini dalam jumlah yang tepat, maka manfaatnya bagi tubuh Si Kecil akan menjadi maksimal.

Makanan Tinggi Protein untuk Anak

Untuk memenuhi kebutuhan harian Si Kecil, GroMoms perlu mengetahui jumlah protein yang terkandung pada setiap makanan sehari-hari. Misalnya, telur, ikan, daging, tempe, atau produk susu. Seberapa banyak makanan-makanan tersebut memenuhi kebutuhan Si Kecil? Inilah penjelasan lengkapnya.

  1. Telur

Dalam 50-60 gram atau 1 butir telur, terkandung sekitar 6 gram protein, yang dapat memenuhi sekitar 15-30% kebutuhan harian Si Kecil. 

GroMoms tentu mudah menemukan telur ini di sekitar rumah Moms dan dapat mengolahnya menjadi berbagai macam masakan, misalnya telur rebus, telur orak-arik, dan telur dadar. GroMoms dapat menyajikannya sebagai lauk saat menghidangkan nasi atau mie goreng bagi Si Kecil. Adanya telur sebagai lauk ini tentu akan membuat menu makanannya mengandung nutrisi yang seimbang. 

  1. Daging

Dalam 100 gram daging ayam maupun sapi, terdapat antara 25-30 gram protein. Jumlah ini tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil setiap harinya.

GroMoms bisa mengolah daging-dagingan untuk dijadikan isian sup, dibakar, atau cukup dibumbui kecap yang tentunya disukai anak-anak. Selain ayam dan sapi, Si Kecil juga dapat memperoleh protein dari hewan lainnya yang juga menghasilkan daging, misalnya bebek atau kambing.

Jenis makanan ini termasuk yang paling direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan protein harian Si Kecil. Namun, GroMoms juga perlu memahami bahwa nutrisi yang perlu tercukupi pada Si Kecil haruslah seimbang sehingga makanan yang perlu dikonsumsi juga beragam. Nah, untuk GroMoms yang ingin tahu apa saja makanan sehat dan bergizi, lengkap mulai daging, buah, dan sayuran, yuk baca artikel ini: Makanan Kaya Nutrisi Ini Wajib Moms Berikan pada Si Kecil.

  1. Ikan

Di Indonesia, terdapat ikan-ikan yang dapat memenuhi antara 50-90% kebutuhan protein harian Si Kecil dan mudah ditemukan pada pusat perbelanjaan sekitar tempat tinggal GroMoms.

Inilah contoh-contoh jenis ikan dan kandungan proteinnya:

  • Tongkol: 20-25 gram protein/100 gram ikan.
  • Bawal: 15-20 gram protein/100 gram ikan.
  • Mujair: 15-20 gram protein/100 gram ikan.
  • Bandeng: 10-15 gram protein/100 gram ikan.
  • Lele: 10-15 gram protein/100 gram ikan.

GroMoms dapat mengolah ikan-ikan tersebut sesuai selera Si Kecil, misalnya dengan menggoreng atau membakarnya.

  1. Tempe

Dalam setiap 50 gram tempe, terdapat sekitar 15-20 gram protein. Tempe sendiri merupakan makanan olahan dari kacang kedelai.

Protein dari kedelai ini lebih baik daripada sumber-sumber makanan lainnya yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, karena lebih mudah diserap oleh tubuh loh, GroMoms. Dengan kemudahannya untuk diserap ini, asam amino esensial di dalam proteinnya juga lebih mudah dimanfaatkan oleh tubuh Si Kecil, sehingga juga lebih mampu mendukung pertumbuhan dan kesehatan Si Kecil.

  1. Kacang Almond

Dari jenis kacang-kacangan, almond termasuk salah satu pilihan makanan yang cukup tinggi kadar proteinnya. Dalam 1 ons (28.35 gram) kacang almond terdapat 6 gram protein. Selain itu, almond juga kaya akan nutrisi lainnya seperti serat, vitamin E, mangan, dan magnesium yang keseluruhan nutrisi baik untuk tubuh Si Kecil, terutama dalam menjaga kesehatan pencernaan dan daya tahan.

Almond juga kaya akan kalsium. Rata-rata dalam setiap 100 g kacang almond mengandung 264 mg kalsium. Itu artinya, menyajikan makanan ini, tak hanya membantu mencukupi kebutuhan nutrisi penting untuk tubuhnya, tetapi kesehatan tulangnya juga terjaga. Selain almond masih banyak lagi sumber kalsium yang bagus untuk Si Kecil. Ingin tahu informasi selengkapnya? Baca artikel ini yuk: Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Kesehatan Si Kecil

Sumber Protein yang Berasal dari Buah dan Sayuran

Selain dari beberapa makanan seperti telur, daging, dan ikan, protein juga bisa diperoleh dari beberapa jenis buah-buahan dan sayuran. Berikut beberapa alternatif sumber protein yang kadarnya cukup tinggi: 

  • Jambu biji
  • Alpukat
  • Nangka
  • Kiwi
  • Pisang
  • Jeruk
  • Asparagus
  • Brokoli
  • Bayam

GroMoms dapat menyajikan buah sebagai camilan untuk Si Kecil atau mengombinasikan sayuran dengan telur dan daging untuk diolah menjadi menu yang lezat dan bernutrisi tinggi.

Susu Tinggi Protein

Susu juga merupakan bahan pangan yang tinggi protein, terutama susu untuk pertumbuhan seperti Morinaga Morigro. Protein dalam produk susu ini tersusun dari 3 macam protein, yaitu protein whey (15%), kasein (68%), dan protein soya (17%). 

Setiap takaran saji Morinaga Morigro membantu memenuhi kebutuhan protein Si Kecil, dan kalori yang dihasilkan proteinnya sebesar 12% dari total kalori yang dibutuhkannya setiap hari. Jumlah 12% ini sesuai dengan rekomendasi WHO agar anak-anak dapat tumbuh dengan sehat ya, GroMoms. 

Morinaga Morigro juga membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil melalui 9 macam asam amino esensial yang dikandungnya. Dengan adanya asam amino esensial ini, sel-sel otot, tulang, dan otaknya akan bertumbuh dengan pesat, sehingga ia dapat meningkatkan berat badan, tinggi badan, dan juga kecerdasannya.

Masih banyak lagi nutrisi lainnya selain protein yang terkandung di dalam Morinaga Morigro ini ya, GroMoms. Morinaga Morigro didukung oleh berbagai macam nutrisi yang mampu merangsang nafsu makan Si Kecil dan mendukung tumbuh kembangnya, agar ia menjadi anak yang sehat dan kuat. Yuk, berkenalan lebih jauh lagi dengan produk ini di sini: Kandungan dan Manfaat Susu Morigro bagi Keseimbangan Gizi Anak

Referensi:

  1. Peraturan Menteri Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf. Diakses 17 Januari 2024
  2. DKP Jateng. Mengenal Kandungan Gizi pada Ikan. https://dkp.jatengprov.go.id/index.php/artikel/bidangpukp/mengenal-kandungan-gizi-pada-ikan. Diakses 17 Januari 2024
Morigro mendukung program ASI Eksklusif