Makanan Kaya Nutrisi Ini Wajib Moms Berikan pada Si Kecil

Morigro Desember 29, 2023
makanan kaya nutrisi

Di masa pertumbuhannya, Si Kecil memerlukan berbagai makanan kaya nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Tidak selalu harus berupa buah dan sayuran yang mahal, namun banyak jenis makanan bernutrisi tinggi dari bahan yang sering GroMoms temukan sehari-hari. Apa saja jenisnya? Simak berbagai sumber makanan berikut ini.

Sumber Makanan Kaya Nutrisi 

Ada banyak jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak-anak. Beberapa di antaranya bisa diproduksi sendiri oleh tubuh dan kebanyakan lainnya hanya bisa didapatkan dari asupan makanan dan minuman saja. Karena itulah, GroMoms perlu mengetahui rekomendasi sumber makanan yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil.

Makanan Tinggi Protein 

Protein punya banyak manfaat dalam tumbuh kembang Si Kecil. Tubuh Si Kecil membutuhkan protein yang memiliki banyak asam amino untuk pembentukan massa otot, kulit, kuku bahkan hingga menyehatkan sel-sel tubuhnya. Meskipun protein bisa diproduksi oleh tubuh, tapi hanya asam amino esensial yang justru hanya bisa didapatkan dari konsumsi makanan loh, GroMoms. 

Untuk memenuhi kebutuhan protein, GroMoms bisa memberikan Si Kecil makanan tinggi protein seperti daging sapi, daging ayam, ikan, kacang-kacangan, susu, serta olahan kedelai seperti tempe dan tahu. Tidak hanya protein, beberapa makanan tersebut juga kaya akan nutrisi lainnya, termasuk zinc, omega-3, dan vitamin. 

Buah-Buahan

Ada banyak sekali jenis buah yang punya berbagai manfaat berbeda-beda. Dengan kalori yang rendah, kebanyakan buah-buahan sudah mengandung serat, vitamin C, asam folat, dan potasium. Bahkan beberapa jenis buah juga mengandung nutrisi lain, seperti vitamin B6 dan magnesium pada pisang, vitamin E pada  buah naga, atau vitamin A, vitamin K, dan vitamin E pada mangga dan alpukat.

GroMoms bisa menjadikan buah-buahan ini sebagai camilan atau pelengkap sarapan dan makan siang. Karena jenisnya yang sangat beragam, GroMoms bisa melakukan variasi menu menggunakan jenis buah yang disajikan sehari-hari, misalnya dengan mengolahnya menjadi jus. 

Sayuran

GroMoms pasti sudah menyadari bahwa sayuran jadi makanan kaya nutrisi yang wajib dihadirkan dalam makanan sehari-hari Si Kecil. Jenisnya yang beragam juga membuat sayuran punya kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Kebanyakan sayuran mengandung serat, vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan folat. 

GroMoms bisa menyajikan makanan dengan bentuk, warna, dan tekstur yang berbeda-beda agar meningkatkan nafsu makan Si Kecil. Pastikan GroMoms mengolah sayuran dengan porsi dan cara yang tepat, ya, agar nutrisi di dalamnya tidak hilang.

Biji-Bijian 

Kelompok biji-bijian seperti popcorn tanpa gula, oatmeal, gandum, chia seed, beras merah, dan nasi ternyata punya nutrisi penting untuk Si Kecil loh, GroMoms. Dalam jenis biji-bijian ini terkandung karbohidrat, serat, lemak omega-3, dan protein yang bisa melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya. 

Namun, GroMoms perlu memperhatikan jumlah porsi penyajiannya, ya. Mengingat di dalamnya terdapat lemak, dan jika biji-bijian dikonsumsi terlalu banyak melebihi petunjuk penggunaan pada produknya, justru bisa membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. 

Susu dan Produk Olahannya

Si Kecil memerlukan kalsium dan nutrisi penting berupa protein dari susu untuk tumbuh kembangnya Selain kaya akan kalsium, susu serta olahannya juga mengandung protein penting yang tidak bisa diproduksi tubuh. Olahan susu yang bisa GroMoms berikan untuk Si Kecil agar mendapatkan berbagai manfaat tersebut di antaranya yaitu yoghurt dan keju. 

Pastikan untuk memilih susu dan olahannya yang rendah gula ya, GroMoms. Batasi juga konsumsi susu Si Kecil setiap hari sebanyak 2-3 gelas sehari. Dengan mengkonsumsi susu secara teratur dan sesuai dengan batas wajar, Si Kecil dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya secara optimal. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang peran susu dalam mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil di sini: Manfaat Minum Susu untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Jenis Makanan yang Harus Dibatasi untuk Anak 

Setelah mengetahui makanan kaya nutrisi apa saja yang wajib dikonsumsi anak, GroMoms juga perlu mengenali jenis makanan yang sebaiknya dibatasi konsumsinya. Jenis makanan berikut bukan tidak boleh dikonsumsi, tetapi ada baiknya untuk hanya sesekali saja memberikannya pada Si Kecil. 

Lemak Jenuh 

Lemak jenuh kebanyakan bisa didapatkan dari makanan yang berasal dari olahan hewani. Beberapa makanan seperti jenis-jenis daging merah, di antaranya daging sapi, domba, kambing, lalu mentega, piza, burger, kue, dan es krim punya kadar lemak jenuh yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak, Si Kecil dapat berisiko mengalami obesitas. 

Makanan dengan Zat Aditif 

Ada beragam jenis zat aditif ya, GroMoms. Contohnya seperti garam, gula, pemanis buatan, dan asam sitrat. Meskipun bisa membuat makanan semakin nikmat dan memperkaya rasa, namun jika digunakan dalam jumlah yang melebihi batas kandungan harian, penggunaan garam dan gula justru tidak baik untuk kesehatan Si Kecil. 

Mengingat begitu pentingnya vitamin dan mineral untuk tumbuh kembang anak, GroMoms bisa mulai memberikan makanan kaya nutrisi untuk asupan Si Kecil sehari-hari. Pertimbangkan juga nutrisi pelengkap dari susu pertumbuhan untuk mengoptimalkan pertumbuhannya, seperti Susu Morinaga Morigro yang bisa meningkatkan daya tahan Si Kecil agar tidak mudah sakit dan telah dilengkapi 14 vitamin dan 9 mineral. 

Tidak hanya itu, GroMoms bisa mendapatkan berbagai manfaat lain dari susu pertumbuhan satu ini. Mari baca kandungan dan manfaat selengkapnya dalam artikel berikut: Susu Morigro, Seimbangkan Gizi Si Kecil.

Referensi:

  • Raising Children. Healthy food for school-age children: the five food groups. Diakses tanggal 2 Desember 2023.
    https://raisingchildren.net.au/school-age/nutrition-fitness/daily-food-guides/school-age-food-groups . 
  • Mayo Clinic. Nutrition for kids: Guidelines for a healthy diet. Diakses tanggal 2 Desember 2023.
    https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/nutrition-for-kids/art-20049335 .
  • Healthline. 20 Healthy Fruits That Are Super Nutritious. Diakses tanggal 2 Desember 2023. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-fruit.
Morigro mendukung program ASI Eksklusif