Pentingkah Minyak Ikan dengan Omega-3 untuk Si Kecil?

Ditulis oleh: Morigro
omega 3 untuk sikecil

Minyak ikan banyak diberikan kepada Si Kecil karena mengandung omega-3, yaitu suatu asam lemak esensial yang menjadi nutrisi penting bagi otaknya. Nah, berapa sih dosis asam lemak ini yang diperlukan bagi anak-anak? Yuk, cari tahu jawabannya di sini.

Mengapa Si Kecil Memerlukan Omega-3 dalam Minyak Ikan?

Berikut penjelasan mengapa omega-3 penting untuk Si Kecill:

  • Meningkatkan kesehatan otak: Nutrisi ini membantu anak-anak belajar, mengingat, dan mengembangkan otak dengan baik. Selain itu juga membantu mencegah gangguan mood dan depresi pada mereka.
  • Penglihatan yang lebih baik: melindungi mata dari penyakit risiko sindrom mata kering.
  • Mengurangi Gejala ADHD: Nutrisi ini membantu mengurangi gejala attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) yang sering membuat Si Kecil sulit fokus, hiperaktif, dan impulsif. Omega-3 bisa membantunya lebih tenang dan fokus dalam beraktivitas.
  • Mengurangi asma: membantu mengurangi gejala asma, seperti sesak napas dan batuk. Ini membantu anak bernapas lebih mudah dan merasa lebih baik.
  • Meningkatkan kualitas tidur: membantu Si Kecil tidur lebih baik dengan mengurangi gangguan tidur.  
  • Nafsu makan meningkat: Anak yang mengonsumsi minyak ikan sesuai dosisnya akan membuatnya lebih lahap makan. Tentu saja pemberian minyak ikan ini masih perlu didukung dengan tindakan lainnya untuk meningkatkan nafsu makannya. Mari simak cara-cara lainnya untuk menambah nafsu makannya di sini: Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Biar Jadi Lahap

Dengan banyaknya manfaat omega-3 ini dan mudahnya mendapatkan asam lemak ini melalui minyak ikan, maka cukup banyak orang tua mempercayai minyak ikan untuk membantu anak mereka tumbuh dan berkembang dengan lebih pesat.

Dosis Omega-3

Berikut ini merupakan dosis harian Omega-3 yang direkomendasikan untuk anak-anak:

Usia AnakDosis Harian Omega-3 (gram)
1-3 tahun0,7
4-6 tahun0,9
7-9 tahun0,9

Moms, selain melalui minyak ikan, cara sehat yang bisa Moms lakukan untuk memberikan omega-3 ialah melalui susu yang telah diformulasikan dengan kandungan omega-3 dan minyak ikan juga, seperti susu Morinaga Morigro. 

Selain membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, susu ini juga bisa membantu meningkatkan nafsu makannya dan mencapai berat badannya yang ideal. Rasanya pun lezat, sehingga disukai anak-anak.

Selain omega-3 dan minyak ikan ini, susu Morigro juga mengandung berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang, seperti protein, kalsium, vitamin D, serat FOS, dan nutrisi penting lainnya. Mau tahu khasiat lengkapnya? Cek, yuk di sini: Susu Morigro, Seimbangkan Gizi Si Kecil.

REFERENSI

  • Healthline. Should Kids Take Omega-3 Supplements? Diakses tanggal 19 Oktober 2023. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-for-kids
  • KlikDokter. Minum Minyak Ikan Berlebihan Ternyata Punya Efek Samping Negatif. Diakses tanggal 19 Oktober 2023. https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/minum-minyak-ikan-berlebihan-ternyata-punya-efek-samping-negatif
  • KlikDokter. Kiat Memberikan Minyak Ikan pada Anak. Diakses tanggal 19 Oktober 2023. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/kiat-memberikan-minyak-ikan-pada-anak
  • Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
Morigro mendukung program ASI Eksklusif