Manfaat Protein, Apakah Bisa Meningkatkan Berat Badan Si Kecil?

Ditulis oleh: Morigro
Ditinjau oleh:
protein sebagai sumber energi bagi anak

Tahukah GroMoms? Protein memiliki manfaat untuk menjaga imun tubuh dan mendukung berat badan Si Kecil, lho. Itulah sebabnya mengapa GroMoms perlu memberikan banyak asupan protein bagi Si Kecil.Yuk, simak ulasan berikut karena dalam artikel ini akan menjelaskan bagaimana nutrisi ini dapat membantu GroMoms untuk menambah berat badan Si Kecil..

Apakah Protein Bisa Menambah Berat Badan Si Kecil?

Mengutip dari Science Direct, hasil riset yang dilakukan oleh beberapa peneliti dari Belanda menunjukkan bahwa mengonsumsi protein pada usia 1 tahun berdampak positif pada peningkatan tinggi dan berat badan pada 8 tahun kemudian.

Bagaimana itu bisa terjadi? Sebab, protein yang masuk ke dalam tubuh akan memicu keluarnya insulin dan hormon pertumbuhan lainnya, sehingga meningkatkan pertumbuhan massa otot serta lemak Si Kecil. Apabila massa otot dan lemak ini bertambah, maka berat badannya pun akan bertambah.

Manfaat Protein bagi Tubuh Si Kecil

Tidak banyak orang yang tahu bahwa protein ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh Si Kecil, seperti:

Membantu Pembentukan dan Regenerasi Sel-Sel Tubuh

Protein adalah molekul kompleks yang terdiri dari asam amino. Sebagian asam amino tertentu dalam protein memiliki fungsi untuk membentuk sel-sel tubuh, dan sel-sel ini diperlukan untuk fungsi tubuh sehari-hari.

Aktivitas tubuh secara alamiah juga akan menyebabkan kerusakan sel. Namun dengan cukupnya protein dalam tubuh, maka protein akan mampu memperbaiki sel yang rusak tersebut, sehingga sel tubuh tetap dapat berfungsi secara normal.

Sebagai Sumber Energi

Saat makanan yang mengandung protein ini masuk ke dalam tubuh, maka protein tersebut akan mengalami proses metabolisme yang mengubahnya menjadi energi. Sebagian energi digunakan untuk aktivitas tubuh Si Kecil sehari-hari, seperti bermain dan belajar.

Tidak hanya itu, energi ini juga dimanfaatkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi organ-organnya. Misalnya, organ lambung Si Kecil bekerja mencerna makanan dengan menggunakan energi dari protein. Selain itu paru-paru Si Kecil bekerja mengatur pernapasan juga memakai energi protein.

Mencegah Stunting

Sejak dalam masa kandungan, tubuh Si Kecil telah memerlukan protein untuk bertumbuh dan kebutuhan ini masih tetap berlanjut hingga ia lahir dan menjadi anak-anak. Apabila kebutuhan proteinnya tidak tercukupi dengan baik sejak masih dalam rahim, maka pada usia 2 tahun ia akan dapat jatuh pada keadaan stunting, yaitu kondisi yang ditandai dengan tinggi badannya kurang dari standar normal.

Untuk mencegah stunting, GroMoms dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein secara rutin sejak masa kehamilan dan menyusui, sekaligus selalu memasukkan protein dalam menu MPASI Si Kecil. Dengan terhindar dari stunting, tidak hanya pertumbuhannya yang optimal, tetapi perkembangannya juga pesat dan ia akan menjadi orang dewasa yang produktif.

Sumber Protein yang Sehat untuk Anak

GroMoms tidak perlu bingung mencari sumber protein yang baik untuk Si Kecil. GroMoms dapat memperoleh protein dengan mudah melalui makanan seperti telur ayam, yang setiap butirnya mengandung 6-7 gram protein. Telur ayam ini selain mudah dimasak, rasanya pun enak, sehingga Si Kecil pasti menyukainya.

Lebih banyak lagi protein dapat diperoleh pada daging sapi, yang dalam setiap porsi 50 gramnya mengandung antara 13-14 gram protein. Jumlah protein yang hampir sama dapat diperoleh juga pada ikan-ikanan seperti salmon dan tuna, yang mengandung antara 10-13 gram protein dalam setiap porsi 50 gramnya.

Protein juga mudah diperoleh dalam susu. Namun, tak selalu produk susu yang GroMoms temukan itu memiliki kandungantinggi protein. Karena itu, GroMoms perlu menyeleksi susu yang kandungan proteinnya cukup banyak dalam setiap takaran sajinya agar mampu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Untuk mendukung agar tumbuh kembang Si Kecil optimal, maka GroMoms perlu memastikan kebutuhan protein harian Si Kecil tercukupi. Nah tantangan GroMoms, umumnya muncul apabila ia mengalami penurunan selera makan. Jika dalam kondisi seperti ini, maka susu yang kaya protein bisamembantu mencukupi kebutuhan protein harian Si Kecil. Namun, bagaimana menemukan susu yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga sekaligus sesuai untuk diminum anak-anak? Yuk, temukan susu yang tepat bagi Si Kecil ini di sini: Susu Kaya Protein yang Bagus untuk Kesehatan Si Kecil.

Sumber:
Klik Dokter. Manfaat Protein untuk Tumbuh Kembang Anak. Diakses pada tanggal 6 April 2024. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/manfaat-protein-untuk-tumbuh-kembang-anak
Science Direct. Dietary Intake of Protein in Early Childhood Is Associated with Growth Trajectories between 1 and 9 Years of Age. Diakses pada tanggal 6 April 2024. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0022316623007812
Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Manfaat Ikan Laut. Diakses pada tanggal 6 April 2024. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2695/manfaat-ikan-laut

Morigro mendukung program ASI Eksklusif