Apakah Minum Susu Bisa Menambah Berat Badan Anak?

Morigro Maret 25, 2024
anak minum susu

Banyak yang bilang susu bisa menambah berat badan, sehingga seringkali disarankan untuk diberikan pada Si Kecil yang mengalami berat badan kurang. Namun adakah bukti ilmiah dari pernyataan tersebut? Apakah benar minum susu bisa menambah berat badan Si Kecil? Yuk, pelajari bukti di balik kebenaran kandungan susu dapat mendukung pertumbuhan berat badan Si Kecil dalam artikel ini. 

Peran Susu Terhadap Berat Badan Anak

Susu kaya kandungan protein, kalori, dan beragam nutrisi lainnya yang tak hanya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, tetapi juga berperan penting dalam penambahan berat badan Si Kecil. 

Menambah Jumlah Asupan Kalori Harian

Minum susu yang mengandung tinggi lemak dapat memberikan tambahan kalori ekstra pada Si Kecil. Di samping itu, kandungan protein dan nutrisi lainnya dalam susu ikut berperan memenuhi asupan hariannya. Apabila GroMoms ingin Si Kecil bertambah berat badan, maka penting untuk memberinya kalori ekstra dari makanan bergizi seperti susu.

GroMoms, menambah asupan kalori harian melalui susu lebih disarankan, dibanding memberikan makanan tinggi lemak dan makanan manis. Sebab, kandungan gizinya jauh lebih seimbang daripada makanan tinggi lemak seperti mie goreng, makanan yang digoreng, cake, jus kemasan, dan lainnya. 

Susu menjadi pilihan paling praktis dan terjangkau untuk banyak keluarga sebagai tambahan nutrisi yang mendukung pertumbuhan anak-anak. Oleh karena itu,susu menjadi bagian penting dari pola makan sehat bagi tumbuh kembang optimal Si Kecil. 

Meningkatkan Indeks Massa Tubuh

Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index ialah perhitungan berat dan tinggi badan pada manusia. Perhitungan tersebut diperlukan untuk mengetahui jika tubuh anak sudah tergolong ideal, berlebihan, atau justru kurang. 

Mengetahui IMT Si Kecil akan memudahkan GroMoms memantau keseimbangan berat badannya, sehingga tidak terjadi kelebihan atau bahkan kekurangan berat badan. Efeknya, kondisi kesehatan dapat tetap terjaga sebab berat badannya selalu terkontrol. Berat badan menjadi indikator utama adanya suatu masalah kesehatan. 

Sementara itu, kandungan kalori dan nutrisi pada susu dapat memenuhi asupan  gizi hariannya. Apabila kebutuhan gizi Si Kecil terpenuhi,maka dapat meningkatkan nilai IMT-nya . Dengan demikian, GroMoms tidak perlu khawatir lagi akan tumbuh kembang yang terlambat.

Mengurangi Risiko Berat Badan Kurang

Tahukah GroMoms? Indikator Si Kecil memperoleh asupan gizi baik serta tumbuh kembangnya ideal, yaitu jika setiap pertambahan usianya, bertambah pula berat badannya sesuai standar. Jika tubuhnya kekurangan nutrisi, maka Si Kecil berisiko mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh. 

Apabila sistem kekebalan tubuhnya terganggu, maka Si Kecil bisa  kekurangan energi dan mudah terserang penyakit. Hal ini juga menyebabnya proses penyembuhan akan semakin lama. 

Masalah lain yang timbul antara lain gangguan kognitif sepertinya misalnya sulit berkonsentrasi sehingga si kecil mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran di sekolah.

Nah, cara untuk meningkatkan berat badannya dapat dilakukan dengan memperhatikan nutrisi yang tepat dan seimbang. Mulai dari memberikan porsi kalori yang tepat dan memastikan asupan nutrisinya sesuai. Pemenuhan nutrisi antara lain dengan pemberian susu pertumbuhan yang diperkaya dengan zat gizi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan si kecil. 

Kandungan Nutrisi dalam Susu

Dilansir dari laman Healthline, para ahli beranggapan jika susu dapat membantu pertumbuhan masa kanak-kanak karena ragam nutrisi di dalamnya. Kandungan tersebut di antaranya protein, kalsium, DHA, zat besi, zinc, vitamin A, dan vitamin D. 

Protein ialah salah satu nutrisi esensial yang diperlukan tubuh dalam mendukung proses tumbuh kembang yang optimal. Sementara kandungan kalsium dan vitamin D memiliki peran utama meningkatkan kepadatan tulang serta mendukung percepatan kenaikan tinggi badan Si Kecil. 

Tidak hanya itu, kandungan vitamin dan mineralnya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Seluruh kandungan tersebut berperan penting untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil agar lebih optimal. 

Anjuran Jumlah Konsumsi Susu untuk Anak

Meskipun susu memiliki berbagai kandungan nutrisi, tetapi GroMoms harus tetap memberikan makanan bergizi seperti buah, sayur, daging, ikan, telur, dan lain-lain. Tujuannya agar pola makannya tetap terjaga dan seimbang. 

Dilansir dari Healthline, anak usia  diatas 1 tahun dapat direkomendasikan pemberian tambahan ASI seperti  susu pertumbuhan,  Rekomendasi harian pemberian susu pertumbuhan ialah 2 gelas sehari atau sekitar 500 ml   mL.

Apabila berat badan Si Kecil berada di bawah rata-rata anak seumurannya, sebaiknya GroMoms memberikan susu pertumbuhan sebagai alternatif meningkatkan berat badannya. Morinaga Morigro telah diperkaya akan vitamin, mineral, protein, serta minyak ikan yang membantu meningkatkan nafsu makannya sehingga anak lahap GROMAXimal. 

GroMoms, optimalkan tumbuh kembang Si Kecil dengan memberikan susu Morigro secara rutin ya. Untuk mengenal produk ini lebih dalam, baca artikel berikut yuk: Susu Pertumbuhan untuk Optimalkan Berat Badan Anak.

Referensi : 

  • Klik Dokter. Benarkah Minum Susu Bikin Orang Dewasa Mudah Gemuk? Diakses pada tanggal 19 Februari 2024. https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/benarkah-minum-susu-bikin-orang-dewasa-mudah-gemuk 
  • Healthline. Does Milk Help You Grow? Diakses pada tanggal 19 Februari 2024. https://www.healthline.com/nutrition/does-milk-help-you-grow 
  • NCBI. The Role of Milk on Children’s Weight Status: An Epidemiological Study among Preadolescents in Greece. Diakses pada tanggal 19 Februari 2024. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9319378/
  • Nature. Association between milk consumption and child growth for children aged 6–59 months. Diakses pada tanggal 19 Februari 2024. https://www.nature.com/articles/s41598-020-63647-8 
Morigro mendukung program ASI Eksklusif