Manfaat Minum Susu untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Ditulis oleh: Morigro
manfaat susu

Minum susu secara teratur bagi anak-anak dapat memberikan manfaat besar dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Hal ini karena susu mengandung nutrisi penting seperti protein, kalsium, dan vitamin yang mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak yang pesat. Selain itu, susu pertumbuhan anak yang baik juga diperkaya dengan minyak ikan yang memiliki manfaat tambahan dalam meningkatkan nafsu makan anak. Dengan mengkonsumsi susu secara teratur, Si Kecil dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya secara optimal. Yuk, cari tahu lebih lanjut bagaimana peran susu dalam mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

Kandungan Nutrisi Susu Pertumbuhan Anak 

Umumnya, susu pertumbuhan anak mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk:

  • Protein: Mendukung pertumbuhan otot dan jaringan tubuh.
  • Kalsium: Membantu dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat.
  • Vitamin D: Mendukung penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.
  • Zat Besi: Zat besi penting untuk membentuk sel darah merah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Asam Lemak Omega-3: Asam lemak ini mendukung perkembangan otak dan sistem saraf.
  • Vitamin dan Mineral Lainnya: Susu pertumbuhan diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, B kompleks, dan zinc untuk mendukung kesehatan umum.

Konsumsi susu pertumbuhan yang tepat dapat membantu memastikan anak mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan selama masa pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Manfaat Minum Susu untuk Tumbuh Kembang Anak

Ketahuilah GroMoms, asupan nutrisi pada makanan sehat yang diberikan kepadanya bisa jadi belum memenuhi kebutuhan idealnya. Oleh karena itu, susu pertumbuhan telah diformulasikan dengan nutrisi kompleks, sehingga dapat memenuhi kekurangan vitamin dan mineral tersebut. 

Lalu, bagaimana nutrisi pada susu berperan untuk mendukung tumbuh kembangnya? Simak penjelasan berikut ini yuk.

Mengoptimalkan Pertumbuhan Fisik

Tentu peranan utama susu pertumbuhan adalah mengoptimalkan pertumbuhan fisik Si Kecil. Oleh karena itu, terdapat kandungan kalsium dan protein. Kalsium berperan penting dalam proses pembentukan struktur gigi dan tulang. Sedangkan, protein berfungsi membentuk sel tubuh, serta membentuk otot.

Vitamin D yang terkandung dalam susu, dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium secara optimal, sehingga dapat menambah kekuatan tulang. Tak kalah penting, terdapat kandungan zinc dan vitamin A untuk meningkatkan tinggi badan, serta mencegah hambatan dalam pertumbuhan tubuhnya.

Terpenuhinya kebutuhan vitamin ini sangat penting, terutama untuk GroMoms yang khawatir dengan pertumbuhannya. Namun, selain itu GroMoms juga perlu mengenalkan aktivitas fisik yang tepat agar pertumbuhannya terstimulasi. Untuk pembahasan lengkap hal ini yuk baca: Cara menambah tinggi badan anak secara efektif.

Mengoptimalkan Kecerdasan Otak

Tak hanya pertumbuhan fisik, susu juga mengandung sejumlah nutrisi yang mendukung perkembangan otak secara optimal. Kandungan tersebut seperti Omega 3 dan 6, merupakan jenis asam lemak berperan meningkatkan kecerdasan dengan cara mengoptimalkan perkembangan saraf otak.

Selain itu, juga ada kandungan zat besi untuk melancarkan peredaran sel darah merah dalam tubuh. Nah, sel darah merah ini yang berperan penting untuk mengantarkan oksigen ke otak, sehingga tingkat konsentrasi dapat terjaga. Tahukah Moms, fungsi zat besi dalam susu ini tidak hanya sampai di sini saja. Mineral ini juga berperan penting dalam melawan infeksi dan membentuk energi. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini yuk: Fungsi Penting Zat Besi untuk Tubuh Si Kecil

Agar kesehatan otak dapat terjaga, maka ada juga kandungan kolin. Selain menjaga kesehatan, jenis mikronutrien ini juga berfungsi meningkatkan sinyal saraf sehingga memori otak dapat terjaga dengan baik.

Sebagai Sumber Energi

Susu mengandung karbohidrat yang berperan sebagai sumber energi. Kandungan karbohidrat tersebut tersimpan dalam bentuk laktosa. Tubuh akan menyerap dan mengubah nutrisi ini menjadi sumber energi. Proses tersebut melibatkan peranan enzim untuk memecah laktosa terlebih dahulu agar lebih mudah diserap. 

Menjaga Kesehatan Si Kecil

Kesehatan Si Kecil juga dapat terjaga dengan meminum susu secara rutin. Itu karena adanya kandungan prebiotik, probiotik, zinc, juga dilengkapi dengan vitamin A dan C. Vitamin-vitamin ini berperan penting dalam meningkatkan sistem imun dan mencegah penyakit menular masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan, prebiotik berupa serat pangan inulin dan probiotik atau bakteri baik berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaannya agar terbebas dari bakteri jahat maupun virus penyebab infeksi. Kandungan zinc-nya berperan efektif dalam proses penyembuhan dengan cara merangsang pembentukan sel imun.

Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi 

Minum susu mendukung pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat pada anak-anak. Susu adalah salah satu sumber utama kalsium dalam makanan, dan kalsium sangat penting untuk pengembangan tulang dan gigi yang kuat. 

Susu juga mengandung vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efektif. Kombinasi antara kalsium dan vitamin D dari susu sangat penting dalam memastikan bahwa pertumbuhan tulang dan gigi berjalan dengan optimal.

Namun, perlu dicatat juga bahwa sebagian susu sendiri juga dapat membuat gigi rusak karena mengandung terlalu banyak gula. Karena itu, Bunda perlu selektif untuk memilih susu yang hanya mengandung gula dalam jumlah sedikit. Mari simak contoh susu rendah gula di sini:  Susu Rendah Gula untuk Jaga Kesehatan Si Kecil

Membantu Pembentukan Sistem Kekebalan Tubuh

Susu mengandung vitamin A yang penting untuk pertumbuhan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kekebalan tubuh. Selain itu, susu juga menyediakan protein dan asam amino yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk sel-sel kekebalan. Protein dalam susu membantu tubuh dalam memproduksi antibodi dan enzim yang penting untuk melawan serangan penyakit.

Memiliki Efek Menenangkan 

Susu juga dikenal memiliki efek menenangkan pada anak-anak, terutama sebelum tidur. Hal ini terkait dengan kandungan triptofan, yang merupakan sejenis asam amino dalam susu. Triptofan merupakan prekursor untuk produksi neurotransmitter serotonin, yang dapat merangsang rasa kenyamanan dan mengurangi stres.

Mengonsumsi susu hangat sebelum tidur dapat membantu anak-anak merasa lebih rileks dan nyaman, yang pada gilirannya dapat memudahkan mereka tidur. Anak yang mendapatkan istirahat cukup dari tidur yang berkualitas akan memiliki pertumbuhan karena tubuh mereka dapat melakukan proses pemulihan dan regenerasi lebih baik.

Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Susu pertumbuhan anak yang diperkaya dengan minyak ikan memiliki manfaat tambahan dalam meningkatkan nafsu makan anak-anak. Minyak ikan, khususnya yang mengandung asam lemak omega-3, telah terbukti memiliki dampak positif pada nafsu makan anak. Asam lemak omega-3 membantu merangsang reseptor nafsu makan dalam otak dan memainkan peran penting dalam regulasi hormon-hormon yang terlibat dalam nafsu makan.

Manfaat nutrisi ini tak hanya itu saja ya Moms, masih banyak peran penting lainnya seperti mengoptimalkan perkembangan otak dan menjaga kesehatan. Untuk penjelasan lengkapnya, yuk baca artikel berikut: Pentingkah Minyak Ikan dengan Omega-3 untuk Si Kecil?

Selain itu, minyak ikan juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat mengakibatkan menurunkan nafsu makan anak-anak.

Oleh karena itu, susu pertumbuhan yang diperkaya dengan minyak ikan dapat membantu memperbaiki nafsu makan anak-anak, sehingga mereka dapat mengonsumsi nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Kapan Waktu Terbaik Anak Minum Susu?

Tidak ada waktu spesifik yang telah terbukti secara ilmiah sebagai waktu terbaik untuk minum susu dalam satu hari. Namun, GroMoms dapat memilih waktu yang paling tepat untuk memberikan susu kepada Si Kecil agar mendapatkan manfaat optimal. Panduan waktu terbaik untuk minum susu bagi Si Kecil berikut ini disarankan berdasarkan tujuannya untuk kesehatan.

Pertama, pada pagi hari, disarankan bagi Si Kecil untuk minum susu guna memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan. Minum susu di pagi hari memberikan Si Kecil kalori dan nutrisi yang cukup, seperti kalsium, fosfor, mineral lainnya, dan vitamin D yang penting. Asupan nutrisi yang cukup membantu Si Kecil tetap aktif sepanjang hari, memiliki energi untuk aktivitas kognitif dan fisik, serta membantu pertumbuhan tubuh yang optimal.

Kedua, menurut penelitian yang dilakukan oleh Friedman (2018), minum susu 2 jam sebelum tidur dapat membantu melengkapi asam amino tryptophan dalam tubuh. Asam amino ini membantu merangsang otak untuk memproduksi hormon peningkat kantuk yang membantu Si Kecil untuk rileks dan tidur lebih nyenyak. Selain itu, minum susu sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur yang penting untuk perkembangan tubuh anak karena penyerapan kalsium oleh tubuh Si Kecil paling efektif saat tidur.

Bolehkah Minum Susu Setiap Hari?

Umumnya, Si Kecil boleh minum susu setiap hari karena susu merupakan minuman sehat yang kaya akan nutrisi penting seperti kalsium, protein, lemak, serta vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun, pemberian susu pada anak perlu memperhatikan aturan tertentu, seperti tidak memberikannya secara berlebihan. Berikut rekomendasi harian susu bagi anak-anak yang dilansir dari laman Healthy Children.

  • Untuk anak usia 12-24 bulan, panduan umumnya adalah minum 2 – 3 gelas susu per hari.
  • Untuk anak usia 2-5 tahun, panduan umumnya adalah minum 2 – 2½ gelas susu per hari.
  • Untuk anak-anak di atas usia 5 tahun, rekomendasi harian adalah minum 2½ gelas susu hingga usia 8 tahun, dan kemudian 3 gelas susu untuk usia 9-18 tahun.

Pedoman ini membantu untuk memastikan bahwa Si Kecil mendapatkan asupan susu yang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangannya. Namun, penting untuk diingat bahwa rekomendasi ini dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti kondisi kesehatan individu dan preferensi makanan anak. 

GroMoms, susu Morigro mengandung nutrisi kompleks yang berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang dan meningkatkan nafsu makan anak. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya juga dapat memaksimalkan kecerdasan otaknya. Selain itu, nutrisi-nutrisi tersebut juga meningkatkan sistem daya tahan tubuhnya. Simak kandungan nutrisi komplek Morigro di sini yuk: Susu Morigro, Seimbangkan Gizi Si Kecil.

Referensi:

  • Morinaga Soya. Waktu Terbaik Minum Susu Untuk Si Kecil. Diakses pada tanggal 21 Desember 2023. https://morinagasoya.com/id/blog/bunda–ini-waktu-terbaik-minum-susu-untuk-si-kecil
  • Healthy Children. Recommended Drinks for Children Age 5 & Younger. Diakses pada tanggal 21 Desember 2023. https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/Recommended-Drinks-for-Young-Children-Ages-0-5.aspx
  • MyPlate.gov. What foods are included in the Dairy Group?. Diakses pada tanggal 21 Desember 2023. https://www.myplate.gov/eat-healthy/dairy 
Morigro mendukung program ASI Eksklusif