Contoh Kecerdasan Intelektual yang Dapat Dikenali Sejak Dini

dr. Dewi Virdianti Pangastuti
Ditulis oleh: Morigro
Ditinjau oleh:
contoh kecerdasan intelektual

Apakah GroMoms pernah menyaksikan Si Kecil dengan pintarnya menyelesaikan teka-teki atau memberikan suatu pernyataan yang kritis? Itu merupakan contoh kecerdasan intelektual yang telah berkembang. Kecerdasan intelektual adalah kemampuan untuk berpikir logis, kritis, memecahkan masalah, serta menunjukkan kreativitas, dan Moms dapat mengenalinya sejak ia masih berusia dini. Yuk, cari tahu lebih banyak contoh yang menunjukkan bahwa kecerdasan intelektualnya telah berkembang di sini. 

Kemampuan Berpikir Kritis dan Logis

Salah satu indikator yang menunjukkan kecerdasan intelektual pada Si Kecil adalah kemampuan berpikir kritis dan logis. Kemampuan ini membantunya menganalisis informasi yang ia terima dan membuat keputusan yang rasional. Contohnya bisa terlihat dari kemampuan untuk menyelesaikan permainan puzzle dengan cepat.

Contoh lainnya yaitu ketika Si Kecil sering menanyakan hal-hal yang mendalam. Misalnya, ia sering bertanya mengapa daun berwarna hijau, atau mengapa langit menjadi gelap saat malam hari. Hal Ini menunjukkan bahwa ia dapat berpikir secara kritis.

Agar kemampuan berpikir kritis dan logis ini semakin berkembang, GroMoms bisa mengajaknya untuk aktif berdiskusi saat membacakan sebuah cerita, atau berpartisipasi dalam melakukan analisis. Selain itu, ajak juga Si Kecil untuk bermain permainan yang membutuhkan strategi, seperti catur dan ular tangga. 

Keterampilan Memecahkan Masalah

Kecerdasan intelektual Si Kecil juga terlihat ketika ia bisa memecahkan sebuah masalah. Keterampilan ini membuatnya mampu menghadapi tantangan dengan cara yang kreatif dan efektif. Hal ini akan melatihnya untuk bisa melihat permasalahan yang dijumpai dari berbagai sudut pandang. 

Contohnya adalah ketika ia menyelesaikan permainan teka-teki. Anak-anak dengan keterampilan pemecahan permasalahan yang baik akan menggunakan berbagai pendekatan untuk menyelesaikannya. Selain itu, ia juga bisa menyelesaikan konflik yang terjadi dengan temannya tanpa memerlukan bantuan orang dewasa.

Mengembangkan keterampilan memecahkan masalah pada Si Kecil dapat dilakukan dengan memberikan permainan teka-teki sederhana, seperti menyusun balok kayu atau kepingan gambar. 

Menunjukkan Kreativitas yang Kuat

Kreativitas merupakan aspek penting dari kecerdasan intelektual karena berhubungan dengan perkembangan emosional dan sosial. Si Kecil yang kreatif biasanya cenderung mampu untuk mengekspresikan dirinya.

Contoh kreativitas yang dapat ditemukannya adalah kemampuannya membuat gambar atau cerita yang mendetail. Ia juga mampu menggunakan barang sehari-hari sebagai mainannya, seperti menyusun pulpen dan penggaris menjadi sebuah pesawat.

GroMoms dapat membantu mengasah kreativitasnya dengan cara mengajaknya melakukan kegiatan seni, seperti melukis. Biarkan ia mencoba berbagai kegiatannya sendiri tanpa perlu dibatasi.

Untuk mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil, penting untuk memenuhi asupan Omega-3 dan DHA melalui makanan dan susu pertumbuhan. Pastikan susu pertumbuhan yang GroMoms pilih mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral, seperti susu Morinaga Morigro. Yuk GroMoms, kenali lebih jauh mengenai susu pertumbuhan tersebut di sini: Kandungan dan Manfaat Susu Morigro Bagi Keseimbangan Gizi Anak.

Referensi: 

  • Synaptic Potential. Creativity. Is Your Intelligence Having Fun? Diakses 27 Juli 2024. https://synapticpotential.com/creativity/creativity/
  • Code Wizards HQ. Ways to Develop Logical Reasoning for Kids. Diakses 27 Juli 2024. https://www.codewizardshq.com/logical-reasoning-for-kids/
  • The Family Centre. How to Teach Problem-Solving Skills to Your Child: A Guide for Every Age. Diakses 27 Juli 2024. https://www.familycentre.org/news/post/how-to-teach-problem-solving-skills-to-your-child-a-guide-for-every-age
Morigro mendukung program ASI Eksklusif