7 Manfaat Minyak Ikan untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Ditulis oleh: Morigro
Manfaat Minyak Ikan untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Minyak ikan berasal dari ekstraksi jaringan lemak ikan, terutama ikan laut seperti tuna, teri, dan makarel. Kandungan penting dalam nutrisi ini adalah omega-3. Adanya kandungan inilah yang membuat minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil, seperti meningkatkan nafsu makan, kecerdasan, dan mencegah penyakit.

Meskipun minyak ikan memiliki manfaat penting, perlu dicatat bahwa pemberian nutrisi ini harus sesuai dengan anjuran. Karena jika berlebih, malah akan mengakibatkan efek samping. Untuk GroMoms yang ingin tahu ulasan lengkapnya, yuk baca artikel ini.

Manfaat Minyak Ikan untuk Si Kecil

Minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil mulai dari mengurangi gangguan kesehatan hingga meningkatkan kualitas tidur. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Mengurangi Gejala ADHD

ADHD adalah kondisi perilaku yang ditandai dengan kurangnya perhatian, hiperaktif, dan impulsif. Dikutip dari Healthline, anak dengan ADHD memiliki kadar asam lemak omega-3 yang lebih rendah dalam darahnya. Dengan mengonsumsi minyak ikan dapat membantu meningkatkan fokus serta mengurangi hiperaktivitas dan impulsivitas pada Si Kecil.

  1. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respon alami tubuh terhadap infeksi dan kerusakan. Minyak ikan dapat mengurangi peradangan kronis, yang berpotensi memicu penyakit jantung dan kanker saat Si Kecil dewasa.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat. Omega-3 membantu mengurangi risiko beberapa penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1 atau lupus. 

  1. Mengurangi Asma pada Si Kecil

Asma adalah penyakit paru-paru kronis yang dapat menyebabkan batuk, sesak napas, dan mengi. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi risiko asma pada Si Kecil.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Sendi

Minyak ikan membantu meningkatkan kekuatan tulang dan sendi Si Kecil yang sedang aktif. Ini karena kandungan asam lemak dapat meningkatkan penyerapan kalsium yang diperlukan untuk memperkuat tulang. Selain itu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada sendi.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Minyak ikan dapat membantu meningkatkan tidur yang berkualitas. Tidur yang baik adalah salah satu dasar kesehatan optimal. Dilansir dari Healthline, kadar asam lemak omega-3 yang rendah berkaitan dengan masalah tidur pada anak.

Asam lemak dalam minyak ikan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan ya, Bunda. Namun, pada anak-anak tertentu, mengonsumsinya melebihi dosis semestinya dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan.

Efek samping ini misalnya berkurangnya kemampuan pembekuan darah dalam tubuhnya, sehingga anak tersebut menjadi mudah mimisan. Mengonsumsinya melebihi dosis juga dapat menyebabkan pencernaannya terganggu, misalnya menjadi diare.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Secara tidak langsung, minyak ikan juga mampu mendukung tumbuh kembang karena kemampuannya meningkatkan asupan nutrisi-nutrisi yang mendukung proses tumbuh kembang tersebut. Meningkatnya asupan nutrisi tersebut disebabkan peningkatan nafsu makan anak yang juga merupakan efek dari kerja minyak ikan pada bagian otak yang mengatur selera makan. Mari simak bagaimana minyak ikan ini meningkatkan nafsu makan di sini: Minyak Ikan sebagai Penambah Nafsu Makan Anak-anak.

Dosis Minyak Ikan untuk Anak

Belum ada rekomendasi dosis yang menyebutkan secara spesifik kebutuhan minyak ikan untuk anak per harinya. Namun, terdapat rekomendasi terkait asupan omega-3, dimana nutrisi ini merupakan kandungan utama di dalam minyak ikan. Berikut anjurannya:

  • 0–12 bulan: 0,5 gram
  • 1–3 tahun: 0,7 gram
  • 4–8 tahun: 0,9 gram
  • 9–13 tahun (perempuan): 1 gram
  • 9–13 tahun (laki-laki): 1,2 gram

Untuk Si Kecil usia 0-12 bulan, asupan omega-3 sebenarnya bisa diperoleh dengan mengonsumsi ASI.

Susu yang Mengandung Minyak Ikan

Daripada memberikan suplementasi minyak ikan, lebih baik mencukupi kebutuhan nutrisi omega-3 Si Kecil lewat susu pertumbuhan yang minim efek samping. Susu pertumbuhan telah diformulasikan khusus untuk anak, sehingga dosisnya tepat. Keuntungannya didapat dari rasanya yang lebih lezat dibandingkan suplementasi yang terkadang terasa aneh di lidah anak.

Selain itu, mengonsumsi susu pertumbuhan secara teratur juga akan melengkapi nutrisi harian Si Kecil, sebab menyediakan protein, kalsium, vitamin D, zat besi, dan nutrisi esensial lain yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Dosis yang sesuai dan asupan gizi yang seimbang telah dipertimbangkan dalam formulasi susu pertumbuhan, sehingga aman dan tidak perlu khawatir menakar dosis yang tepat. Susu pertumbuhan juga menjadi solusi praktis untuk anak yang kurang berselera makan karena kandungan minyak ikannya. Mau tahu rekomendasi susunya? Cek di sini yuk: Susu Morigro, Seimbangkan Gizi Si Kecil.

REFERENSI

  • Healthline. 17 Science-Based Benefits of Omega-3 Fatty Acids. Diakses tanggal 23 Oktober 2023. https://www.healthline.com/nutrition/17-health-benefits-of-omega-3
  • KlikDokter. Minum Minyak Ikan Berlebihan Ternyata Punya Efek Samping Negatif. Diakses tanggal 23 Oktober 2023. https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/minum-minyak-ikan-berlebihan-ternyata-punya-efek-samping-negatif
Morigro mendukung program ASI Eksklusif