Minyak Ikan sebagai Penambah Nafsu Makan Anak-anak

Morigro November 24, 2023
nafsu makan anak

Si Kecil kurang nafsu makan? Tentu GroMoms cukup pusing ketika ia mulai menolak hidangan yang Moms siapkan. Segala menu telah dimasak, tetapi ia tetap tidak mau menyentuhnya. Untuk mengatasi kondisi ini, Moms bisa memberikan minyak ikan. Tahukah Moms, ternyata minyak ikan bisa berfungsi sebagai penambah nafsu makan Si Kecil, loh. Bagaimana cara kerjanya? Yuk simak penjelasannya di sini.

Kaitan Antara Minyak Nafsu Makan dan Tumbuh Kembang Si Kecil

Nafsu makan yang rendah dapat memberikan dampak yang signifikan pada pertumbuhan Si Kecil. Kurangnya asupan kalori dan nutrisi yang cukup dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan fisik serta kognitifnya. Dalam hal ini, minyak ikan, yang kaya akan asam lemak omega-3, dapat menjadi sumber nutrisi yang berguna untuk meningkatkan selera Si Kecil.

Nah, salah satu sumber nutrisi yang kaya omega-3 yang dapat Moms sajikan, dapat ditemukan dalam susu Morinaga Morigro. Susu ini diformulasikan dengan tepat untuk membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil dan mendukung pertumbuhan yang sehat.

Manfaat Minyak Ikan 

Pemberian minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 terbukti telah banyak dilakukan di negara Asia Tenggara dalam upaya untuk meningkatkan nafsu makan anak. Hasil studi yang diterbitkan di PharmaNutrition menunjukkan realita mengapa asupan zat gizi ini menjadi pilihan terbaik:

  • Kualitas hidup anak. Orang tua cenderung memberikan omega-3 kepada anak-anak untuk memastikan kualitas hidup yang lebih baik. Ini karena setiap orang tua berharap pemberian omega-3 dapat memberikan manfaat tambahan bagi Si Kecil, terutama dalam hal perkembangan dan kesehatan.
  • Pendidikan orang tua. Anak-anak dari orang tua yang lebih terpelajar cenderung mengonsumsi omega-3 secara teratur. Hal ini terjadi karena orang tua yang lebih terdidik mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk terpapar informasi dan memahami manfaat dari nutrisi ini.
  • Pandangan orang tua: Pandangan orang tua tentang produk omega-3 berperan penting dalam keputusan untuk memberikan nutrisi ini kepada Si Kecil. Orang tua yang mengetahui bahwa khasiat nutrisi ini didukung oleh penelitian, aman, dan alami lebih cenderung untuk menggunakannya. Ini menunjukkan bahwa persepsi keamanan dan keberhasilan produk untuk mencapai tujuan nutrisi bagi anak-anak, merupakan faktor yang memengaruhi keputusan orang tua.
  • Umpan balik sosial. Orang tua yang mendapatkan umpan balik positif dari lingkungan sosialnya tentang khasiat omega-3 lebih berpotensi memberikan nutrisi ini kepada Si Kecil. Ini menunjukkan pengaruh teman, keluarga, atau lingkungan sosial dalam pengambilan keputusan orang tua.

Studi Kasus Terkait Omega yang Terdapat dalam Minyak Ikan

Studi yang diterbitkan di Asia Pacific journal of clinical nutrition, menunjukkan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 memiliki dampak positif pada nafsu makan, asupan kalori, serta pertambahan massa otot lengan atas. Ini karena omega-3 memiliki sifat anti inflamasi serta mempengaruhi sistem saraf pusat yang berfungsi mengatur nafsu makan. Berikut daftar manfaatnya:

  • Peningkatan nafsu makan. Studi ini menemukan bahwa anak-anak yang menerima suplementasi minyak ikan mengalami peningkatan nafsu makan yang signifikan. Ini menunjukkan peran asam lemak omega-3 yang berdampak positif pada regulasi selera Si Kecil.
  • Penambahan kalori dan protein: Anak dalam kelompok yang menerima suplementasi minyak ikan juga menunjukkan peningkatan asupan kalori dan protein. Ini adalah indikasi bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu Si Kecil untuk mengonsumsi lebih banyak hidangan, yang berpengaruh pada peningkatan asupan kalori dan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan.
  • Pertambahan massa otot lengan atas. Hasil studi juga menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi minyak ikan mengalami peningkatan massa otot lengan atas yang signifikan. Peningkatan ini adalah tanda pertumbuhan atau pemulihan massa otot, yang dapat dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan dan asupan nutrisi yang mencukupi.

Morinaga Morigro, Susu yang Mengandung Minyak Ikan

Morinaga Morigro adalah produk susu yang diperkaya dengan berbagai nutrisi penting untuk meningkatkan nafsu makan Si Kecil, membantunya mendapatkan berat badan yang ideal, serta mendung tumbuh kembangnya. Produk ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Diperkaya dengan kandungan minyak ikan, sehingga memberikan manfaat nutrisi dari omega-3. Zat gizi ini memiliki beragam manfaat kesehatan, termasuk mendukung perkembangan otak dan sistem saraf.
  • Tanpa efek samping. Keunggulan lainnya ialah adalah memberikan manfaat minyak ikan tanpa efek samping. Beberapa anak mungkin mengalami masalah pencernaan, bau mulut, atau rasa tidak enak setelah mengonsumsi suplemen minyak ikan. Morinaga Morigro dapat menjadi alternatif yang lebih mudah dicerna tanpa efek samping tersebut.
  • Nutrisi lain yang mendukung pertumbuhan. Selain minyak ikan, Morinaga Morigro juga mengandung nutrisi lain yang mendukung pertumbuhan Si Kecil. Produk ini dilengkapi dengan kalsium, vitamin D, protein, dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk perkembangan dan pertumbuhan yang sehat pada Si Kecil.

Morinaga Morigro adalah solusi nutrisi yang menyediakan manfaat minyak ikan yang kaya akan omega-3, tanpa efek samping. Selain itu juga memberikan nutrisi tambahan yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga menjadikannya pilihan terbaik sebagai nutrisi yang seimbang untuk Si Kecil. Mengapa sih harus Morigro? Cek selengkapnya yuk: Kandungan dan Manfaat Susu Morigro Bagi Keseimbangan Gizi Anak

Referensi:

  • National Library of Medicine. Fish oil supplementation is beneficial on caloric intake, appetite and mid upper arm muscle circumference in children with leukaemia. Diakses tanggal 23 Oktober 2023. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23017308/PharmaNutrition. 
  • Science Direct. Sociodemographic factors and parental views associated with use of an omega-3 supplement for their children. Diakses tanggal 23 Oktober 2023. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2213434422000020
Morigro mendukung program ASI Eksklusif