Kenali Penyebab Berat Badan Anak Susah Naik dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Morigro
Penyebab berat badan susah naik

GroMoms sudah memberikan Si Kecil makanan secara rutin, tapi bobotnya belum bertambah juga? Ada beberapa alasan kenapa berat badan anak-anak cenderung susah naik sejak mereka bukan bayi lagi. Meskipun setiap anak memiliki pola pertumbuhan yang unik, terdapat faktor-faktor tertentu yang diketahui dapat menyulitkan Si Kecil memperoleh berat yang ideal. Yuk, cari tahu alasan kesulitan peningkatan berat tersebut di sini.

Penyebab Berat Badan Susah Naik

Ada banyak kondisi yang dapat menjadi penyebab berat badan anak susah naik, antara lain yaitu:

Makan Terlalu Sedikit

Makan sedikit dapat diartikan sebagai mengonsumsi porsi makan yang lebih kecil dari yang seharusnya. Pada anak-anak, kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti keterlambatan perkembangan dan Si Kecil yang pilih-pilih makanan (picky eater).

Tak hanya itu, anak yang makan terlalu sedikit juga kemungkinan mengalami kondisi yang memengaruhi mereka dalam menelan, misalnya sedang tumbuh gigi, sariawan, atau memang mengalami penyakit autisme yang menyulitkannya untuk menggerakkan rahang.

Intoleransi Makanan

Kemungkinan penyebab yang juga membuat Si Kecil kesulitan meningkatkan berat badannya ialah intoleransi makanan, yang bermakna kesulitan penderita untuk mencerna suatu zat dari makanan/minuman tertentu. Umumnya gangguan ini dapat menimpa 20% anak-anak, sedangkan 80% anak lainnya masih dapat mencerna makanan tersebut.

Intoleransi ini menyebabkan tubuh gagal menyerap nutrisi dengan cukup, sehingga mengurangi energi yang dihasilkannya untuk metabolisme pertumbuhan. Akibatnya, berat badannya pun sulit naik. Beberapa jenis intoleransi makanan ini antara lain yaitu intoleransi laktosa dan intoleransi gluten.

Masalah Kesehatan

Kondisi kesehatan yang tidak optimal dapat memengaruhi metabolisme tubuh dan penyerapan nutrisi, sehingga berdampak pada berat badan Si Kecil yang sulit naik. 

Misalnya, anak-anak yang memiliki masalah kesehatan pada jantung, paru-paru, atau sistem endokrin, mungkin membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan dengan anak-anak lain. Padahal, sebagian anak-anak seperti ini kesulitan untuk memperoleh kalori secara cukup.

Tidak Mendapat Cukup Sumber Kalori

Hampir 90% penyebab berat badan anak susah naik ialah tidak mendapatkan sumber kalori yang cukup. Tidak cukupnya sumber kalori ini bisa terjadi saat Si Kecil tidak tertarik untuk makan karena berbagai alasan, atau mungkin GroMoms juga belum memahami berapa banyak kalori yang sebenarnya dibutuhkan oleh Si Kecil untuk menambah berat badannya. Untuk GroMoms yang ingin tahu berapa kebutuhan kalori Si Kecil, yuk baca artikel ini: Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian Anak

Cara Meningkatkan Berat Badan Anak

Banyak ibu berpikir, menambah berat badan seharusnya mudah bagi anak-anak, namun kenyataannya tidak selalu demikian. Dalam hal ini, GroMoms harus tahu bagaimana cara meningkatkan berat badan Si Kecil dengan cara-cara yang sehat, seperti:

Terapkan Pola Makan Sehat Bergizi Lengkap

Pertama, pastikan Si Kecil mendapatkan asupan sumber kalori yang cukup dari makanan yang kaya akan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, sayuran, dan buah-buahan. Kemudian, berikan juga makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging, telur, dan kacang-kacangan. 

GroMoms juga bisa memberikan camilan sehat di antara waktu makan utama, seperti yoghurt, buah-buahan, atau kacang-kacangan. Perlu diingat, usahakan untuk membatasi Si Kecil dalam mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak jenuh ya, GroMoms. 

Cukupi Kebutuhan Tidur

Meski terdengar sepele, menjaga kecukupan tidur Si Kecil ternyata merupakan cara penting untuk mendorong Si Kecil mencapai angka timbangan yang ideal. Dengan tidur yang cukup, Si Kecil diketahui akan memiliki nafsu makan yang baik dan metabolisme yang sehat, sehingga dapat membantu mereka mencapai berat yang ideal.

Ajak Anak Bergerak

Dengan aktif bergerak, Si Kecil akan membakar energi dan merasa lapar, sehingga cenderung makan lebih banyak. Selain itu, bergerak juga dapat membantu Si Kecil untuk membentuk otot dan meningkatkan nafsu makan. 

Pada kesimpulannya, mengajak Si Kecil bergerak akan membantunya untuk memiliki pola hidup aktif, sehingga berpotensi menaikkan angka timbangannya..

Berikan Sumber Kalori Tambahan

Kalori merupakan energi yang diperlukan tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karenanya, Si Kecil yang mengalami kesulitan menaikkan angka timbangan mungkin memerlukan asupan sumber kalori tambahan untuk memenuhi kebutuhan energinya. 

Meski demikian, penting untuk memastikan bahwa kalori tambahan yang diberikan berasal dari makanan yang penuh nutrisi. Sebab, yang terpenting bukanlah angka timbangan semata, melainkan memastikan Si Kecil tetap sehat. 

Adapun beberapa cara yang bisa GroMoms lakukan untuk memberikan sumber kalori tambahan antara lain dengan menambah porsi makanan, memberikan camilan sehat di antara waktu makan utama, dan memberikan minuman tinggi kalori, seperti susu yang memiliki kandungan minyak ikan. Minyak ikan dipercaya dapat membantu menambah nafsu makan

Selain berguna sebagai sumber kalori dan menambah nafsu makan, susu juga mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, lemak, dan karbohidrat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Oleh karenanya, memberikan susu secara teratur dapat membantu Si Kecil untuk mendapatkan tambahan energi yang dibutuhkan guna tumbuh kembangnya. 

Namun, pastikan GroMoms memilih susu yang mengandung lemak dan gula alami, ya. Yuk, lihat contoh susunya di sini: Susu Penambah Berat Badan Anak Usia 1 Tahun ke Atas.

Referensi:

  • Cleveland Clinic. 10 Possible Reasons Why Your Child Isn’t Growing. Diakses tanggal 1 Desember 2023.
    https://health.clevelandclinic.org/10-possible-reasons-why-your-child-is-not-growing /.
  • Kids Health. Failure to Thrive. Diakses tanggal 1 Desember 2023.
    https://kidshealth.org/en/parents/failure-thrive.html
Morigro mendukung program ASI Eksklusif