Cara Mencegah Karies Gigi pada Si Kecil

Ditulis oleh: Morigro
karies gigi pada anak

Karies gigi pada Si Kecil berawal dari kebiasaan mengonsumsi makanan manis. Gejala awal ditandai dengan bintik-bintik putih pada gigi yang lama-kelamaan akan menimbulkan lubang. Ketika karies sudah terjadi, maka ia bisa mengalami nyeri dan infeksi pada gusinya. Untuk GroMoms yang ingin Si Kecil terhindar dari masalah ini, yuk, baca artikel berikut ini.

Apa Itu Karies Gigi?

Karies merupakan istilah yang digunakan untuk mendefinisikan kerusakan pada lapisan terluar gigi dan dapat menyebabkan timbulnya lubang. Kondisi ini banyak terjadi pada balita dan perlu diwaspadai sejak giginya mulai tumbuh. 

Karies dan gigi berlubang merupakan dua kondisi yang berbeda, tetapi keduanya saling berkaitan erat. Karies adalah tahapan awal dalam proses kerusakan yang disebabkan oleh aktivitas bakteri dalam mulut. Proses ini dimulai dengan rusaknya lapisan terluar enamel gigi dan berkembang ke lapisan tengah, hingga akhirnya mencapai akar. Prosesnya dapat berlanjut hingga menimbulkan lubang jika tidak segera diatasi.

Sedangkan gigi berlubang adalah hasil akhir dari perkembangan karies. Ini terjadi ketika kerusakan telah mencapai titik di mana telah muncul lubang. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa sakit, sensitivitas, atau bahkan masalah lain seperti infeksi.

Kondisi gigi berlubang dan rasa sakit yang diakibatkannya bisa menjadi pemicu Si Kecil sulit makan. Untuk mengetahui tips pencegahan terbaiknya, yuk, baca artikel berikut: Penyebab Gigi Berlubang Bikin Si Kecil Susah Makan.

Penyebab Karies Gigi pada Si Kecil

Karies gigi bisa disebabkan karena beberapa faktor. Pertama adalah konsumsi gula yang berlebihan dari makanan dan minuman yang tinggi gula. Kondisi ini justru menjadikan bakteri dalam mulut berkembang dan kemudian mengubah gula menjadi asam. Asam inilah yang dapat merusak enamel jika gigi tidak dibersihkan dengan rutin. Si Kecil yang tidak menyikat giginya dengan baik juga akan lebih rentan terhadap karies.

Kemudian ada juga faktor genetik. Ketika ada riwayat karies dalam keluarga, Si Kecil akan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya juga. Kekurangan fluoride atau mineral yang membantu melindungi gigi dari kerusakan bisa jadi penyebabnya. Penggunaan pasta yang mengandung fluoride dan pemeriksaan rutin sangat penting untuk kesehatannya.

Terakhir adalah kekurangan kalsium. Akibat kurangnya asupan mineral ini, maka gigi menjadi kurang padat, sehingga mudah menjadi keropos oleh gula. 

Sebetulnya, kekurangan asupan kalsium ini dapat dicegah dengan memberikan makanan yang mengandung kalsium. Silakan simak contoh makanannya di sini: Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Si Kecil.

Cara Mencegah Karies Gigi pada Balita

Langkah-langkah untuk mencegah karies gigi sebetulnya sederhana, hanya saja Moms perlu menerapkannya secara teratur dan teliti. Seperti misalnya menyikat gigi Si Kecil secara teratur, yaitu minimal dua kali sehari. Pastikan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Kemudian, batasi konsumsi makanan dan minuman manis, terutama di antara waktu makan. Sisa makanan yang menempel dan mengandung gula dapat menyuburkan pertumbuhan bakteri, yang kemudian menghasilkan asam yang merusak enamel giginya.

Pastikan juga untuk melakukan kunjungan ke dokter secara teratur untuk perawatan gigi dan mencegah timbulnya masalah kesehatan lainnya. Jangan lupa untuk mengajari Si Kecil tentang pentingnya menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Memberikan Si Kecil susu rendah gula adalah salah satu langkah yang bijak, karena gula adalah salah satu faktor risiko utama dalam perkembangan karies. Susu rendah gula tetap memberikan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan anak tanpa meningkatkan risiko karies. Tapi, apakah ada susu yang rendah gula dan mencukupi seluruh nutrisi yang optimal untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil? Yuk, cek rekomendasinya di sini: Susu Rendah Gula untuk Jaga Kesehatan Si Kecil.

REFERENSI

  • Hermina Hospital. Cara Mengatasi Karies Gigi Pada Anak. Diakses tanggal 22 Oktober 2023. https://herminahospitals.com/id/articles/cara-mengatasi-karies-gigi-pada-anak.html
  • KlikDokter. Karies Gigi dan Gigi Berlubang, Apa Bedanya? Diakses tanggal 22 Oktober 2023. https://www.klikdokter.com/info-sehat/gigi-mulut/karies-gigi-dan-gigi-berlubang-apa-bedanya
  • KlikDokter. 5 Faktor Penyebab Karies Gigi Anak. Diakses tanggal 22 Oktober 2023. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/5-faktor-penyebab-karies-gigi-anak
Morigro mendukung program ASI Eksklusif