Cara Memilih Susu Anak yang Sesuai dengan Kebutuhannya

Morigro Juni 6, 2023
anak minum susu

Tahukah GroMoms, mengonsumsi susu Morigro secara teratur setiap hari dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil untuk tumbuh kembangnya dengan optimal. Apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam pemenuhan kebutuhan gizi Si Kecil? Cari tahu, yuk.

Cara Memilih Susu Anak

Sebaiknya, memilih susu perlu disesuaikan dengan kebutuhan Si Kecil. Sebab, kebutuhan gizi setiap anak berbeda-beda, tergantung pada usia, berat badan, pertumbuhan, serta perkembangan fisiknya.

Pilih Susu Sesuai Kebutuhan Anak

Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk memilih susu sesuai kebutuhan Si Kecil:

  • Tumbuh kembang yang optimal

Si Kecil membutuhkan cukup nutrisi agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. Sebaiknya, ia memperoleh susu yang mengandung kalsium, vitamin, serta mineral agar dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, membangun otot dan jaringan, serta mengoptimalkan fungsi organ-organ tubuh.

  • Mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi

Si Kecil perlu memperoleh susu yang dapat memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi, terutama jika ia sulit makan atau jarang bernafsu makan. Susu dengan tambahan minyak ikan dan sumber protein juga bisa meningkatkan berat badan anak-anak. Susu seperti ini juga membantu anak-anak memperoleh nafsu makannya kembali.

GroMoms, yuk pelajari panduan gizi seimbang untuk mendukung pertumbuhan anak di sini: Panduan Gizi Seimbang untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak.

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Si Kecil sering kali rentan terhadap penyakit, termasuk infeksi. Untuk itu, sistem kekebalan tubuhnya perlu diperkuat dengan susu yang mengandung probiotik, serat, vitamin A, C, E, maupun zinc. Probiotik dan serat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sementara vitamin A, C, E, dan zinc berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh agar mampu melawan infeksi.

  • Alergi dan intoleransi makanan

Beberapa anak mungkin memiliki alergi atau intoleransi terhadap susu sapi atau laktosa. Dalam hal ini, memilih susu yang sesuai dengan kebutuhan anak, seperti berbahan kedelai atau yang bebas laktosa, dapat menjadi pilihan alternatif untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Perhatikan Kandungan Nutrisinya

Dalam memilih susu yang sesuai untuk anak, GroMoms perlu memperhatikan beberapa kandungan nutrisi penting, di antaranya:

  • Protein: berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.
  • Kalsium: pembentukan tulang dan gigi yang kuat. 
  • Vitamin D: penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh untuk mendukung kesehatan tulang.
  • Vitamin dan mineral: mengandung berbagai vitamin dan mineral penting lainnya, termasuk A, C, E, zinc, dan zat besi. Kandungan nutrisi ini berperan dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh, kesehatan mata, dan fungsi organ yang baik.
  • Probiotik dan serat: membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Asam lemak omega-3 dan omega-6, terutama DHA, penting untuk perkembangan otak dan penglihatan.
  • Kolin: berperan dalam perkembangan otak dan fungsi kognitif.

Pilih Susu dengan Kandungan Protein Whey

Berikut adalah alasan mengapa protein whey penting dan mengapa GroMoms perlu memilih susu dengan kandungan protein whey:

  • Menyediakan asam amino penting untuk pertumbuhan dan perbaikan otot. Asam amino ini akan meningkatkan massa pada otot Si Kecil.
  • Mengandung imunoglobulin dan laktoferrin, yang memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh. Komponen-komponen ini membantu meningkatkan sistem imun untuk melawan infeksi dan penyakit.
  • Membantu memenuhi kebutuhan protein harian Si Kecil, sehingga tumbuh kembangnya akan optimal.

Sesuaikan dengan Usianya

Tahukah GroMoms, kebutuhan gizi Si Kecil berbeda-beda dalam setiap tahap perkembangannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menyesuaikan susu dengan usia anak:

  • ASI: Untuk bayi di bawah usia 12 bulan, penting untuk memberikan ASI sebagai sumber nutrisi utama. 
  • Untuk anak usia 1-3 tahun, GroMoms bisa memberikan susu yang menyediakan nutrisi seperti protein, AA & DHA, Omega 3 & Omega 6, kolin, kalsium, vitamin D, zat besi, serat, serta vitamin dan mineral esensial yang penting untuk kecerdasan, pertahanan tubuh, serta tumbuh kembang yang optimal.
  • Untuk anak usia 3 tahun ke atas, berikan susu yang diperkaya dengan protein, AA & DHA, Omega 3 & Omega 6, kalsium, vitamin D, vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, serat, probiotik, vitamin, mineral, serta nutrisi lainnya yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan kognisi yang baik.

Dengan mengetahui tahapan perkembangannya, GroMoms akan lebih mudah dalam memantau dan menyiapkan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembangnya optimal. Untuk mengetahui penjelasan lengkap terkait tahapan ini, yuk kenali: Tahap perkembangan anak 1-3 tahun.

Apakah GroMoms memiliki masalah Si Kecil yang kurang nafsu makan atau berat badannya yang kurang ideal? Perkenalkan, Morigro yang telah diformulasikan dengan sempurna dan dilengkapi DHA, minyak ikan, sumber protein, kalsium, sumber 14 vitamin & 9 mineral, Probiotik, serta Serat FOS. Nutrisi penting ini manjadi booster nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembang, serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Tunggu apa lagi? Yuk, berikan asupan nutrisi terbaik untuk Si Kecil dengan melengkapi gizinya melalui konsumsi Morigro setiap hari secara teratur. GroMoms bisa menemukan Morigro di berbagai marketplace atau e-commerce terdekat. Cari tahu berbagai manfaat susu pertumbuhan ini di sini yuk: Susu Morigro, Seimbangkan Gizi Si Kecil.

Morigro mendukung program ASI Eksklusif