Cemilan Anak 1 Tahun yang Sehat dan Lezat

Ditulis oleh: Morigro
camilan sehat untuk anak 1 tahun

Cemilan untuk anak yang berumur 1 tahun tidak hanya perlu dipilih yang lezat, tetapi juga mesti penuh dengan nutrisi loh. Sebab, cemilan ikut membantu Si Kecil bertumbuh, dan cemilan yang Moms pilih akan memengaruhi kesehatannya dalam jangka panjang.

Yuk, simak beberapa opsi cemilan yang pasti disukainya, dan pastikan bahwa setiap gigitannya memberikan kelezatan dan nutrisi yang ia butuhkan.

Pilihan Cemilan Sehat untuk Anak 1 Tahun

Cemilan bisa berperan penting untuk melengkapi nutrisi yang Si Kecil butuhkan, yang ia tidak dapatkan dari makanan. Berikut beberapa pilihannya: 

Potongan Buah Segar

Potongan buah segar kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. GroMoms dapat memilih buah-buahan beragam, seperti pisang, jeruk, apel, atau mangga.

Jeruk termasuk pilihan buah yang bagus untuk Si Kecil karena buah ini tak hanya kaya akan vitamin C, tetapi juga sumber kalsium yang baik. Selain jeruk masih banyak pilihan buah lainnya yang tak kalah lezat. Untuk rekomendasi terbaiknya, yuk baca: 5 Buah Lezat yang Mengandung Kalsium untuk Si Kecil.

GroMoms dapat menyajikan buah dengan menarik, seperti menghidangkan buah dalam bentuk potongan kecil. Alternatif lainnya, yaitu menyusunnya dalam bentuk skewer atau sate. Penyajian seperti ini dapat membuat cemilan ini lebih menggugah seleranya. Pastikan buah-buahan dihabiskan dalam 1-2 jam ya agar tetap terjaga kesegarannya.

Salad Sayur 

Salad sayur adalah pilihan cemilan sehat karena mengandung banyak nutrisi. GroMoms dapat mencampur berbagai sayuran segar seperti tomat ceri, mentimun, wortel, dan daun selada.

Pastikan untuk memotong sayuran dalam ukuran kecil agar sesuai untuk anak usia 1 tahun. Agar lebih menarik, tambahkan sedikit saus salad atau yogurt sebagai dressing ringan. Cemilan ini tidak hanya memberikan nutrisi penting, tetapi juga dapat membantu memperkenalkan Si Kecil pada rasa dan tekstur berbagai sayuran.

Sayuran memiliki manfaat besar untuk anak-anak, seperti meningkatkan asupan nutrisi penting, mendukung pertumbuhan fisik yang sehat, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mari cari tahu manfaat sayuran untuk kesehatan anak di sini: Manfaat Sayur untuk Anak dan Dampak Bila Tidak Mengonsumsinya.

Yogurt Plain

GroMoms, sudah pernah memberikan Si Kecil yogurt plain? Pilihan satu ini juga wajib dicoba ya. Yogurt mengandung kalsium, protein, dan probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan Si Kecil. Pilihlah yogurt plain tanpa tambahan gula atau pemanis buatan.

GroMoms dapat memberikan sedikit potongan buah segar atau tambahan sereal gandum utuh untuk memberikan variasi rasa dan tekstur pada cemilan ini. Yogurt plain juga dapat dijadikan bahan dasar untuk membuat smoothie yang lezat dan sehat.

Biskuit atau Roti Gandum Utuh

Selain lezat, biskuit atau roti gandum utuh juga termasuk cemilan sehat karena mengandung serat dan nutrisi penting bagi Si Kecil. Pilihlah biskuit atau roti rendah gula dan tanpa tambahan bahan pengawet.

GroMoms dapat memberikan potongan-potongan kecil atau menghancurkannya menjadi tekstur lebih lembut agar mudah dikonsumsi oleh Si Kecil. Selain itu, biskuit dan roti juga dapat diberikan topping sehat seperti selai kacang tanpa gula atau purée buah untuk menambah kelezatan dan nilai gizinya.

Smoothie Buah

Smoothie buah adalah pilihan cemilan lezat dan sehat untuk anak usia 1 tahun. GroMoms dapat mencampur berbagai buah segar dengan yogurt plain atau susu. Pastikan untuk memilih buah-buahan dengan tekstur lembut dan mudah dikonsumsi oleh Si Kecil.

Smoothie buah dapat disajikan dalam gelas atau menggunakan sedotan agar lebih aman baginya. Jangan lupa untuk tidak menambahkan gula tambahan dalam smoothie ini ya, Moms. Sebab, buah-buahan sudah mengandung dua jenis gula, yaitu fruktosa dan glukosa.

Dengan memberikan snack sehat sesuai dengan kebutuhan nutrisi Si Kecil, GroMoms dapat memastikan bahwa ia tetap mendapatkan gizi cukup meskipun sulit makan. Ingatlah untuk selalu memperhatikan keamanan dan ukuran porsi yang sesuai untuk anak usia 1 tahun ya.

GroMoms juga perlu membatasi makanan manis untuk Si Kecil. Penting untuk menyadari risiko konsumsi makanan manis berlebihan terhadap tumbuh kembang anak. Cek penjelasan selengkapnya di sini: Bahaya Makanan Manis untuk Anak dan Cara Membatasinya.

Telur

Salah satu jenis makanan yang cocok untuk dijadikan camilan sehat untuk Si Kecil. Bunda dapat menyajikan telur dengan cara dijadikan orak-arik atau direbus dan dipotong kecil-kecil. Dengan kandungan nutrisi yang baik di dalamnya, seperti protein dan lemak sehat, telur bermanfaat menjaga kesehatan mata dan perkembangan otak Si Kecil.

Namun, Bunda juga perlu hati-hati ketika menyajikan jenis makanan yang satu ini karena bagi beberapa anak, telur dapat memicu munculnya alergi, yang ditandai dengan gatal, hidung tersumbat, gangguan pencernaan, dan sesak napas.

Brokoli Rebus

Menyajikan sayuran seperti brokoli kukus sebagai camilan sehat Si Kecil merupakan cara tepat bagi Bunda untuk mengenalkan berbagai jenis makanan dan tekstur. Brokoli mengandung serat dan vitamin C yang tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh Si Kecil.

Dalam menyajikan menu brokoli ini, Bunda juga dapat mencampurkannya dengan jenis sayuran lainnya seperti wortel. Namun, pastikan untuk tidak memberikan sayuran ini dalam kondisi mentah karena teksturnya keduanya masih terlalu keras untuk dikunyah oleh Si Kecil.

Tips Menyajikan Cemilan untuk Anak 1 Tahun

Berikut adalah beberapa tips yang bisa GroMoms coba dalam menyajikan cemilan yang menarik dan sehat bagi Si Kecil.

Variasikan Bentuk dan Warna

Anak-anak, khususnya yang berusia 1 tahun, cenderung tertarik dengan makanan yang memiliki bentuk dan warna yang menarik. GroMoms bisa menyajikan potongan buah atau sayur dengan bentuk-bentuk lucu menggunakan cetakan khusus. Variasi warna dari buah dan sayur juga akan menstimulasi nafsu makan mereka serta meningkatkan ketertarikan untuk mencoba berbagai jenis makanan.

Libatkan Anak dalam Proses Penyajian

Anak dapat dilibatkan dalam proses penyajian cemilan. Misalnya, biarkan mereka memilih buah yang ingin dimakan atau memasukkan biskuit ke dalam mangkuknya sendiri.

Hindari Cemilan yang Mengandung Bahan Kimia

Hindari memberikan cemilan yang mengandung bahan kimia, pewarna buatan, atau pengawet. Pastikan GroMoms selalu membaca label kemasan sebelum membeli.

Sajikan dalam Porsi Kecil

Anak berusia 1 tahun memiliki kapasitas perut yang masih kecil, jadi penting untuk menyajikan cemilan dalam porsi yang sesuai. Selain itu, siapkan cemilan dalam potongan-potongan kecil untuk mencegah anak tersedak.

Batasi Cemilan yang Tidak Sehat

Walaupun anak-anak mungkin menyukai cemilan yang manis, asin, atau berlemak. GroMoms perlu membatasi konsumsi cemilan yang tidak sehat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan ini dapat memicu kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Selain bijak memilih cemilan sehat, GroMoms juga dapat memenuhi kebutuhan Si Kecil dengan susu pertumbuhan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Agar susu yang GroMoms berikan sesuai dengan kebutuhan nutrisinya, baca artikel berikut ini yuk: Cara Memilih Susu Anak yang Sesuai dengan Kebutuhannya.

Referensi:

  • Parents. 9 Healthy Baby Snacks That Are Great On the Go. Diakses pada tanggal 24 Juli 2023. https://www.parents.com/baby/feeding/center/healthy-snacks-for-babies-toddlers/
  • The Bump. 24 Healthy Snacks for Kids and Toddlers That Are Fun and Easy to Make. Diakses pada tanggal 24 Juli 2023. https://www.thebump.com/a/healthy-snacks-for-kids
  • Medical News Today. What to know about sugar in fruit. Diakses pada tanggal 24 Juli 2023. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325550
  • Healthline. 12 Healthy and Practical Foods for 1-Year-Olds. Diakses pada tanggal 1 Juli 2023. https://www.healthline.com/nutrition/food-for-1-year-old
Morigro mendukung program ASI Eksklusif