Pentingnya Pola Makan Sehat Bergizi Seimbang untuk Si Kecil

Morigro Februari 21, 2024
pentingnya pola makan

Pola makan sehat bergizi dan seimbang artinya kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan sesuai kebutuhan tubuh. Jika Si Kecil telah terbiasa mengonsumsi makanan sehat sejak masih berusia dini, maka ia juga akan tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal. 

Yuk, kenali lebih lanjut tentang hal-hal penting dari pola makan yang termasuk bergizi dan seimbang ini di sini.

Pedoman Gizi Seimbang

Pedoman gizi seimbang merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setiap harinya. Setiap orang memiliki kebutuhan energi yang berbeda sesuai dengan aktivitas dan kondisinya. Secara umum pedoman gizi seimbang mengandung beberapa prinsip, yaitu:

  • Mengonsumsi aneka ragam pangan

Jenis makanan dan proporsinya yang seimbang sangat memengaruhi nutrisi yang akan diserap oleh Si Kecil. GroMoms perlu memilih makanan segar dan mengandung karbohidrat, protein seperti lauk, vitamin dan mineral seperti buah dan sayuran, dari jenis makanan yang berbeda-beda setiap harinya. Selain memenuhi nutrisinya, keberagaman pilihan menu makanan juga akan mencegahnya menjadi bosan.

  • Membiasakan perilaku hidup bersih

Penyakit infeksi dapat mengganggu tumbuh kembang Si Kecil. Jika ia sakit, maka nafsu makannya juga dapat berkurang, sehingga nutrisi yang dikonsumsinya juga berkurang. GroMoms dapat mencegah penularan penyakit dengan rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan makanan yang disajikan.  

  • Melakukan aktivitas fisik

Pada anak yang bergerak aktif, ternyata dapat memperlancar sistem metabolisme dalam tubuhnya. Proses metabolisme yang lancar membuat penggunaan nutrisi untuk fungsi organ tubuh menjadi lebih optimal. Hal ini tentu akan membantu tumbuh kembang Si Kecil menjadi lebih baik. 

  • Memantau berat badan secara teratur

Berat badan anak yang normal akan sesuai dengan usia dan pertumbuhan tingginya. GroMoms perlu menimbang dan mengukur tinggi Si Kecil secara berkala agar dapat melihat apakah pertumbuhannya optimal dalam indikator grafik pertumbuhan.

Manfaat Menerapkan Pola Makan Sehat

Jika makanan yang disajikan sesuai kebutuhan tubuh, Si Kecil dapat memaksimalkan tumbuh kembangnya. Tak hanya itu, ada beberapa manfaat lain yang didapat ketika menerapkan pola makan sehat untuk anak-anak, di antaranya:

  • Mendukung perkembangan dan fungsi otak

Nutrisi pada makanan akan mendukung otak untuk berkembang dan berfungsi secara optimal, sehingga membuatnya lebih mudah berkonsentrasi, lebih mudah mengingat, dan lebih mudah memahami hal-hal baru. 

  • Mengoptimalkan metabolisme dan imunitas tubuh

Dengan metabolisme yang baik, Si Kecil akan lebih mudah bertumbuh. Dengan imunitas yang optimal pula, ia akan mudah melawan berbagai infeksi penyakit. 

  • Mendukung pertumbuhan tinggi dan berat badan yang sesuai dengan usia Si Kecil.

Apabila pertumbuhan sesuai dengan indikator, umumnya anak-anak juga menjadi lebih sehat dan lebih jarang terserang penyakit. 

  • Menguatkan tulang dan mendukung pembentukan massa otot

Tulang yang kuat akan mampu mendukung tubuh dan melindungi organ-organ vital dalam tubuhnya. Sedangkan massa otot yang cukup akan membantunya menjaga keseimbangan dan bergerak dengan leluasa. Dengan begini, perkembangan motorik Si Kecil akan lebih matang dan ia juga tidak akan mudah cedera.

  • Menjaga kesehatan mata, gigi, dan kulit

Dengan mata, gigi, dan kulit yang sehat, Si Kecil dapat memiliki penglihatan yang baik, kulitnya terlindung dari infeksi, dan giginya juga tidak akan mudah rusak. 

Cara Menerapkan Pola Makan Sehat 

Penerapan pola makan sehat untuk Si Kecil ternyata tidak terlalu sulit loh GroMoms. Berikut beberapa hal yang bisa GroMoms lakukan.

  • Porsi makanan seimbang berisikan karbohidrat, protein dan lemak 

Bagilah piring menjadi tiga bagian, yaitu satu bagian untuk karbohidrat, satu bagian untuk protein, dan satu bagian untuk lemak dan sayuran. Cara ini memastikan bahwa tubuh Si Kecil mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang dan aktivitas hariannya. 

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur.

GroMoms bisa sajikan buah sebagai camilan Si Kecil, contohnya es krim buah, jus buah sayur, atau sekedar buah potong. 

  • Sajikan ikan sebagai sumber protein 

Selain mengandung protein, ikan dikenal kaya akan mineral, vitamin, dan minyak ikan. Nutrisi ini terbukti mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Jenis ikan yang beragam membuat GroMoms bisa mengkreasikan menu dengan lauk ikan setiap harinya. 

Selain ikan, masih ada beberapa pilihan sumber protein yang tak kalah tinggi kadarnya, seperti telur, daging, dan kacang almond. Agar asupan protein Si Kecil tercukupi, penting juga untuk mengetahui berapa angka kebutuhan hariannya. Ingin tahu penjelasan lengkapnya? Yuk baca artikel ini: Makanan Tinggi Protein untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak.

  • Aktif bergerak

Biarkan Si Kecil bergerak aktif untuk mendukung tumbuh kembangnya. Tubuh yang aktif membantu tulangnya tumbuh dan ototnya menjadi terbentuk. Tak hanya itu, metabolismenya akan menjadi lebih optimal sehingga mampu menyerap nutrisi dengan lebih baik.  

  • Pastikan asupan cairan cukup 

GroMoms wajib memastikan Si Kecil selalu terhidrasi, dengan selalu mengajaknya minum air putih dengan cukup. Tidak hanya itu, minuman seperti susu dan jus juga membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Coba jauhkan dari minum-minuman manis berkemasan, agar gula yang dikonsumsinya tidak sampai berlebihan. 

Jadi, itulah cara menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang bagi Si Kecil. Untuk memulai pola makan seperti ini, GroMoms dapat memilih makanan yang banyak mengandung nutrisi. Yuk, kenali apa saja makanan yang bernutrisi tinggi di sini: Makanan Kaya Nutrisi Ini Wajib Moms Berikan pada Si Kecil. 

Referensi: 

  1. Kementerian Kesehatan. Apa saja sepuluh pedoman gizi seimbang? Diakses 2 Februari 2024. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apa-saja-sepuluh-pedoman-gizi-seimbang
  2. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang. Diakses 2 Februari 2024.  http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2041%20ttg%20Pedoman%20Gizi%20Seimbang.pdf
  3. Centers for Disease Control and Prevention. Benefits of Healthy Eating for Children. Diakses 2 Februari 2024. https://www.cdc.gov/nutrition/resources-publications/pdfs/Healthy_Eating_Benefits_Child_April2021_H.pdf
  4. National Health Service. 8 Tips for Healthy Eating. Diakses 2 Februari 2024. https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/how-to-eat-a-balanced-diet/eight-tips-for-healthy-eating/
  5. Centers for Disease Control and Prevention. Healthy Eating Tips. Diakses 2 Februari 2024. https://www.cdc.gov/nccdphp/dnpao/features/healthy-eating-tips/index.html 
Morigro mendukung program ASI Eksklusif