Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan Si Kecil

Morigro November 27, 2023
jadwal makan anak

GroMoms, untuk mencapai berat badan yang ideal sesuai usia Si Kecil, membuat jadwal makan bisa menjadi salah satu langkah yang bisa Moms coba. Nah, agar bisa membuat jadwal makan untuk menambah berat badan Si Kecil, Moms bisa mengikuti panduan yang ada dalam artikel ini ya. Lengkap mulai dari sarapan hingga makan malam. Jadi pastikan  

Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan 

Sarapan

Sarapan merupakan waktu yang penting untuk memberikan energi pada Si Kecil setelah tidur semalaman. Memberikan sarapan yang bernutrisi dapat membantu meningkatkan energi dan kemampuan berkonsentrasinya dalam jangka pendek, dan membantu menjaga berat badannya tetap ideal.

Untuk anak usia 1-3 tahun, waktu sarapan ideal adalah sekitar pukul 7 pagi. Menu sarapan yang baik termasuk:

  • Oatmeal dengan potongan buah-buahan segar
  • Susu rendah lemak atau susu soya
  • Roti gandum utuh dengan selai kacang
  • Yogurt rendah lemak dengan granola dan potongan buah.
  • Telur rebus dengan sayuran
  • Kombinasikan dengan sayuran seperti bayam, tomat, atau paprika untuk memberikan lebih banyak vitamin dan mineral.

Camilan Siang

Moms dapat memberikan camilan di antara sarapan dan makan siang. Tetapi, waktu pemberian camilan ini perlu diatur agar tidak terlalu cepat, agar Si Kecil tidak menolak makanan saat makan siang karena masih terlalu kenyang karena camilan. Berikan camilan ini pada waktu 1-2 jam sebelum makan siang ya, Moms.

Inilah beberapa contoh camilan yang bisa GroMoms berikan: 

  • Potongan buah-buahan atau sayuran segar
  • Kacang almon atau yoghurt rendah lemak
  • Telur rebus sebagai camilan kaya protein
  • Biskuit gandum yang rendah gula dan tinggi serat
  • Smoothie dengan campuran buah-buahan segar dan yoghurt rendah lemak 

Makan Siang

Makan siang merupakan kesempatan lain untuk memberikan nutrisi yang penting. Waktu yang ideal adalah sekitar pukul 12 siang. Menu makan siang yang sehat, termasuk:

  • Nasi merah dengan sayuran dan daging atau protein nabati
  • Salad sayuran dengan tambahan alpukat dan potongan ayam
  • Tumis sayuran dan tahu: Tumis berbagai jenis sayuran seperti brokoli, wortel, buncis, jamur, dan paprika dengan sedikit minyak zaitun atau kecap. 
  • Wrap ayam caesar: Gunakan tortila gandum atau tortila sayuran sebagai alas agar lebih sehat. 

Camilan Sore

Camilan sore merupakan waktu yang baik untuk memberikan nutrisi tambahan. Berikan camilan sore sekitar 2-3 jam setelah menyantap makan siang. Jenis camilan yang baik adalah:

  • Potongan apel dengan selai kacang. Apel dan selai kacang merupakan paduan yang lezat dan memberikan rasa kenyang.
  • Sereal gandum utuh dengan susu rendah lemak. Sereal gandum utuh merupakan sumber serat yang baik, sementara susu rendah lemak memberikan kalsium dan protein yang diperlukan.
  • Potongan keju dan stroberi. Kombinasi rasa manis stroberi dengan keju memberikan rasa yang menarik dan nutrisi yang baik.
  • Kacang trail mix: Campurkan kacang-kacangan, cranberry kering, dan potongan cokelat hitam untuk camilan yang enak dan penuh energi.

Makan Malam

Makan malam merupakan waktu terakhir untuk memberikan nutrisi sebelum Si Kecil tidur. Idealnya, waktu makan malam adalah sekitar pukul 6 atau 7 malam atau berjarak setidaknya 2-3 jam dari camilan sore. 

Selain itu, untuk menghindari gangguan tidur Si Kecil, sebaiknya makan malam disajikan paling lambat dua atau tiga jam sebelum waktu tidur. Lebih baik lagi, makan malam dilakukan semakin awal, karena makan malam cenderung membuatnya lebih bersemangat dan bertenaga, yang dapat mengganggu istirahatnya.

Menu makan malam yang baik ini antara lain:

  • Mie dari bahan whole wheat dengan saus tomat dan daging cincang. Mie seperti ini memberikan karbohidrat sehat, dan saus tomat serta daging cincang menambahkan rasa yang lezat.
  • Nuget ikan, yang merupakan alternatif baik untuk nuget daging, dan dapat memberikan asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak.
  • Tumis sayuran dengan tahu atau tempe, yang merupakan pilihan vegetarian yang kaya akan serat, protein nabati, dan vitamin.

Demikian jadwal makan yang bisa GroMoms terapkan untuk menambah berat badan Si Kecil. Tapi, ingatlah bahwa jadwal bukan satu-satunya faktor yang menentukan peningkatan berat badannya. Si Kecil juga perlu sekali diajak melakukan aktivitas fisik dan mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Si Kecil juga perlu rutin diberikan nutrisi pelengkap dengan susu Morinaga Morigro. Dengan kandungan minyak ikan, protein, probiotik, dan nutrisi beragam lainnya, Morinaga Morigro akan membantu meningkatkan nafsu makan dan menjaga kesehatan pencernaannya, agar ia dapat memperoleh cukup kalori untuk menambah berat badannya.  

Moms mau tahu lebih rinci tentang cara-cara meningkatkan berat badannya? Baca di sini yuk: Cara Menambah Berat Badan Anak Secara Sehat

Referensi:

  • Better Health Channel. Breakfast. Diakses 25 Oktober 2023. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/breakfast 
  • Early Start. Snack Time in Your Early Years Setting. Diakes 25 Oktober 2023. https://www.earlystartgroup.com/nutrition-services/early-years-settings/snack-time-in-your-early-years-setting/ 
  • Sleepopolis. The Perfect Bedtime Routine for Kids. Diakses 25 Oktober 2023. https://sleepopolis.com/education/perfect-bedtime-routine-kids/
Morigro mendukung program ASI Eksklusif