Jenis Buah yang Bagus untuk Pencernaan Sehat Si Kecil

Ditulis oleh: Morigro
buah yang bagus untuk pencernaan

Masalah pencernaan, seperti diare atau sembelit, kerap dialami oleh anak-anak. Salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah dengan memberikan asupan buah yang bagus untuk pencernaan, misalnya apel, pepaya, pisang, kiwi dan pir.

Yuk, Moms, ketahui mengapa buah-buahan tersebut disarankan untuk dikonsumsi agar menjaga pencernaan Si Kecil.

Apel, Kaya akan Kandungan Pektin

Apel adalah buah dengan rasa manis segar yang memiliki banyak jenis dan mudah didapatkan. Bonusnya, anak-anak umumnya menyukai buah yang satu ini. 

Apabila Moms berkesempatan mendapatkan buah apel yang organik, maka tidak perlu repot-repot mengupasnya. Di balik kulit apel yang sering dibuang, ternyata tersimpan banyak serat, terutama pektin, yang dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

Tidak hanya serat, buah ini juga kaya akan vitamin C. Vitamin ini diperlukan untuk beberapa fungsi tubuh, seperti penyerapan zat besi, meningkatkan kesehatan kulit serta menjaga otot dan tulang Si Kecil agar dapat tumbuh kuat. Jadi, jangan ragu untuk memberikan buah ini pada Si Kecil, ya, Moms.

Pepaya, Punya Kandungan Papain 

Pepaya, buah tropis yang melimpah jumlahnya di Indonesia, menawarkan segudang manfaat kesehatan melalui kandungan enzim alami bernama papain. Enzim ini bekerja dengan cara memecah protein menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, sehingga tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisinya.

Buah yang satu ini juga kaya akan serat dan vitamin A, yang berperan dalam menjaga kesehatan mata Si Kecil. Kandungan nutrisi tersebut tidak hanya membantu penglihatan tetap tajam, tapi juga melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jadi, dengan mengonsumsi buah yang kaya air dan serat ini, Si Kecil bisa menghindari timbulnya gangguan pencernaan, seperti kembung, sembelit, dan diare, serta mendukung kesehatan usus. Jika Si Kecil tidak suka dengan rasa atau baunya, GroMoms bisa beri perasan buah lemon, atau sajikan dalam keadaan dingin untuk meningkatkan seleranya.

Pisang, Si Manis yang Baik untuk Pencernaan

Pisang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan pencernaan Si Kecil. Kaya juga akan kandungan pektin, buah pisang umumnya disarankan konsumsinya agar membantu meredakan kondisi diare.

Selain itu, pisang juga adalah buah yang memberikan sumber kalium yang tinggi. Kalium berguna dalam mengatur tekanan darah dan mendukung kontraksi otot yang optimal. Alhasil, keseimbangan elektrolit pun terjaga dan fungsi otot menjadi kuat dan sehat.

Kiwi, Sumber Serat dan Vitamin C

Kiwi merupakan buah yang memiliki kandungan serat tinggi, baik serat larut maupun tidak larut, yang bekerja bersama untuk mendukung kesehatan pencernaan pencernaan.

Rasa manis dan asam buah ini juga membuat kiwi tinggi akan vitamin C dan antioksidan yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini, membantu penyerapan zat besi untuk menjaga kesehatan darah. Umumnya kiwi bisa dikonsumsi langsung, atau dijadikan sebagai bagian dari salad buah yang menyegarkan dan disukai oleh anak-anak.

Pir, Buah Kaya Air dan Serat

Buah lainnya yang efektif sebagai pelancar pencernaan adalah pir. Buah ini dikenal memiliki kandungan air dan serat yang tinggi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan baik dikonsumsi saat Si Kecil tengah sembelit.

Sama seperti buah pada umumnya, pir juga kaya akan nutrisi lainnya seperti vitamin C yang mendukung kesehatan kulit dan vitamin K untuk pertumbuhan tulang yang kuat. Jadikan buah pir sebagai variasi asupan buah Si Kecil sehari-harinya, sehingga pemenuhan kebutuhan gizi hariannya tercukupi dengan baik.

Selain memberikan buah-buahan, GroMoms juga bisa mencoba berbagai jenis makanan lainnya untuk menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil. Lihat daftar lengkapnya di sini, yuk: Pilihan Makanan Kaya Nutrisi yang Disukai Si Kecil

Referensi:

  • Vinmec. Fruits that are good for children. Diakses 5 September 2024. https://www.vinmec.com/eng/article/fruits-that-are-good-for-children-en 
  • Very Well Health.4 Benefits of Eating Kiwi. Diakses 5 September 2024. https://www.verywellhealth.com/kiwifruit-8553582 
  • Kids Eat in Color. Fruits for Kids: The Benefits, Fun Serving Ideas + When They’re in Season. Diakses 5 September 2024. https://kidseatincolor.com/fruits-for-kids/
Morigro mendukung program ASI Eksklusif