Cara Mudah Menambah Berat Badan pada Anak 2 Tahun

Ditulis oleh: Morigro
ibu dan anak usia 2 tahun

Terdapat cara-cara yang mudah untuk menambah berat badan Si Kecil, khususnya ketika ia baru berusia 2 tahun, yaitu memenuhi kebutuhan nutrisinya dan menerapkan jadwal makannya secara teratur. Yuk, Moms, ketahui penjelasannya di sini.

Memberikan Nutrisi untuk Meningkatkan Berat Badan

Menambah berat badan Si Kecil dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan proteinnya. Ini dikarenakan protein dapat menjadi bahan untuk membentuk jaringan otot yang merupakan komponen utama dalam massa tubuh. Dengan massa otot yang meningkat, maka berat badannya akan meningkat pula.

Supaya tubuh Si Kecil dapat mengolah protein menjadi massa otot, ia harus banyak beraktivitas fisik yang tentunya memerlukan banyak energi. Energi ini diperoleh dari karbohidrat pada makanannya sehari-hari. Karena itu, GroMoms perlu meningkatkan asupan karbohidratnya agar ia memiliki cukup energi untuk beraktivitas fisik dan dapat mengembangkan ototnya lebih banyak.

Nutrisi lainnya yang juga tidak kalah penting untuk menambah berat badan adalah omega-3. Omega-3 dipercaya mampu membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil. Dengan demikian, l  ia akan lebih mudah mengonsumsi asupan nutrisi-nutrisi lainnya sehingga dapat menaikkan berat badannya.

Jadwal Makan Optimal untuk Menaikkan Berat Badan

Agar berat badan Si Kecil dapat meningkat, jadwal makannya juga perlu dilakukan dengan teratur. Idealnya, jadwal makannya terdiri dari makan besar sebanyak 3 kali dan mengonsumsi camilan sebanyak 2 kali. Sebagai contohnya adalah sebagai berikut:

  • Sarapan pukul 7.00 atau 8.00: Bubur, sereal, potongan buah, serta susu. 
  • Camilan sehat pukul 10.00: Potongan buah, kacang-kacangan, dan yoghurt. 
  • Makan siang pukul 12.00: Makanan kaya protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Contohnya ayam panggang, nasi dan sayuran, atau pasta dengan saus tomat.
  • Camilan sehat pukul 15.00: Seperti smoothie berbahan buah dan susu, roti gandum dengan selai kacang atau keju.
  • Makan malam pukul 18.00: Misalnya ikan panggang dengan kentang tumbuk, atau sayuran rebus, telur, dan nasi. 
Jam dinding
WaktuJadwalAsupan
07.00 – 08.00SarapanBubur, sereal, buah, dan susu
10.00CamilanBuah, kacang-kacangan, dan yoghurt
12.00Makan SiangNasi, sayuran, ayam panggang, atau pasta saus tomat
15.00CamilanRoti gandum selai kacang atau keju, serta smoothie dari buah dan susu
18.00Makan MalamNasi, telur, sayuran, atau kentang tumbuh dan ikan panggang

Pastikan GroMoms memberikan porsi makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisinya, ya. Dengan mengikuti jadwal makan harian yang seimbang seperti ini, maka berat badannya akan meningkat dengan lebih cepat.

Upaya GroMoms meningkatkan berat badan Si Kecil akan lebih mudah jika didukung dengan susu Morinaga Morigro dalam menu makannya. Susu ini tidak hanya menambah nafsu makan pada anak-anak, tetapi juga membantu memaksimalkan asupan nutrisi mereka dengan pemberian sebanyak 2-3 kali dalam sehari. 

Nah, bagaimana susu ini mampu meningkatkan nafsu makan dan memaksimalkan asupan nutrisi tersebut? Yuk, ketahui lebih lanjut tentangnya di sini: Kandungan dan Manfaat Susu Morigro Bagi Keseimbangan Gizi Si Kecil 

Referensi: 

  • NHS UK. Advice for Parents of Healthy Weight Children. Diakses pada 22 Mei 2024.  https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/childrens-weight/healthy-weight-children-advice-for-parents/ 
  • National Library of Medicine. Obesity Effects on Child Health. Diakses pada 22 Mei 2024. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK570613/
  • Healthline. Childhood Obesity. Diakses pada 22 Mei 2024. https://www.healthline.com/health/weight-loss/weight-problems-in-children 

Morigro mendukung program ASI Eksklusif