Apakah Tidur Siang Bisa Menambah Berat Badan Si Kecil?

Morigro Desember 29, 2023
anak tidur

Membiasakan Si Kecil untuk beristirahat pada siang hari hingga lelap ternyata memiliki banyak manfaat bagi metabolisme dan mentalnya. Tetapi timbul sebuah pertanyaan dari GroMoms, apakah tidur siang bisa menambah berat badan Si Kecil? Apakah itu hanyalah mitos atau justru sebuah fakta? Untuk mengetahui kebenarannya, yuk simak dulu penjelasan berikut ini.

Tidur Siang Bisa Menambah Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Tidur siang pada anak-anak penting dilakukan untuk memberikan jeda dan memulihkan tenaga Si Kecil setelah beraktivitas dari pagi hingga siang hari. Tidak hanya mengembalikan energi mereka, istirahat siang juga banyak memberikan keuntungan pada kesehatan Si Kecil. Namun, salah satu hal yang banyak dipertanyakan oleh GroMoms ialah apakah benar tertidur pulas pada siang hari bisa menambah berat badan Si Kecil? 

Sebenarnya, istirahat siang tidak bisa secara langsung berefek pada berat badan anak-anak. Sebab, banyak faktor yang bisa memengaruhi berat mereka seperti pola makan, tercukupi atau tidaknya kebutuhan nutrisi Si Kecil, dan aktivitas fisik harian mereka. Ketika Si Kecil kurang tidur, frekuensi keinginan untuk makan akan meningkat. 

Tetapi sayangnya seringkali keinginan tersebut diisi dengan mengonsumsi makanan tidak sehat. Meski nafsu makannya meningkat, tubuh Si Kecil tetap merasakan lelah dan tidak punya energi untuk melakukan aktivitas fisik.

Dari kebiasaan makan makanan tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik inilah bisa membuat berat badannya akan meningkat. Namun menurut penelitian dari National Library of Medicine, kurang tidur dan terbiasa mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko obesitas pada Si Kecil. Sebaliknya, menurut Sleep Foundation, jika tidurnya tercukupi, maka risiko Si Kecil terkena obesitas akan berkurang.

Kaitan Antara Tidur Siang dan Berat Badan 

Pada saat Si Kecil tertidur, sistem dalam tubuhnya akan tetap bekerja. Contohnya, meskipun ia sedang tidur, tetapi sistem kekebalan tubuhnya masih berfungsi, dan tubuhnya juga masih melakukan pembakaran kalori dari asupan makanan dan minuman yang telah dikonsumsinya.

Pengaruh Pola Tidur Terhadap Metabolisme Si Kecil

Saat istirahat siang, tubuh dan otak kita turut beristirahat serta memulihkan tenaga. Dari situs Bistro MD, diketahui bahwa organ-organ di dalam tubuh juga memproduksi hormon secara optimal pada saat tidur. Di sisi lain, massa otot juga dapat menjadi lebih baik ketika Si Kecil terbiasa tidur ketika siang. 

Hormon dan massa otot inilah yang menjadi susunan metabolisme Si Kecil. Saat proses produksinya berjalan optimal, maka metabolisme Si Kecil bisa semakin kuat dan tidak mudah terkena penyakit.

Hubungan Antara Tidur Siang dan Pembakaran Kalori

Pembakaran kalori dalam tubuh Si Kecil juga bekerja secara maksimal saat tidur. Sebab, ketika Si Kecil tidur, ada fungsi tubuh yang harus tetap bekerja, seperti penyeimbangan suhu tubuh, sistem pernapasan, serta perbaikan sel dan semua fungsi ini memerlukan kalori.   

Jumlah kalori yang terbakar saat tertidur siang ini berbeda-beda pada setiap anak, tergantung massa tubuh dan berat anak tersebut. Tentu saja angka kalori yang terbakar ini tidak sama besarnya jika sedang berolahraga dan beraktivitas fisik. 

Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Rutin beristirahat saat siang memang bisa menurunkan risiko obesitas pada Si Kecil. Namun tidak hanya itu, ada juga beberapa manfaat lainnya yang bisa Si Kecil dapatkan, seperti: 

  • Metabolisme yang lebih kuat.
  • Menyegarkan tubuh dan tenaga.
  • Meningkatkan ingatan dan fokus Si Kecil.
  • Suasana hati yang lebih stabil.
  • Nafsu makan yang terjaga dan teratur.
  • Tidur malam yang lebih nyenyak.

Berapa Lama Si Kecil Perlu Tidur Siang?

Durasi lama lelapnya Si Kecil harus diperhatikan ya, GroMoms. Sebuah hasil penelitian di National Library of Medicine merekomendasikan anak usia 1-3 tahun untuk tidur selama 11-14 jam dari 24 jam sehari. 

GroMoms bisa membatasi waktu istirahat Si Kecil saat siang selama 1–3 jam saja, ya. Jangan ragu untuk mengatur jam tidur Si Kecil dan membangunkan mereka jika sudah memenuhi durasi tersebut. 

Faktor Lain yang Membantu Mengoptimalkan Berat Badan

Tidur siang bukan satu-satunya faktor yang membantu Si Kecil mencapai berat badan yang optimal, namun juga banyak faktor lain yang ikut menentukan berat badan ini. Faktor lain ini antara lain berupa pola makan, rutinitas Si Kecil, dan pemenuhan kebutuhan nutrisi harian.

Pola makan yang tinggi kalori, misalnya, mampu meningkatkan metabolisme tubuh Si Kecil, sehingga jaringan-jaringan dalam tubuhnya ikut berkembang dan pada akhirnya membantu menambah massa pada tubuhnya. Kemudian rutinitas Si Kecil yang aktif juga memberi kontribusi untuk meningkatkan kebutuhan kalorinya, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan berat badannya juga.

Cara Bunda memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya juga ikut membantu mengoptimalkan berat badannya, terutama dengan memberikan makanan yang tinggi kalori, dan juga susu pertumbuhan yang mampu meningkatkan massa pada tubuhnya.

Bunda, memberikan susu untuk membantu mengoptimalkan berat badan Si Kecil ini mudah loh, selama Bunda dapat memilih merk susu yang tepat. Nah, simak yuk merk susu untuk mengoptimalkan berat badan ini di sini: Susu Pertumbuhan untuk Optimalkan Berat Badan Anak.

Referensi:

  • National Library of Medicine. National Sleep Foundation’s updated sleep duration recommendations: final report. Diakses tanggal 30 November 2023.
    https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29073398/
  • Bistro MD. Sleep and Metabolism: How Napping Can Affect Your Metabolism. Diakses tanggal 30 November 2023.
    https://www.bistromd.com/blogs/health/can-napping-change-your-metabolism.
  • National Library of Medicine. Short sleep duration and weight gain: a systematic review. Diakses tanggal 30 November 2023.
    https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18239586/.
  • Sleep Foundation. How Your Body Uses Calories While You Sleep. Diakses tanggal 30 November 2023.
    https://www.sleepfoundation.org/how-sleep-works/how-your-body-uses-calories-while-you-sleep.
  • Sleep Foundation. Obesity and Sleep. Diakses tanggal 30 November 2023.
    https://www.sleepfoundation.org/physical-health/obesity-and-sleep.
Morigro mendukung program ASI Eksklusif