Si Kecil Lapar, Tapi Tidak Selera Makan? Ini Penyebabnya!

Morigro Februari 22, 2024
anak tidak mau makan

Ada kalanya Si Kecil sebetulnya lapar, tapi ia malah tidak memiliki selera untuk makan. Penyebabnya dapat beragam, dari kekurangan cairan hingga sedang mengalami infeksi virus. Nah, bagaimana hal-hal ini dapat membuatnya kehilangan selera makan meskipun lapar? Baca penjelasannya di sini yuk, GroMoms.

Penyebab Si Kecil Lapar, Tapi Tidak Selera Makan

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan Si Kecil tidak berselera untuk makan, meskipun ia merasa lapar. Berikut beberapa penyebabnya: 

Dehidrasi

Dehidrasi diakibatkan kekurangan cairan dalam tubuh yang mengganggu organ-organ untuk berfungsi dengan semestinya. Karena itu, ketika dehidrasi, Si Kecil akan merasa lapar,  terutama lapar akan makan makanan yang manis-manis.

Pada sisi lainnya, jika ia terlalu kekurangan cairan, maka selera makannya akan hilang. Bahkan, ia menjadi mual dan pusing. Saat cairan dalam tubuhnya sangat sedikit, tubuhnya mencoba memulihkan kadar cairan dengan melepaskan hormon tertentu yang menyebabkannya menjadi tidak lapar. Air liurnya juga berkurang, sehingga ia menjadi  susah untuk mengunyah dan memproses nutrisi pada makanan.

Efek Samping Obat

Jika Si Kecil jatuh sakit, ia perlu mengonsumsi obat yang mungkin menyebabkan efek samping berupa berkurangnya selera makannya. Beberapa obat tertentu, misalnya antibiotik dapat membuat bakteri usus menjadi tidak seimbang jika dikonsumsi selama waktu yang agak lama. Ketidakseimbangan bakteri ini dapat mengganggu pencernaannya, sehingga mengurangi selera makannya meskipun ia merasa perutnya kosong.

Terinfeksi Virus

Infeksi virus tertentu bisa mengganggu kekebalan tubuh Si Kecil sekaligus membuatnya kehilangan nafsu makan. Sebab, virus ini akan dapat menyumbat hidungnya dan membuat lidahnya terasa pahit, sehingga ia tidak dapat mencium aroma makanan dan merasakan cita rasa makanan.

Stres

Si Kecil dapat menjadi stres jika ia merasa tertekan, atau melihat hal-hal yang dapat memicu stresnya. Akibatnya, tubuhnya akan mengeluarkan hormon yang menurunkan selera makan. Penyebab stres ini bisa beragam, mulai dari kurang tidur, rutinitas yang padat, hingga masalah di dalam keluarga.

Rasa cemas ini dapat mengurangi minat Si Kecil terhadap makanan. Bahkan, apabila dibiarkan, stres ini dapat mengganggu sistem pencernaan, sehingga muncul rasa mual dan muntah yang memperparah gangguannya.

Tips Meningkatkan Selera Makan Si Kecil

Jika Si Kecil merasa lapar tapi tidak mau makan terus-menerus, maka kesehatannya terganggu. Nutrisi yang kurang bisa mengganggu tumbuh kembang, sehingga GroMoms perlu melakukan cara-cara berikut  untuk meningkatkan selera makannya. 

Memberikan Cairan dalam Jumlah Cukup

Si Kecil perlu minum air putih yang cukup setiap hari, agar seluruh organ tubuhnya  berfungsi dengan normal. Dengan fungsi organ tubuh yang baik, maka sinyal laparnya akan kembali muncul pada waktunya, sehingga Si Kecil memiliki selera makan lagi. 

Buat Si Kecil Tergiur dengan Aroma Makanan

Selain rasa yang enak, makanan memiliki aroma yang merangsang sinyal lapar dalam tubuh. GroMoms bisa memanfaatkan aroma bumbu masakan yang ditumis, seperti bawang bombay, bawang putih, dan rempah lainnya. Sajikan makanan selagi hangat di piring Si Kecil agar aroma makanannya masih kuat. 

Sajikan Makanan dengan Tampilan Menarik

Penyajian makanan yang terlihat menarik bisa memicu selera makan Si Kecil muncul. GroMoms bisa berkreasi menggunakan sayuran berwarna warni yang dibentuk menyerupai karakter favorit Si Kecil. Selain itu, GroMoms juga bisa coba kreasi bekal bento agar selera makan Si Kecil makin meningkat.

Berikan Makanan dalam Porsi Kecil

Selera makan juga dipengaruhi oleh banyaknya makanan yang dilihat. Porsi yang terlalu banyak mungkin malah membuat Si Kecil mual sehingga tidak jadi menyantap makanan tersebut. Agar ia masih mau makan, GroMoms bisa siapkan porsi yang lebih sedikit. 

Batasi Minum Saat Makan

Meskipun cairan sangat penting menjaga nafsu makan Si Kecil, mengonsumsinya saat sedang makan malah akan menimbulkan masalah. Sebab minum air bisa menimbulkan perasaan kembung, sehingga ia merasa perutnya sudah penuh dan kenyang. Jadi lebih baik GroMoms batasi minum Si Kecil ketika sedang makan. 

Ternyata banyak ya cara untuk membuat Si Kecil mau memakan makanannya kembali? Nah, GroMoms harus pastikan agar Si Kecil tetap mengonsumsi panganan yang mengandung cukup nutrisi untuk aktivitas hariannya, supaya ia bertumbuh dan berkembang dengan baik. 

Nah, agar selera makan Si Kecil timbul kembali, GroMoms dapat memberinya susu khusus untuk meningkatkan nafsu makan. Susu ini tidak hanya dapat meningkatkan nafsu makannya, tetapi juga memiliki kandungan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang susu yang dapat membantumengembalikan nafsu makan Si Kecil, baca artikel berikut, yuk: Susu Anak untuk Menambah Nafsu Makannya. 

Referensi:

  1. CMQ Hospital. Six unusual signs of dehydration you should know about. Diakses 2 Februari 2024. https://hospitalcmq.com/blog/unusual-signs-of-dehydration
  2. Caregiver Relief. Does dehydration Cause Loss of Appetite?. Diakses 2 Februari 2024. https://www.caregiverrelief.com/does-dehydration-cause-loss-of-appetite/
  3. National Library of Medicine. Immunological Mechanisms of Sickness Behavior in Viral Infection. Diakses 2 Februari 2024. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8624889/
  4. Harvard Health. Why Stress Causes People to Overeat. Diakses 2 Februari 2024. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/why-stress-causes-people-to-overeat
Morigro mendukung program ASI Eksklusif