Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Si Kecil di Usia 1 Tahun

Ditulis oleh: Morigro
vitamin penambah nafsu makan

GroMoms, di usia 1 tahun, Si Kecil sering mengalami penurunan nafsu makan yang dapat memengaruhi pertumbuhan mereka. Untuk membantu meningkatkan selera makan dan memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup, vitamin penambah nafsu makan anak 1 tahun bisa menjadi solusi yang efektif, seperti vitamin B, D, dan A. 

Yuk, cari tahu lebih banyak seputar nutrisi tersebut untuk membantu nafsu makannya dalam artikel ini, GroMoms.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks memiliki peran esensial dalam meningkatkan nafsu makan Si Kecil. Misalnya tiamin atau vitamin B1, membantu mengoptimalkan fungsi sistem saraf dan metabolisme karbohidrat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan rasa lapar dan membuat anak mau makan.

Selain itu, vitamin B12 juga dikenal mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan, yang berperan untuk mendukung proses makan dan penyerapan nutrisi menjadi lebih efisien. Kemudian, B7 atau biotin, mampu menjaga kadar gula darah yang sehat. Jika tubuhnya tidak dapat mengubah gula menjadi energi dengan efisien, maka nafsu makannya akan berkurang.

Sumber makanan yang kaya vitamin B kompleks bisa GroMoms temukan dalam telur, ikan, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau. GroMoms dapat mendukung nafsu makan dan energinya yang lebih baik dengan menambahkan makanan-makanan ini ke dalam menu harian Si Kecil. 

Vitamin D

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, vitamin D juga berperan dalam meningkatkan nafsu makan Si Kecil. Nutrisi ini membantu penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh, yang esensial untuk pertumbuhannya. Kekurangan vitamin D sering dikaitkan dengan penurunan nafsu makan, sehingga memastikan anak mendapatkan cukup nutrisi ini adalah langkah penting.

GroMoms bisa memberikan makanan kaya vitamin D seperti ikan salmon, kuning telur, dan susu yang diperkaya nutrisi ini. Paparan sinar matahari pagi juga bisa menjadi sumber alami vitamin D yang sangat baik untuknya.

Vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai penguat sistem imun, tetapi tahukah GroMoms bahwa nutrisi ini juga dapat mendukung nafsu makan Si Kecil? Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik, yang dapat mencegah anemia, atau suatu kondisi yang sering membuat anak kehilangan nafsu makan.

Nutrisi ini juga berperan dalam menjaga kesehatan jaringan tubuh, termasuk sistem pencernaan yang optimal. Bahkan, sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan normal. Kekurangan nutrisi ini dapat memperlambat perkembangan fisiknya.

Makanan kaya vitamin C yang bisa GroMoms tambahkan dalam menu Si Kecil antara lain jeruk, stroberi, kiwi, brokoli, dan tomat. Selain enak, makanan-makanan ini juga menyegarkan dan penuh nutrisi.

Vitamin A

Selain memainkan peran utama dalam menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuhnya, vitamin A juga dapat membantu mendukung nafsu makan yang sehat. Vitamin A berperan dalam menjaga sel-sel epitel yang melapisi saluran pencernaan agar tetap sehat, sehingga proses pencernaan berjalan dengan baik dan anak bisa merasa lebih nyaman saat makan.

Sumber vitamin A yang baik meliputi wortel, ubi jalar, hingga bayam. Memberikan variasi makanan yang mengandung vitamin A akan membuat Si Kecil mendapatkan manfaat penuh dari nutrisi ini, sehingga nafsu makannya tetap terjaga. Jika membutuhkan ide resep kreasi, GroMoms bisa mengaksesnya di sini: Resep Kreasi untuk Si Kecil.

Untuk membantu Si Kecil meningkatkan nafsu makannya, pastikan mereka mendapatkan asupan vitamin B kompleks, D, C, dan A yang cukup. Selain memberikan makanan bergizi yang direkomendasikan, memilih susu pertumbuhan khusus untuk Si Kecil juga sangat penting. 

Ingin tahu lebih lanjut tentang susu penambah berat badan yang ideal untuk anak usia 1 tahun ke atas? Simak artikel berikut untuk menemukan pilihan terbaik: Susu Penambah Berat Badan Anak Usia 1 Tahun ke Atas

Referensi:

  • Klik Dokter. Vitamin dan Mineral Penambah Nafsu Makan Anak. Diakses 06 September 2024. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-anak/vitamin-dan-mineral-penambah-nafsu-makan-anak
  • Nuzest. Best Vitamins To Increase Your Child’s Appetite. Diakses 06 September 2024. https://nuzest.sg/blogs/news/best-vitamins-to-increase-your-child-s-appetite
  • Blood. Lower levels of vitamin A are associated with increased gastrointestinal graft-versus-host disease in children. Diakses 06 September 2024. https://ashpublications.org/blood/article/129/20/2801/36128/Lower-levels-of-vitamin-A-are-associated-with
Morigro mendukung program ASI Eksklusif