Rekomendasi Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Ditulis oleh: Morigro admin
vitamin daya tahan tubuh untuk anak

Pada usia anak-anak, sistem kekebalan tubuh sedang dalam tahap perkembangan, dan asupan vitamin yang tepat sangat penting untuk mendukung sistem imunnya. Vitamin seperti vitamin C, D, dan A dalam makanan sehari-hari berperan penting dalam memperkuat daya tahan tubuh dan melindungi Si Kecil dari penyakit. GroMoms, yuk pelajari lebih lanjut peran setiap jenis vitamin daya tahan tubuh untuk anak berikut ini. 

Vitamin C

Jenis vitamin yang terpenting untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil, vitamin C berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu tubuh melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, vitamin ini juga bertindak sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. 

GroMoms bisa memasukkan daftar makanan kaya vitamin C ke dalam menu harian Si Kecil untuk mencukupi kebutuhan hariannya. Misalnya, buah-buahan dan sayur seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan brokoli. Dengan asupan vitamin yang cukup, risiko terkena infeksi dan penyakit ringan akan lebih rendah. 

Vitamin D

Selain vitamin C, vitamin D juga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Vitamin D juga berperan dalam membantu sel darah putih untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. 

Selain dapat memperkuat sistem imun tubuh, jenis vitamin ini juga membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efektif sehingga membantu memperkuat tulang anak. Tentu saja hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan fisiknya. 

Agar asupan vitamin D harian cukup, tambahkan makanan seperti ikan salmon, telur, kacang-kacangan, dan jamur ke dalam menu Si Kecil. Selain dari makanan, vitamin D juga bisa diperoleh secara alami dari paparan sinar matahari. Jadi, ajaklah Si Kecil bermain di luar sekitar pukul 6-8 pagi hari untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sinar matahari.

Vitamin A

Vitamin A lebih dikenal dengan fungsinya untuk menjaga kesehatan mata, tetapi perannya dalam menjaga daya tahan tubuh tidak kalah penting. Jenis vitamin yang satu ini berperan dalam membentuk membran mukosa yang kuat. 

Membran mukosa adalah jaringan yang melapisi organ tubuh untuk membatasi virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh. Jadi, vitamin A mendukung kekuatan membran mukosa, yang berfungsi sebagai pertahanan pertama tubuh terhadap infeksi mikroba berbahaya.

Untuk memastikan Si Kecil mendapatkan manfaat maksimal dari vitamin A, sajikan makanan kaya vitamin ini secara teratur. Wortel merupakan salah satu sumber vitamin A yang paling terkenal, tetapi ubi dan bayam juga kaya akan nutrisi ini. Menambahkan makanan-makanan tersebut dalam menu harian Si Kecil dapat memperkuat sistem kekebalan tubuhnya sekaligus menjaga kesehatan matanya.

Vitamin E

Radikal bebas merupakan molekul yang akan merusak sel-sel tubuh serta meningkatkan risiko penyakit berbahaya, seperti infeksi pernapasan dan gangguan pertumbuhan. Vitamin E berperan penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari risiko paparan radikal bebas tersebut. 

Asupan vitamin E yang cukup membantu menjaga kekuatan sel-sel tubuh Si Kecil, melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas, dan memperkuat daya tahan tubuhnya secara keseluruhan.

Sumber vitamin E dapat ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, hingga minyak sayur. Usahakan untuk selalu memberikan vitamin E dengan teratur setiap hari kepada Si Kecil sebagai upaya untuk memberikan perlindungan ekstra untuk sel tubuhnya.

Peran vitamin sangat vital dalam menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Selain memastikan Si Kecil mendapatkan berbagai vitamin dari makanan bergizi, tambahkan juga susu Morinaga Morigro yang mengandung vitamin penting untuk daya tahan tubuh anak. 

Susu pertumbuhan ini juga melengkapi asupan nutrisi harian Si Kecil dan mendukung kesehatan secara menyeluruh. Yuk, GroMoms cari tahu lebih lengkap kandungan dan keunggulan susu Morinaga Morigro di sini: Kandungan dan Manfaat Susu Morigro Bagi Keseimbangan Gizi Anak.

Referensi: 

  • Eat Right. How Vitamin C Supports a Healthy Immune System. Diakses 6 September 2024. https://www.eatright.org/health/essential-nutrients/vitamins/how-vitamin-c-supports-a-healthy-immune-system
  • Solius. The Role of Vitamin D in the Immune System. Diakses 6 September 2024. https://www.solius.com/vitamin-d-immune-system
  • Science Direct. Understanding the Role of Vitamin A and Its Precursors in the Immune System. Diakses 6 September 2024. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0985056221002156/ 
  • Science Direct. Vitamin E and Immunity. Diakses 6 September 2024. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/B9780123869609000083
Morigro mendukung program ASI Eksklusif