Contoh Kegiatan Motorik Kasar untuk Si Kecil pada Usia 3-5 Tahun

Ditulis oleh: Morigro
contoh motorik kasar anak bermain

Pada masa balita, Si Kecil akan mengembangkan kemampuan koordinasi anggota-anggota tubuhnya melalui berbagai kegiatan motorik kasar. Contoh kegiatan ini antara lain berlari, bersepeda, lompat tali, dan lain-lain. Setiap kegiatan ini akan dipelajarinya secara bertahap, sehingga kemajuan yang dialaminya pun akan berbeda di setiap pertambahan usianya. GroMoms, mari simak tentang perkembangan kegiatan tersebut di sini.

Usia 3-4 Tahun 

Pada usia ini, Si Kecil akan belajar menguasai keterampilan motorik kasar berupa berjalan dengan lurus. Dengan aktivitas ini, ia berlatih menjaga keseimbangan tubuhnya serta mengkoordinasi gerakan kedua kakinya.

Ia juga cenderung lebih sering melompat-lompat dibandingkan ketika ia masih berusia 2 tahun. Melompat tidak hanya membantunya mempertahankan keseimbangan, tetapi juga melatih kekuatan otot tungkainya.

Aktivitas lainnya yang juga mulai dilakukannya adalah melempar dan menangkap bola. Melalui kegiatan ini, ia belajar mengkoordinasikan gerakan antara kedua tangan dan matanya. Selain itu, ia juga mengembangkan refleks dan kecepatan responnya. Dengan banyak bermain lempar tangkap bola, kekuatan otot lengan dan ketangkasannya juga akan meningkat.

Untuk memberikan stimulasi bagi keterampilan motorik kasar Si Kecil, sebaiknya GroMoms juga memilihkan aktivitas yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Pastikan juga bahwa lingkungan bermainnya aman, sehingga ia akan mampu bermain dengan bebas.

Usia 4-5 Tahun 

Pada usia ini, keterampilan motorik kasar Si Kecil sudah berkembang dengan semakin baik. Ia juga sudah mulai melakukan aktivitas yang lebih rumit, seperti berlari, bersepeda, atau bermain lompat tali.

Aktivitas berlari tidak hanya mengembangkan kekuatan otot kakinya, tetapi juga melatih koordinasi kaki dan keseimbangan tubuhnya. Ia akan belajar mengendalikan kecepatan serta mengatur pernapasan dengan baik. Aktivitas ini juga cukup baik dalam meningkatkan kapasitas fungsi jantung dan parunya.

Selain itu, pada usia ini, ia akan mulai belajar mengayuh sepeda dengan roda tiga atau roda bantu. Bersepeda akan mengasah kemampuan koordinasi mata, tangan, dan kakinya. Kekuatan otot tungkainya juga akan meningkat, dan akhirnya rasa percaya dirinya pun berkembang.

Aktivitas lain yang juga memperkuat otot kakinya pada usia ini adalah bermain lompat tali. Permainan ini juga akan melatih kemampuan koordinasi tangan dan kakinya, serta menjaga keseimbangan tubuhnya. Melalui permainan lompat tali, ia juga dapat bertemu teman-teman baru, sehingga kemampuan bersosialisasinya pun akan meningkat.

Usia 5-6 Tahun 

Pada usia ini, biasanya Si Kecil telah mulai bersekolah, sehingga memberinya lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan motorik kasarnya. Ia mungkin akan mempelajari hal-hal baru, misalnya bermain sepak bola atau berlomba lari bersama teman.

Sepak bola melibatkan banyak sekali aspek keterampilan ini, seperti berlari, menendang, serta mengkoordinasikan kerja antara mata, kaki, dan seluruh rangka tubuh. Permainan ini juga akan mengajarinya tentang kerja sama tim yang baik dan kemampuan bersosialisasi.

Pelajaran olahraga yang didapatkannya juga akan mengajarkannya tentang berlari, yang kerap kali dilakukannya dengan berlomba bersama kawannya. Dengan berlari ini, maka ia tidak hanya akan memperkuat otot kakinya, tetapi juga meningkatkan kapasitas parunya dan akhirnya mengembangkan ketahanan fisiknya.

Melatih motorik kasar Si Kecil tidak hanya penting untuk perkembangan fisik, tapi juga berperan dalam mendukung kecerdasan majemuknya. Aktivitas fisik seperti berlari, melompat, dan bermain bola dapat merangsang koordinasi, keseimbangan, dan keterampilan sosial, yang semuanya berkontribusi pada berbagai aspek kecerdasan. Untuk lebih memahami cara mendukung kecerdasan majemuk Si Kecil secara menyeluruh, yuk, cek informasi lengkapnya di sini: Kecerdasan Majemuk

Referensi

  • Fennies Nurseries. Examples of Gross Motor Skills in Children (birth to 5 years). Diakses pada 04 September 2024. https://www.fennies.com/post/gross-motor-skills-examples
  • Empowered Parents. A List of Gross Motor Skills Examples by Age. Diakses pada 04 September 2024. https://empoweredparents.co/gross-motor-skills-examples/
  • Cleveland Clinic. Gross Motor Skills. Diakses pada 04 September 2024. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/gross-motor-skills
Morigro mendukung program ASI Eksklusif