Silky Coco Avocado, Dessert Lezat dan Sehat

Administrator Agustus 21, 2024
Silky Choco Avocado 1920x1080px 1 11zon

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah alpukat? Memiliki tampilan berwarna hijau, dengan daging yang lembut, dan memiliki biji yang besar di tengahnya. Tahukah GroMoms? Buah ini berasal dari Amerika Tengah, tepatnya di Meksiko Selatan dan Honduras. Sementara itu, buah alpukat dikenal di Indonesia sekitar tahun 1750.

Alpukat termasuk jenis superfood, khususnya super fruit karena kaya dengan nutrisi. Alpukat merupakan sumber vitamin C, E, K, vitamin B6, riboflavin, niasin, folat, kalsium, dan kalium. Selain itu, alpukat juga mengandung 80% serat makanan dengan jumlah kandungan gula sangat sedikit hanya 0,2% saja.

Nutrisi yang dimiliki alpukat inilah, menjadikan buah alpukat sebagai salah satu buah yang membawa manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buah alpukat memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan mata Si Kecil. Kedua kandungan ini dipercaya dapat membantu menyerap cahaya biru dari matahari penyebab katarak dan degenerasi makula. Degenerasi makula yakni gangguan penglihatan karena terjadi penurunan fungsi makula, yakni bagian kecil di tengah retina mata.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Saluran Cerna

Alpukat juga merupakan buah yang kaya serat. Tentunya kandungan serat inilah yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna. Serat juga berperan untuk menurunkan risiko sembelit. Selain itu, kandungan serta dalam alpukat bisa membuat kenyang lebih lama. 

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi sehingga bisa menurunkan kadar LDL (lemak jahat) di dalam tubuh. Alpukat juga mengandung kalium lebih tinggi apabila dibandingkan dengan pisang. Kalium ini berperan untuk menjaga irama jantung agar tetap teratur. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Vitamin E yang terkandung dalam alpukat dapat melindungi dari penyakit alzheimer, yakni penurunan daya ingat dan daya pikir. Antioksidan dalam kandungan vitamin E pada alpukat inilah juga akan membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.

  1. Baik untuk Ibu Hamil

Alpukat juga mengandung folat yang bermanfaat untuk mengoptimalkan kesehatan ibu hamil serta pertumbuhan janinnya. Asam folat memiliki manfaat untuk mendukung pertumbuhan sel dan jaringan baru. Sehingga asam folat dipercaya untuk memperkecil risiko bayi lahir cacat.

GroMoms, ternyata beberapa kandungan nutrisi dalam alpukat memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan, ya? Nah tertarik untuk membuat olahan dari alpukat? Yuk, coba resep “Silky Coco Avocado.” Menu ini bisa dijadikan kreasi menu dessert untuk Si Kecil, lho! Berikut resep selengkapnya.

Bahan:

  • 300g daging buah alpukat, potong-potong, siram dengan 1 sdm air jeruk lemon aduk rata.
  • 100g kelapa muda kerok, sangat haluskan.
  • 10 sendok takar MORIGRO VANILA.
  • Es batu secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Masukkan susu dan es batu ke dalam tabung blender, lalu haluskan
  2. Ambil gelas saji, lalu isi dengan potongan alpukat, lalu semprotkan whipped cream, lalu isi lagi dengan potongan alpukat dan kerokan kelapa muda halus bagian atas, tuangi dengan MORIGRO VANILA  yang telah di haluskan. 

*Untuk 2 porsi

Dari resep ini, GroMoms bisa, lho, jika mau dikreasikan lagi. Misalnya, kalau Si Kecil kurang suka kelapa muda kerok, GroMoms bisa ganti dengan jelly atau mungkin nata de coco. GroMoms bisa sesuaikan dengan kesukaan Si Kecil, ya. Yuk segera praktikkan resep ini di rumah. Jika GroMoms membutuhkan ide kreasi resep dessert lainnya, kunjungi link berikut: Kreasi Resep Morinaga Morigro.

Sumber:

Informasi Nutrisi
Energi 94 Kalori
Protein 1,1 gram
Serat 1,1 gram
Lemak 8,5 gram
Karbohidrat 3,8 gram
Morigro mendukung program ASI Eksklusif