4 Vitamin Penting yang Membantu Menambah Berat Badan Anak

Ditulis oleh: Morigro
buah bervitamin

Menyediakan nutrisi yang tepat dan memadai bagi anak adalah kunci dalam membantu pertumbuhan dan peningkatan berat badannya. Vitamin-vitamin tertentu memiliki peran penting dalam mendukung proses ini. Dengan memberikan perhatian pada asupan gizi dan makanan sehari-hari yang kaya akan nutrisi serta mempertimbangkan pemberian vitamin yang tepat, GroMoms dapat membantu Si Kecil dalam tumbuh kembangnya dengan sehat dan optimal. Yuk, simak penjelasan tentang vitamin yang berperan sebagai penambah berat badan anak berikut ini.

Vitamin A

Vitamin A berperan dalam mendukung pertumbuhan yang sehat dan memastikan kesehatan tubuh anak tetap optimal. Dengan kata lain, asupan vitamin A yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh Si Kecil. Vitamin A juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan mata dan kulit, serta memperkuat daya tahan tubuh anak. Dengan tubuh yang sehat dan daya tahan yang baik, anak dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya, termasuk penambahan berat badan yang sehat.

Anak usia 1-9 tahun disarankan untuk mengonsumsi sekitar 400-500 mikrogram (mcg) vitamin A setiap harinya. Dengan asupan vitamin A yang cukup, Si Kecil dapat memperoleh manfaat yang optimal untuk kesehatan dan pertumbuhan mereka.

Vitamin B

Vitamin B berperan dalam mendukung sistem pencernaan yang sehat maupun fungsi metabolisme tubuh. Dengan begitu, tubuh Si Kecil akan lebih mampu menyerap nutrisi, sehingga nutrisi ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

Menjaga kesehatan pencernaan akan memastikan bahwa nutrisi yang dicerna dapat menjadi energi untuk beraktivitas. Tak hanya itu, vitamin B secara tidak langsung membantu proses perubahan karbohidrat, protein dan lemak menjadi kalori. Kalori ini bukan hanya sebagai sumber tenaga, tetapi diperlukan untuk menambah berat badan. 

Vitamin C

Dikenal sebagai penunjang sistem imunitas, ternyata vitamin C yang nama lainnya ialah ascorbic acid ini juga berpengaruh dalam mendukung pertambahan berat badan anak-anak. Saat meningkatkan imunitas tubuh, ascorbic acid memastikan mereka tidak mudah sakit. Hal ini membuat nutrisi yang diserap dari makanan dapat digunakan untuk pertumbuhan, bukan hanya melawan infeksi penyakit. 

Ascorbic acid juga berperan dalam kesehatan pencernaan dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi Si Kecil. Kesehatan mulut yang terjaga membuatnya dapat makan dengan lancar dengan memudahkan memecah makanan menjadi potongan kecil. Ini memudahkan lambung dan usus dalam memecah nutrisi dan menyerapnya. 

Dalam proses penyerapan nutrisi, ascorbic acid membantu tubuh menyerap zat besi. Ascorbic acid juga mempengaruhi penyerapan vitamin B dan vitamin D, yang sangat esensial dalam mendukung pertumbuhan Si Kecil.

Fungsi vitamin ini sangatlah penting, terutama dalam penyerapan vitamin D. Si Kecil yang kekurangan vitamin D akan mengalami beberapa gangguan pada tumbuh kembangnya seperti pertumbuh terlambat dan kelemahan pada otot. Untuk menghindari risiko ini ada beberapa hal yang perlu GroMoms lakukan. Untuk panduannya, yuk baca artikel berikut ini: Akibat Kekurangan Vitamin D pada Pertumbuhan Anak.

Vitamin D

Vitamin D, atau sering disebut juga kalsiferol, dapat meningkatkan penyerapan kalsium yang akan mempengaruhi pertumbuhan tulang Si Kecil. Tak hanya itu, kalsiferol juga mencegah infeksi dan peradangan. Hal ini berpengaruh terhadap berat badannya, sebab kedua hal tersebut merupakan penyebab mengapa berat badan Si kecil sulit naik. 

Berdasarkan suatu penelitian yang dipublikasikan di ScienceDirect, dengan memenuhi kebutuhan kalsiferol harian pada anak malnutrisi, maka berat badannya akan dapat meningkat.

Itulah vitamin esensial yang dibutuhkan Si Kecil dalam membantu menambah berat badannya. GroMoms juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian Si Kecil ini dengan menyajikan susu secara rutin setiap hari. 

Penasaran bagaimana susu bisa mendukung pertambahan berat badan? Cek di sini, yuk Ini Dia, Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun

Referensi:

  • RSIA Stella Maris. Ini Vitamin Penambah Berat Badan Anak! Diakses pada tanggal 21 Desember 2023. https://www.rsiastellamaris.com/info/get/ini-vitamin-penambah-berat-badan-anak-TIPS202107230001
  • Morinaga Chilgo. Jenis Vitamin Penambah Berat Badan Si Kecil. Diakses pada tanggal 21 Desember 2023. https://morinagachilgo.com/artikel/vitamin-penambah-berat-badan-si-kecil
Morigro mendukung program ASI Eksklusif