Jenis Permainan Anak yang Mendidik di Masa Kini

Ditulis oleh: Morigro
permainan anak yang mendidik

Memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai alat stimulasi canggih memberikan banyak keuntungan bagi perkembangan Si Kecil. Apalagi saat ini banyak permainan yang dirancang tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik tetapi juga mendidik Si Kecil. Untuk menemukan games berbasis digital yang mampu merangsang kecerdasan Si Kecil, baca artikel ini samai selesai, ya. 

Puzzle Digital

Permainan teka-teki gambar menggabungkan antara hiburan, pendidikan dan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Latihan seperti ini membantu melatih otak untuk merangsang memori belajarnya dalam mengingat letak bagian yang cocok sampai membentuk gambar secara keseluruhan saat disatukan. Kemampuan mengingat yang baik merupakan keterampilan mendasar agar bisa unggul dalam berbagai mata pelajaran, baik matematika sampai sejarah sekalipun. 

Menyusun teka-teki bergambar membutuhkan kesabaran dan kegigihan. Oleh karena itu, mengajak Si Kecil bermain games ini membantunya belajar mengatasi masalah dengan berhati-hati, sekaligus mengajarkannya bahwa tidak apa-apa untuk berbuat salah selama proses belajar. Hal ini akan membuatnya berani untuk mencoba, serta tidak mudah menyerah saat menghadapi tantangan yang kelak akan dihadapi.

Game Edukasi Berbasis Aplikasi

Aplikasi game edukasi memiliki beragam fitur yang efektif dalam melibatkan pemainnya dalam proses pembelajaran. Belajar menjadi jauh lebih bermakna karena Si Kecil aktif berpikir saat memainkan gamenya. Selain itu, juga dapat menjadi sarana berinteraksi sosial antara orang tua dan anak. 

Piihan aplikasinya sangat banyak. Moms tinggal memilih sesuai kebutuhan. Misalnya ingin mengajarkannya mengenai literasi dan berbahasa di usia awal. Maka pilihlah aplikasi yang menawarkan pengembangan awal keterampilan membaca melalui bunyi dan mengeja, mempelajari kosakata, memahami bacaan, dan menulis. 

Games ini dirancang untuk mendukung perkembangan literasinya, di mulai memperkenalkan alfabet, menyusun kalimat, sampai cerita melalui interaksi yang menyenangkan dan interaktif. Gabungan antara gambar menarik dan suara-suara akan menarik perhatian dibandingkan ketika belajar hanya menggunakan flash card biasa. 

Permainan Memasak Virtual

Keunggulan permainan memasak virtual mengajarkan kreativitas melalui eksperimen menyajikan makanan. Memainkannya dapat belajar membebaskan imajinasi tanpa batasan, sehingga bisa meningkatkan kepercayaan diri Si Kecil saat mengeluarkan idenya. 

Tidak hanya itu, keterampilan motorik halusnya akan terstimulasi dengan menyeimbangkan koordinasi tangan dan matanya. Daya ingat serta memorinya turut meningkat berkat belajar mengenal bahan-bahan makanan, mengikuti petunjuk resep, dan mencoba langsung proses memasak menggunakan simulasi yang realistis. 

Permainan Musik Interaktif 

Games jenis ini membantu mengajarkan Si Kecil tentang ritme, melodi, dan harmonisasi melalui kegiatan yang menyenangkan. Melalui nyanyian, permainan alat musik virtual, sampai mengikuti koreografi atau gerakan yang sederhana. Faktanya, lebih dari sekadar hiburan, permainan ini dapat merangsang area otak dalam mendorong perkembangan kognitif, melalui keterlibatannya mengingat, fokus, dan memecahkan masalah

Aktivitas berbasis ritme sangat bagus dalam mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar, artinya kemampuan koordinasi dan kelincahan fisiknya semakin meningkat. Melalui eksperimen menggunakan suara-suara dan ekspresi diri melalui musik, akan memancing munculnya potensi kreatifnya. Efek menenangkan dari musik dapat membantu mengelola stres dan mengatur emosinya. 

Untuk mengoptimalkan perkembangan kecerdasan Si Kecil perlu dilakukan stimulasi yang rutin. Ada banyak cara untuk merangsang kecerdasan, salah satunya melalui permainan seru dan menyenangkan. Untuk menemukan ide permainannya, kunjungi halaman berikut yuk: Ide permainan untuk Mengembangkan Keerdasan Si Kecil.

Sources : 

  • Skidos. Fun Online Puzzles for Kids Help in Learning. Diakses pada tanggal 05 September 2024. https://skidos.com/blog/fun-online-puzzles-for-kids-help-in-learning/
  • Online Wilson Edu. Educational Apps for Toddlers. Diakses pada tanggal 05 September 2024. https://online.wilson.edu/resources/educational-apps-for-toddlers/
  • Euro School India. Best Cooking Games for Kids to Play and Enjoy. Diakses pada tanggal 05 September 2024. https://www.euroschoolindia.com/blogs/best-cooking-games-for-kids-to-play-and-enjoy/
  • Parenting Firstcry. 15 Interactive Music Games for Kids. Diakses pada tanggal 05 September 2024. https://parenting.firstcry.com/articles/15-interactive-music-games-for-kids/?ref=interlink
Morigro mendukung program ASI Eksklusif