Snowy Purple Doughnut untuk Menu Camilan Si Kecil

Administrator Agustus 21, 2024
Snowy Purple Doughnut 1920x1080px 1 11zon

Donat atau doughnut merupakan camilan yang sering kita temui. Biasanya bentuknya seperti cincin dan dikasih aneka toping. Seringkali donut dijadikan teman untuk santai bersama teman atau keluarga. Camilan yang satu ini bisa dibilang camilan yang tak lekang oleh waktu, hanya di zaman sekarang topingnya lebih beraneka ragam..

Itulah sedikit sejarah asal-usul donat ya, GroMoms. Sekarang, GroMoms bisa menemukan aneka donut dengan beragam toping. Bahan dasarnya pun ada yang dari tepung ataupun donut yang dicampur dengan kentang atau dikenal dengan donut kentang. 

Tapi, kalau Si Kecil sudah mulai bosan dengan donut yang ada di pasaran, GroMoms bisa buat sendiri di rumah. Yuk, coba buat resep “Snowy Purple Doughnut.” Resep donut kali ini akan beda dengan yang ditawarkan di pasaran. Donutnya bukan lagi dicampur dengan kentang, namun dengan ubi ungu. 

Ubi ungu tidak hanya memberikan rasa yang manis alami, yang pastinya disukai anak-anak. Ubi ungu juga memiliki warna yang cantik sehingga anak-anak akan lebih tertarik untuk menyantapnya. Tentunya tidak hanya itu, masih ada banyak manfaat ubi ungu untuk kesehatan. Apa saja manfaat yang terkandung dalam ubi ungu? Yuk, simak penjelasannya berikut.

  1. Sumber Karbohidrat

Ubi ungu mengandung karbohidrat sehingga bisa dijadikan sumber energi bagi Si Kecil. Dalam 100g ubi ungu mengandung sekitar 86 kalori. Ini bisa dijadikan alternatif pengganti nasi. Kandungan kalori yang tinggi dan tentunya juga sehat, ubi ungu bisa membantu menambah berat badan dan perkembangan fisik anak.

  1. Memperkuat Sistem Imun

Ubi ungu memiliki kandungan vitamin C dan E yang dapat membantu memperkuat sistem tubuh. Selain itu, daging ubi ungu mengandung betakaroten. Nah, jika Si Kecil mengonsumsi ubi ungu, betakaroten tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Karena ubi ungu juga mengandung antioksidan, jika vitamin A dan antioksidan ini berkolaborasi, maka akan berdampak baik untuk menjaga kesehatan usus. Apabila kondisi kesehatan usus terjaga dengan baik, secara otomatis kekebalan tubuh Si Kecil pun makin kuat.

  1. Mencegah Anemia dan Memperkuat Tulang

Siapa sangka, ubi ungu juga mengandung kalsium dan zat besi, lho. Kandungan kalsiumnya membantu untuk memperkuat tulang. Sedangkan kandungan zat besinya bermanfaat untuk mencegah anemia. 

Ternyata banyak juga ya, manfaat buat kesehatan dari sebuah ubi ungu. Nah, makin penasaran dengan resep Snowy Purple Doughnut? Berikut bahan dan proses pembuatannya.

Bahan:

  • 450g tepung cakra/komachi.
  • 350g ubi ungu kukus (haluskan).
  • 100g gula pasir.
  • 100g Morinaga Morigro Vanila.
  • 4 butir kuning telur.
  • 11g ragi instan.
  • 1/2 sdt Baking Powder Double Acting.
  • 200 ml susu cair dingin.
  • 100 ml air putih dingin.
  • 1 sdm butter/margarine.
  • Sejumput garam.

Cara Membuat:

  • Campur semua bahan kecuali butter dan garam, uleni sambil dituang susu cair dingin dan air hingga kalis. Masukkan butter dan gram, ulenin hingga kalis.
  • Setelah kalis banting adonan sampai tidak lengket, jangan lupa taburi tepung cakra sedikit demi sedikit.
  • Setelah adonan sudah kalis elastis lalu diamkan/proofing ke 1 adonan dengan menutup adonan dengan plastic wrap sampai mengembang 2x lipat.
  • Kempiskan adonan lalu timbang 50gr dan bulatkan adonan, diamkan 30 menit lagi lalu lubangi tengahnya.
  • Goreng hingga kuning keemasan.

GroMoms juga bisa ajak Si Kecil dalam proses membuatnya, ya. Memasak bareng Si Kecil juga bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak, lho. Biasanya jika anak dilibatkan dalam proses membuatnya, ia juga akan lebih semangat untuk memakannya. Dalam penyajiannya pun, GroMoms juga bisa kreasikan, misalnya ingin ditambah toping meses, icing sugar, atau taburan keju. GroMoms bisa sesuaikan dengan selera Si Kecil. Dengan demikian, Si Kecil pun akan lebih semangat saat menyantapnya.

Yuk, segera praktikkan resep ini di rumah, ya. Jika ingin mencoba kreasi resep lainnya, GroMoms bisa klik link berikut: Kreasi Resep Morigro. Selamat mencoba!

Sumber:

Informasi Nutrisi
Energi 134 Kalori
Protein 3,5 gram
Serat 0,8 gram
Lemak 2,5 gram
Karbohidrat 24,4 gram
Morigro mendukung program ASI Eksklusif