Resep Banana Choco Muffin yang Super Enak

Administrator Agustus 21, 2024
1920x1080px Banana Choco Muffin 1 11zon 1

GroMoms pisang merupakan salah satu buah yang mudah banget untuk di dapatkan. Selain dijadikan bahan olahan seperti pisang goreng, pisang nuget, pisang bakar, buah pisang juga nikmat jika disantap langsung. Makanya tidak heran kalau buah pisang salah satu makanan yang digemari dari segala kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Buah pisang juga sangat kaya nutrisi yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan Si Kecil. Berikut beberapa manfaat pisang untuk kesehatan.

  1. Jaga Kesehatan Saluran Cerna

Pisang mengandung serat yang dikenal dengan pektin, yakni serat yang larut dalam air. Pisang yang semakin matang, maka kandungan pektinnya juga lebih tinggi. Pektin berperan untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana yang nantinya akan diedarkan ke seluruh tubuh. Serat yang terkandung dalam buah pisang juga dapat mencegah masalah pencernaan yang mungkin terjadi, seperti sembelit, kembung, dan masalah pencernaan lainnya.

  1. Baik untuk Kesehatan Otak

Kandungan kalium dalam buah pisang berperan untuk kesehatan otak, terutama untuk meningkatkan fungsi otak, seperti kemampuan berpikir, mengingat, dan konsentrasi. Selain kalium, pisang juga mengandung magnesium yang membantu sel-sel otak saling “berkirim” sinyal sehingga dapat meningkat kerja otak. Makanya tidak heran orang tua seringkali memberikan buah pisang menjadi untuk anak bahkan sebagai MPASI karena memang baik untuk mendukung proses belajar Si Kecil.

  1. Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam pisang juga tinggi. Antikosidan dalam buah pisang berperan untuk memperkuat daya tahan tubuh dan melawan radikal bebas. Para pakar kesehatan juga menyebutkan, kalau kandungan antioksidan dalam pisang juga membantu tubuh memproduksi hormone dopamine dan katekin yang berfungsi untuk mencegah stress dan peradangan.

Saat sudah mengetahui manfaat buah pisang untuk kesehatan, GroMoms makin tertarik untuk membuat olahan dengan bahan dasar pisang? Nah, GroMoms bisa mencoba membuat resep “Banana Choco Muffin.” Penasaran apa saja bahannya dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak resepnya berikut ini.

Bahan: 

  • 100g tepung terigu self raising
  • 100g Morinaga Morigro Vanila, seduh dalam  250 air hangat
  • 300g tepung pisang, siap pakai
  • 3 sdm chia seed
  • 50g Morinaga Morigro Madu, seduh dalam 150 ml air hangat
  • 2 sdm Morinaga Morigro Madu
  • 2 sdm cokelat bubuk
  • 2 sdm madu
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm biji bunga matahari panggang
  • 1 sdt vanila ekstrak

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 1800C, siapkan loyang muffin lubang 8–12, alasi dengan mangkuk kertas. 
  2. Campur tepung terigu pisang dengan  chia seed dan 150 ml MORIGRO cair  ke dalam mangkuk,  diamkan selama 2–3 menit. 
  3. Tambahkan susu bubuk  Morinaga Morigro Madu, cokelat bubuk, , madu dan baking powder, aduk rata. Masukkan biji bunga matahari, dan vanila ekstrak. Aduk sampai tercampur rata. 
  4. Masukkan adonan ke dalam setiap lubang loyang muffin secara merata sampai penuh, taburi dengan biji bunga matahari. 

Terlihat menarik, bukan? GroMoms bisa sajikan menu “Banana Choco Muffin” ini saat berkumpul bersama keluarga. GroMoms juga bisa kreasikan kembali lho resep ini sesuai dengan selera Si Kecil, misalnya jika Si Kecil suka dengan keju, GroMoms bisa ganti taburannya dengan keju parut. Dengan demikian Si Kecil pun makin lahap untuk menyantapnya.

Sumber:

Informasi Nutrisi
Energi 148 Kalori
Protein 3,3 gram
Serat 1,3 gram
Lemak 4,4 gram
Karbohidrat 24,6 gram
Morigro mendukung program ASI Eksklusif