Cheesy Chicken Balls: Ide Resep untuk Camilan Si Kecil

Administrator Agustus 21, 2024
Bola ayam keju

‘Ngemil’ tidak selamanya buruk, lho GroMoms. Justru camilan bisa menjadi menu tambahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil. Namun yang perlu GroMoms perhatikan yakni waktu memberikan camilan dan nutrisi yang terkandung dalam menu camilan tersebut. 

Dalam memberikan camilan untuk Si Kecil, sebaiknya jangan mendekati waktu makan utamanya. Jika Si Kecil ngemil di waktu mendekati jam makan menu makanan utamanya, ia justru akan merasa kenyang. Padahal, menu makanan utama menjadi asupan energi dan nutrisi yang penting untuk tubuh Si Kecil.

Waktu yang tepat untuk memberikan camilan pada Si Kecil disarankan 2 jam sebelum waktu makan menu utamanya. Hal ini bertujuan untuk memberikan jeda agar lambung Si Kecil kosong dan ia merasakan lapar. Tahu kah, GroMoms? Cara ini juga bisa menjadi cara untuk menciptakan kebiasaan makan yang sehat bagi Si Kecil, yaitu makan ketika tubuh sudah merasa lapar.

Yang tidak kalah penting juga, GroMoms perlu memberikan camilan yang sehat. Karena jika camilan Si Kecil tidak dikontrol kandungan nutrisinya, justru bisa menjadi bumerang kalau ‘kebablasan.’ Apa saja sih yang perlu GroMoms perhatikan dalam menentukan menu camilan Si Kecil?

  1. Camilan Harus Mengandung Gizi

Ada beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya, seperti karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, vitamin, asam folat, AA dan DHA, omega-3&6, serta masih banyak lainnya. Mengingat ada beberapa nutrisi penting yang berperan untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil, berikut beberapa rekomendasi camilan yang bisa GroMoms jadikan sebagai bahan menu camilan Si Kecil:

Karbohidrat: roti, pasta, ubi, dan jagung.

Protein: telur dan kacang-kacangan.

Vitamin: aneka buah potong

Kalsium: produk olahan susu, seperti keju atau yoghurt

Dan masih banyak contoh bahan makanan yang sehat yang bisa dijadikan menu camilan sehat untuk Si Kecil.

  1. Hindari Camilan yang Mengandung Gula Berlebih

Disarankan untuk tidak memberikan camilan yang terlalu manis. Camilan yang terlalu manis bisa menyebabkan Si Kecil kurang selera makan saat waktunya makan menu utamanya. Selain itu, gula yang berlebihan juga bisa menjadi pemicu gigi berlubang.

  1. Batasi Camilan dengan Garam dan Lemak Jenuh Tinggi

Selain makanan manis, GroMoms juga perlu memerhatikan camilan yang mengandung tinggi garam, contohnya seperti fast food. Camilan fast food juga memiliki lemak jenuh yang tinggi, namun tidak diimbangi dengan kandungan serat. Seperti yang sudah kita ketahui, kalau lemak jenuh bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan untuk jangka panjang.

Nah kalau GroMoms bingung mau membuat menu camilan sehat untuk Si Kecil, GroMoms bisa coba resep Cheesy Chicken Balls dari Morinaga Morigro. Untuk bahan dan cara membuatnya, GroMoms bisa simak pada uraian berikut.

BAHAN

  • 100g daging ayam, rebus lalu potong halus bentuk dadu
  • 200g keju cheddar parut
  • 100g terigu
  • 100g margarin
  • 160g Morinaga Morigro Vanila, seduh dalam 350 ml air hangat
  • 50g bawang bombai, cincang halus
  • 1 sdt garam

PELAPIS

  • 100g terigu
  • 100g tepung roti halus
  • 2 butir telur, kocok
  • 600ml minyak goreng secukupnya

CARA MEMBUAT :

  1. Tumis bawang bombai hingga harum, masukkan terigu sekaligus dan aduk dengan cepat
  2. Tuang  MORIGRO VANILA cair  sedikit demi sedikit sambil aduk terus hingga rata dan adonan menyatu membentuk bola, lalu kecilkan api
  3. Masukkan gula pasir, garam, merica, pala, daging ayam, dan keju parut. Aduk lagi sampai benar-benar rata. Biarkan dingin
    Ambil ½ sdm adonan, lalu bentuk bulat. Lumuri masing-masing bulatan dengan tepung terigu
  4. Celupkan ke dalam kocokan telur, gulingkan di atas tepung roti hingga rata. Diamkan dan simpan dalam lemari es selama 30 menit
  5. Panaskan minyak dan goreng dalam minyak yang banyak dan api besar agar bola-bola ayam tidak pecah
  6. Sajikan dengan di wadah cup kertas dan tusuk dengan tusukan plastik

* Untuk 4 porsi

Bahannya cukup mudah ditemukan di supermarket, nih. Yuk, mulai jadwalkan untuk membuat resep ini di rumah. Jika GroMoms membutuhkan ide resep camilan lainnya, bisa lihat di sini: Kreasi Resep Morigro

Sumber:

Informasi Nutrisi
Energi 204 Kalori
Protein 3,1 gram
Serat 0,2 gram
Lemak 19,0 gram
Karbohidrat 6,2 gram
Morigro mendukung program ASI Eksklusif